Fungsi Blog Dalam Website Perusahaan
Fungsi Blog di Dalam Website Perusahaan
Juni 12, 2020
Manfaat Artikel Bisnis Dalam Website
Pentingnya Memiliki Artikel Bisnis Dalam Website
Juni 12, 2020
Show all

Prinsip Etika Bisnis di Dalam Perusahaan

Prinsip Etika Bisnis

Prinsip Etika Bisnis

Dalam berbisnis, sudah pasti ada aturan tidak tertulis yang dijalankan. Aturan yang bisa disebut sebagai etika bisnis memang tidak tertulis, namun tetap harus dijalankan agar bisa tetap menghasilkan aktivitas bisnis yang baik dan benar. Apalagi ketika berbicara mengenai bisnis besar. Maka dari itu, terciptalah prinsip etika bisnis di dalam perusahaan.

6 Prinsip Etika Bisnis

Sebenarnya prinsip etika bisnis memang ada di dalam teori ekonomi. Inilah mengapa diperlukan informasi dan pengetahuan yang lebih dalam terkait hal ini karena bisa Anda gunakan juga di dalam bisnis yang sedang dilakukan. Jadi, apa saja prinsip etika bisnis di dalam perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Prinsip Otonomi

Prinsip otonomi adalah prinsip yang memiliki kaitan dengan sikap serta kemampuan individu di dalam mengambil keputusan yang tepat. Tidak dapat dipungkiri, di dalam perusahaan itu, selalu harus ada decision maker. Memang biasanya untuk pengambil keputusan ini adalah CEO atau pemimpin dari perusahaan tersebut. Namun dalam mengambil keputusan, tentu harus didasari berbagai macam perhitungan serta bisa mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil.

Prinsip Kejujuran

Sesuai namanya, prinsip kejujuran adalah prinsip yang memfokuskan kejujuran sebagai hal yang harus di dalam sebuah bisnis. Apapun bisnis yang dijalankan, sebesar apapun bisnis yang dimiliki, serta berada di industri apapun, tetap nilai utama yang harus dijunjung tinggi adalah kejujuran. Itu juga yang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis.

Prinsip Keadilan

Prinsip keadilan adalah prinsip yang membuat semua pihak yang ada di dalam bisnis tersebut mendapatkan hak serta diperlukan secara sama. Tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku. Inilah yang membuat semua pihak yang ada di dalam bisnis harus bisa memberikan kontribusi sebaik mungkin sesuai dengan posisi mereka.

Prinsip Saling Menguntungkan

Selanjutnya ada prinsip saling menguntungkan. Sesuai namanya, prinsip ini memfokuskan kepada diuntungkannya semua orang yang berada di dalam aktivitas bisnis yang dijalankan. Jadi, semua hak keuntungan yang dimiliki oleh setiap orang harus bisa dipenuhi. Inilah yang menjadikan semuanya bisa senang berada di dalam bisnis tersebut.

Prinsip Loyalitas

Prinsip loyalitas adalah prinsip yang berhubungan dengan proses di dalam menjalankan bisnis oleh para karyawan. Apapun posisinya, sebenarnya semua orang yang ada di bisnis tersebut harus bisa menunjukkan loyalitasnya. Mau dari sisi para karyawan, manajemen atas, hingga pemimpin bisnis itu sendiri. Dengan adanya loyalitas, maka semua orang bisa menjalankan tugasnya masing-masing dengan serius dan sesuai visi misi perusahaan.

Prinsip Integritas Moral

Terakhir, ada prinsip integritas moral. Prinsip ini fokus untuk membuat para pebisnis bisa menjaga moral atau nama baik perusahaan. Jadi perusahaan tersebut bisa tetap dipercaya konsumen. Hal ini memang harus dijaga dengan baik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal di dalam bisnis, khususnya penilaian dari para konsumen.

Itulah prinsip etika bisnis di dalam perusahaan yang seharusnya dimiliki. Keenam poin di atas memang sebaiknya bisa ada di setiap perusahaan dan setiap karyawan yang bekerja di sana. Dengan begitu, maka performa bisnis perusahaan bisa lebih baik lagi dan juga optimal.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Harus Beretika dan Bermartabat?

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *