Kebiasaan dan Taktik SEO Buruk
Kebiasaan dan Taktik SEO Buruk yang Harus Ditinggalkan
Februari 4, 2020
E A T YMYL
Tips On-Page SEO: E-A-T & YMYL yang Tingkatkan SEO Anda
Februari 4, 2020
Show all

Berikut Rahasia Untuk Menjadi Penulis SEO Profesional

Penulis SEO Profesional

Penulis SEO Profesional

Ada sedikit perbedaan dalam menulis untuk artikel SEO dengan yang lain-lain. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum Anda masuk dalam tahap penulisan. Setiap tulisan yang Anda buat haruslah bisa membawa traffic menuju website Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi penulis SEO profesional.

1. Keyword Research adalah Sebuah Kewajiban

Keyword akan menjadi sebuah sinyal agar robot dari mesin pencari akan me-notice konten Anda. Tentu ini adalah hal yang Anda inginkan sebagai penulis SEO.

Cari tahu keyword apa yang akan Anda gunakan dalam menulis konten, jika memungkinkan buatlah keyword spreadsheet untuk memudahkan pekerjaan Anda. Ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan seperti Semrush, keywordtools.io, dan lain-lain.

2. Manfaatkan Keyword Hasil Riset Anda

Jangan hanya sekedar meletakan keyword di dalam konten, terlebih lagi memaksakan sebuah keyword ke dalam konten. Yang akan membuat konten Anda terlihat aneh bagi manusia dan mesin.

Anda bisa menggunakan keyword di dalam title tag, bahkan H1 atau H2. Walaupun hal tersebut bukanlah sebuah kewajiban. Anda juga bisa meletakan keyword Anda di paragraf pertama, atau beberapa tempat di dalam konten Anda. Namun pastikan Anda tidak melakukan keyword stuffing.

3. Tulislah Sesuatu yang Relevan

Tulisan yang relevan akan dicari oleh orang-orang. Berikan value bagi para pembaca melalui tulisan Anda. Anda tidak hanya menulis untuk mesin pencari, namun untuk manusia juga.

Kemungkinan untuk mendapatkan komentar ataupun konten Anda di share akan semakin tinggi. Yang juga akan meningkatkan referral link menuju website Anda.

4. Pahami Basic dari Technical SEO

Terkadang keyword saja tidak cukup, ada kalanya technical SEO itu penting. Namun bukan berarti Anda harus paham berbagai seluk beluk dari hal ini, dengan mengetahui beberapa hal mengenai technical SEO akan sangat membantu Anda kedepannya.

Salah satu hal yang bisa Anda pahami adalah bagaimana search engine meng-crawl website dan halaman Anda, sehingga ketika menulis sebuah konten untuk halaman, Anda dapat mengoptimasi tulisan Anda.

Baca Juga: 6 Tips untuk Meningkatkan Peluang SEO WordPress Anda

5. Buatlah Konten Yang Cukup “Panjang”

Search engine memiliki preferensi terhadap konten yang “panjang”, tentunya dengan alasan yang baik. Cobalah untuk membuat konten dengan minimal 500 kata, atau akan lebih baik lagi dengan 1000 kata.

Konten yang panjang sering sekali diasosiasikan dengan konten yang in-depth, search engine akan menyukai konten seperti ini, namun bukan berarti Anda sekedar membuat konten yang panjang dengan kualitas yang rendah. Cobalah buat konten yang panjang sekaligus berkualitas.

6. Analytics itu Penting

Monitor setiap konten yang Anda buat, beberapa poin penting yang bisa Anda perhatikan adalah time on site, bounce rate, pages per session.

Bila konten Anda memiliki bounce rate yang tinggi, tentu ada sesuatu yang membuat para pembaca meninggalkan konten Anda. Dengan begitu Anda dapat memperbaikinya dengan cepat, ataupun meningkatkan kualitas dari konten Anda untuk kedepannya.

7. Edit Pekerjaan Anda

Format tulisan yang aesthetic dan enak untuk dibaca adalah hal yang penting. Paragraf yang tidak terlalu panjang, dan kalimat yang berbelit atau pun tidak berulang-ulang adalah hal yang bisa dijadikan perhatian utama.

Ada beberapa program yang bisa Anda gunakan untuk mengecek hasil pekerjaan Anda, seperti Openoffice, Google Docs, atau plugin seperti Yoast dapat menganalisa dan menunjukan hal-hal yang bisa Anda perbaiki.

Meminta pendapat orang lain juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengedit tulisan Anda.

8. Jadilah Online PR Agency Diri Anda Sendiri

Pastikan Anda membagikan konten Anda setelah mempublishnya. Pergilah ke media sosial dan promosikan konten Anda. Media sosial  akan menjadi teman terbaik Anda untuk mempromosikan konten hasil tulisan Anda.

9. Semuanya Butuh Waktu

Menjadi penulis SEO profesional pasti membutuhkan waktu. Anda tidak dapat menjadi profesional begitu saja, banyak proses yang harus dilewati agar dapat menjadi seseorang yang profesional. Repeat and grind, adalah hal yang lumrah dalam proses menjadi seorang penulis SEO profesional.

And akan selalu ingin mengecek analytic dari tulisan ANda dan mengeditnya, dan itulah proses yang harus Anda lewati bila ingin menjadi penulis SEO profesional.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Atau ada masukan untuk artikel ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *