Membuat Instagram Bagi Pemula
Membuat Instagram Bagi Pemula yang Mudah Dilakukan
Januari 22, 2020
cara mendapatkan followers banyak di instagram
Mendapatkan Followers Banyak Di Instagram Dengan Cara Ini
Januari 22, 2020
Show all

Seluk Beluk Brand Awareness yang Wajib Anda Ketahui

Seluk Beluk Brand Awareness

Seluk Beluk Brand Awareness

Di dalam menjalankan bisnis, ada berbagai istilah yang perlu Anda ketahui. Istilah-istilah yang ada bukan hanya menjadi teori semata. Ada aksi yang perlu dilakukan agar istilah tersebut bisa terwujud menjadi keuntungan untuk bisnis Anda. Salah satunya adalah Brand Awareness.

Apa yang dimaksud dengan brand awareness? Brand awareness adalah sebuah konsep di mana konsumen bisa mengenal dan mengetahui brand dari bisnis Anda. Tidak hanya sekadar mengetahui nama saja tetapi juga gambar, logo, warna, hingga slogan yang biasa digunakan untuk promosi. Dengan cara ini yang dilakukan dengan baik maka membuat masyarakat luas sudah tahu bisnis Anda.

Bahkan di luar sana, ada beberapa brand ternama yang sudah identik dengan sebuah barang berkat awareness yang apik. Sebut saja Aqua dan Indomie. Dari sana, sudah terlihat bagaimana pentingnya awareness di dalam dunia bisnis.

Dengan cara yang baik, masyarakat tidak hanya membeli produk Anda sekali saja, tetapi hingga berkali-kali, bahkan menjadi kewajiban untuk membelinya. Pelanggan setia produk tersebut juga menjadi alat promosi gratis pula. Mereka pastinya akan merekomendasikannya kepada orang-orang di sekitarnya.

Gilanya lagi, cara ini tidak dilakukan hanya sekali atau dua kali saja, tetapi terus menerus setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan persaingan di masing-masing jenis bisnis yang tidak ada hentinya. Dari sana, munculah berbagai strategi-strategi baru dari brand awareness. Beberapa strategi brand awareness yang digunakan seperti:

  •       Promosi menggunakan influencer. Tersebarnya influencer di media sosial membuat mereka bisa dijadikan alat promosi untuk menaikkan awareness.
  •       Menggunakan media sosial untuk promosi. Media sosial saat ini menyediakan ruang untuk beriklan seperti Facebook Ads dan Instagram. Tentu saja dikenakan biaya.
  •       Beriklan lewat Google AdWords. Beriklan lewat mesin pencari Google juga bisa dilakukan untuk menaikkan awareness.
  •       Optimasi website dengan SEO. Untuk menaikkan traffic website dan posisi di mesin pencari Google, gunakan SEO agar semakin banyak yang mengunjungi website Anda.

Tidak hanya strategi brand awareness saja yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, brand awareness dapat dikategorikan dalam tiga tingkatan yaitu:

  •     Brand recognition

Brand recognition adalah salah satu kondisi di mana banyak orang yang sudah mengetahui sebuah brand hanya dengan melihat logo, slogan, ataupun warna. Ini adalah kondisi yang sangat bagus karena dengan masuk ke dalam tingkatan brand recognition, itu berarti sudah ada sebagian masyarakat yang mengetahui tentang bisnis Anda.

  •     Brand recall

Brand recall adalah kondisi lain ketika orang mampu mengingat nama sebuah brand ketika mereka ingin membeli suatu barang. Dan hal ini bisa dibilang cukup spesifik.

Contohnya mie instan. Ketika Anda berada di depan rak mie instan di dalam sebuah supermarket, Anda pastinya langsung mencari brand yang paling Anda kenal, atau yang paling terkenal untuk produk mie instan, bukan? Itulah yang dimaksud dengan brand recall. Di dalam satu tipe barang, pastinya ada brand unggulan di dalamnya. Jika sudah mencapai tingkatan ini, maka bisa dibilang, awareness yang brand Anda miliki sangatlah baik.

  •     Top-of-mind awareness

Top-of-mind awareness adalah tingkat tertinggi dari strategi ini. Hal ini dikarenakan, brand tersebut menjadi nomor satu untuk sebuah produk. Contohnya sudah disebutkan di atas sebelumnya, seperti Indomie untuk mie instan, dan Aqua untuk air mineral.

Bagaimana? Apakah sudah mengerti seluk beluk brand awareness? Jika Anda membutuhkan bantuan dalam menaikkan awareness Anda ke masyarakat, kami bisa membantu dengan jasa SEO, jasa Facebook Ads, dan jasa Google AdWords. Dengan mengkombinasikan tiga layanan tersebut, brand awareness yang Anda inginkan bisa tercapai lebih cepat lagi.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *