Zero Waste Marketing Adalah
Mengenal Zero Waste Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis
Juni 30, 2020
Schema Adalah
Mengenal Schema Dalam Website dan Search Engine
Juli 2, 2020
Show all

Reseller atau Dropshipper? Mana yang Lebih Untung Besar?

Reseller atau Dropshipper

Reseller atau Dropshipper

Dalam bisnis online, sebenarnya tidak hanya ada pembeli dan penjual saja. Ada beragam bentuk eksistensi lainnya yang menyimpan keuntungan besar. Salah satunya adalah reseller dan dropshipper. Apa perbedaan di antara keduanya? Sebenarnya mana yang bisa mendatangkan untung lebih besar? Apakah reseller atau dropshipper?

Jika Anda sering membaca atau melihat informasi terkait bisnis online, peran reseller dan dropshipper ini memang tidak terlalu dibicarakan. Kebanyakan hanya fokus dengan bisnis online yang standar saja. Anda menjual barang via e-Commerce, lalu ada pembeli yang tahu barang yang dijual dari sana. Padahal peran reseller dan dropshipper dalam bisnis online saat ini cukup besar dan bisa mendatangkan keuntungan yang oke juga.

Untuk bisa mengetahui perbedaan di antara keduanya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini,

Reseller

Sesuai namanya, reseller adalah orang yang membeli barang lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Biasanya barang-barang yang dibeli terhitung banyak dicari oleh sebagian besar orang. Selain itu juga termasuk langka. Jadi reseller memang memanfaatkan tren yang ada untuk dijadikan bisnis.

Ketika barang yang dijual reseller itu termasuk laku dan banyak dicari, maka keuntungan besar memang bisa didapatkan. Namun ketika stok barangnya masih ada, tapi dari sisi permintaan pasar malah sedikit, akhirnya mau tidak mau reseller harus banting harga. Bahkan bisa merugi juga. 

Memang pada akhirnya, ada plus minus dari reseller. Namun ketika tren itu berganti, maka reseller harus mengikuti tren juga secepat mungkin agar bisa tetap meraup keuntungan dari sana.

Dropshipper 

Selanjutnya ada dropshipper yang terhitung menyajikan bisnis menarik. Cara kerja dari dropshipper adalah Anda menjual barang, akan tetapi barangnya sebenarnya tidak ada di tangan Anda. Melainkan di tangan distributor. Jadi untuk bisa menjadi dropshipper, Anda harus sudah bekerja sama dengan pihak distributor tersebut.

Mengapa harus bekerja sama? Walaupun nantinya Anda yang meminta distributor untuk mengirimkan barang ke pembeli, nama dari toko di dalam paket itu adalah nama toko Anda sendiri. Bukan nama dari distributor. Jadi dari kerja sama yang ada, tersimpan nilai win win solution yang menguntungkan. 

Mana yang Menguntungkan?

Di antara keduanya, sebenarnya dropshipper menjadi profesi yang lebih menguntungkan dibandingkan reseller? Mengapa demikian? Karena untuk menjadi dropshipper, Anda tidak memerlukan modal apapun. 

Ya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk bisa meraup keuntungan sebagai dropshipper. Hanya dengan menjalin kerja sama dan terus mempromosikan produk Anda di e-Commerce, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sana.

Berbeda dengan reseller. Untuk bisa mendapatkan barangnya, reseller harus membeli terlebih dahulu lalu menjualnya hanya dengan harga lebih tinggi. Ada modal utama di sini yaitu membeli barang yang nantinya akan dijual kembali. Masalahnya adalah harga barang tersebut mayoritas terhitung mahal. Inilah yang akhirnya membuat reseller lebih riskan dibandingkan dropshipper yang tanpa perlu mengeluarkan modal.

Baca Juga: Inilah Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Itulah penjelasan tentang reseller atau dropshipper. Anda sekarang sudah tahu mana yang jauh lebih menguntungkan dan memiliki potensi besar dalam bisnis online hari ini. Semoga informasi yang diberikan di dalam artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *