web server
Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Web Server
Januari 23, 2020
5 Cara Internet Marketing
Raih Kesuksesan Bisnis Dengan 5 Cara Internet Marketing Ini
Januari 23, 2020
Show all

Risiko SEO yang Bisa Anda Manfaatkan atau Hindari

Risiko SEO yang Bisa Dimanfaatkan

Risiko SEO yang Bisa Dimanfaatkan

Banyaknya informasi yang salah mengenai SEO, membuat banyak pemilik bisnis kesulitan untuk mengerti dan menilai SEO. Waktu yang berbulan-bulan dibutuhkan oleh sebuah strategi SEO untuk mendapatkan hasil yang positif. Selain itu kebanyakan taktik yang digunakan dirasa aneh oleh orang-orang yang tidak paham oleh SEO.

Banyak perusahaan yang sangat khawatir untuk mencoba sesuatu yang mereka tidak familiar. Namun tentu saja setiap keputusan dalam bisnis akan membawa risiko yang akan memberikan Anda keuntungan atau malah sebaliknya, memberikan Anda kerugian.

Lalu strategi SEO mana yang worth it untuk dilakukan dan mana yang harus Anda hindari?

Risiko SEO yang Bisa Diambil

1. Membuat dan Mencoba Perubahan yang Besar atau Kecil

Secara garis besar, tujuan dari SEO adalah untuk mendapatkan traffic dan mendapatkan action dari website Anda, entah itu berupa penjualan atau sebuah lead.

Lalu bagaimana jika Anda sudah melakukan berbagai macam cara untuk membuat website Anda mendapat ranking untuk sebuah keyword, namun traffic yang Anda dapatkan tidak seberapa?

Pasti ada beberapa alasan mengenai hal ini, dan membutuhkan waktu yang banyak untuk mengetahui mana yang salah dan harus diperbaiki. Dan salah satu cara untuk melakukan tes adalah dengan A/B testing.

Mulai dari satu elemen ke elemen yang lainnya, seperti title tags, meta description, konten, dan lain-lain.

Lalu apa yang menjadi risiko dalam hal ini?

Anda kemungkinan akan melakukan langkah trial & error untuk mendapatkan sebuah solusi, dalam hal ini tentu Anda akan menemukan kombinasi yang berhasil dan juga tidak, yang bisa saja malah menurunkan traffic Anda.

risiko yang Anda dapatkan cukup worth it, ketika Anda menemukan hasil yang Anda inginkan, Anda akan dapat memfokuskan waktu dan resource yang Anda miliki untuk elemen tersebut untuk memberikan traffic dan ROI yang lebih baik.

Selama Anda mencoba untuk membuat perubahan, selalu dokumentasikan setiap hal yang dilakukan, seperti apa saja yang diubah lalu tulis tanggal ketika halaman Anda di crawl kembali oleh search engine.

Langkah ini membantu Anda untuk membangun korelasi antara pergerakan rangking dengan perubahan yang sudah dilakukan.

2. Mendapatkan dan Memberikan Backlink yang Berkualitas

Backlink adalah bagian yang penting dari SEO, tentu Anda ingin mendapatkan backlink yang banyak. Ini akan membantu Anda untuk mebangun rangking dan authorithy

Tentu akan ada risiko, seperti kehilangan pengunjung karena Anda mereferensikan web yang lain untuk pembaca Anda yang tentunya berkualitas, tetapi ini akan menunjukan ke Google bahwa website Anda menggunakan dan mereferensikan situs dengan authority yang sudah terbangun dan stabil.

Namun terkadang Anda juga harus menjadi pemberi link yang memiliki authority yang baik.

Anda harus tetap ingat bahwa halaman web yang secara sadar memasukan link dengan kualitas yang rendah, berbahaya, dan penuh dengan spam maka website tersebut akan riskan terkena penalti oleh Google. 

3. Optimasi Struktur URL Anda

Dengan mengoptimasi URL Anda dan membuatnya makin simpel dan keyword friendly akan memberikan Anda keuntungan seperti mendapat ranking yang lebih tinggi dihasil pencarian. Ini juga akan memudahkan pengguna Anda untuk mengetahui isi dari website Anda.

Jika Anda ingin mengoptimasi URL Anda, lakukan dengan skala yang kecil, seperti 20 halaman saja. Lalu mulai sedikit demi sedikit untuk mengoptimasi URL Anda.

Jangan lupa untuk melakukan 301 redirect pada URL Anda yang lama, jika tidak Anda akan kehilangan link value dari halaman yang Anda miliki.

Risiko SEO yang Anda dapatkan jika Anda mengganti URL Anda sekaligus secara langsung akan membuat organic ranking Anda turun. Oleh karena itu lakukan dengan perlahan dan jangan pernah lupa untuk mengukur setiap perubahan yang terjadi.

Risiko SEO yang Harus Anda Hindari

1. Menganulir Backlink yang “Netral”

Backlink netral yang dimaksud disini adalah sebuah backlink yang tidak membantu website Anda untuk mendapat rangking, namun juga tidak melukai ranking Anda. Efek dari backlink ini netral.

Namun banyak profesional yang tidak paham dan menganulir backlink ini.

Jika backlink ini tidak akan memberikan dampak yang buruk, kenapa mengambil risiko untuk menganulirnya? Risiko seperti ini tidak layak untuk diambil.

Dalam update Penguin 4.0 menghilangkan penalti untuk seluruh web untuk backlink yang buruk. Google mengerti Anda tidak selalu dapat mengontrol website yang menggunakan link menuju website Anda. Oleh karena itu Google lebih memilih untuk mengabaikannya dibanding memberikan hukuman.

2. Menghapus atau Mengkonsolidasi Sebuah Halaman

Dengan menghapus sebuah halaman Anda akan mengambil risiko untuk website Anda, yaitu tidak mendapat ranking untuk keyword tersebut. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah jika halaman yang Anda hapus tersebut adalah produk yang tidak ingin Anda jual, namun jika Anda ingin tetap mendapatkan keyword ranking tersebut, jangan hapus halaman tersebut.

Akan lebih baik jika Anda memberikan pernyataan bahwa Anda tidak lagi menjual produk tersebut dan memberikan mereka produk-produk yang relevan dengan apa yang mereka cari, dibanding menghapusnya.

3. Membuat Sebuah Perubahan Secara Keseluruhan

Selalu lakukan perubahan dengan skala yang kecil, dan mengukurnya, lalu perlahan-lahan lakukan perubahan yang semakin besar.

Namun hal ini akan sulit dihindari jika Anda memiliki resource yang terbatas.

Kesimpulan

Semoga hal ini dapat membantu Anda dalam memahami dan melakukan SEO, tidak melakukan apapun untuk SEO Anda juga merupakan risiko. Google akan selalu memperbarui teknologi mereka oleh karena itu Anda akan selalu butuh untuk mengoptimasi website Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada risiko lain yang layak diambil atau justru sebaliknya, harus dihindari. Silahkan bagikan pendapat Anda di kolom komentar dan jangan lupa di-share ya.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *