DesignAwards.Asia Design Of The Day
4 Aspek Psikologi dalam Web Design
Januari 25, 2016
Social Media: Kebutuhan atau Trend?
Januari 27, 2016
Show all

Seberapa Penting Menentukan Logo Perusahaan?

Office Worker Showing Design to a Colleague

Membuat dan memilih sebuah logo merupakan proses yang sulit, kamu harus mendorong keputusan dari seseorang atau mencari nasihat dari semua orang yang kamu anggap mempunyai pendapat. Yang paling penting, pilihlah logo yang betul-betul mencirikan kamu dan perusahaan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu pikirkan ketika membuat sebuah kreasi dan atau sedang dalam proses memilih:

  1. Pilih seorang designer yang kamu percayai

Jika kamu adalah designer untuk diri kamu sendiri, paling tidak carilah orang lain yang dapat membantu mengembangkan ide yang telah kamu punya. Mereka telah diajarkan untuk menerjemahkan kata-kata dan konsep yang abstrak menjadi sebuah seni, dan mereka juga telah banyak mempunyai pengalaman bekerja dengan berbagai tools yang membuat mereka menjadi kreatif.

     2.   Kenali Brand kamu

Hal yang paling penting dalam sebuah proses adalah bagaimana kita memulainya, yaitu ketika kamu mencari tau apa sebenarnya identitas perusahaanmu. Keputusan yang dibuat dan kesimpulan yang didapat adalah sebuah perjalanan perusahaan. Mempunyai tujuan yang jelas merupakan hal yang sangat penting – jika kamu saja tidak tau apa tujuan kamu dan mau dibawa kemana perusahaan kamu, lalu siapa lagi?

Semua hal tersebut perlu untuk diketahui dan nantinya akan diterjemahkan menjadi sebuah brand positioning yang akan menjadi sebuah creative brief dan pada akhirnya dapat dijadikan acuan untuk pembuatan logo perusahaan.

     3.   Ingatlah kenapa kamu mempekerjakan designer!

Setelah mencari tau semua hal yang diperlukan dalam membuat sebuah design logo, biarlah si designer yang bekerja. Tidak ada yang banyak dapat kamu lakukan, selain menunggu.

Kuncinya? Briefing. Diluar kamu telah memberi tau siapa kamu, apa yang perusahaanmu lakukan, dan apa yang kamu beritahukan pada customer, kamu tidak seharusnya memberikan banyak pengarahan kepada si designer. Biarlah ia bekerja dengan brief yang telah kamu berikan. Percayakan designer yang telah kamu hire untuk mengubah visi misi kamu menjadi sebuah konsep logo dengan berbagai konsep.

     4.   Tanyalah saran!

Cobalah sekali tanya beberapa pendapat dari orang di sekitar kamu, dari mulai keluarga, teman dan bawahan. Pastikan untuk mencari saran dari orang-orang yang tahu betul perusahaan kamu dan dari orang lain yang tidak tau sama sekali. Hal ini dilakukan agar kamu dapat membuat sebuah logo yang memang betul-betul mencirikan perusahaan serta langsung tepat sasaran.

Hal terpenting lainnya adalah jika kamu tetap berpegang teguh pada tujuan dan identitas yang jelas tentang kenapa kamu memilih logo perusahaan tersebut, maka kamu dapat dengan mudah membuat keputusan ke depannya. Mengapa? Karena jika identitas perusahaanmu sudah jelas, maka ke depannya ketika kamu membuat keputusan, kamu tidak akan “keluar” dari identitas yang sudah kamu ciptakan.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *