Cara Iklan Di Google Untuk Meningkatkan Bisnis
Januari 23, 2015
Cara Beriklan Di Facebook
Januari 27, 2015
Show all

Untuk Design Website, Perlu Graphic Designer atau Web Designer?

Anda memerlukan website dengan tampilan yang bagus dan menarik untuk membuat bisnis anda berkembang di dunia digital. Saatnya anda memanggil seorang ahli untuk hal tersebut.

Pertanyaannya adalah, siapa yang harus anda panggil? Graphic Designer atau Web Designer? Atau kedua-nya sama saja?

Banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan skill untuk melakukan kedua hal tersebut dan mereka berakhir memiliki website yang buruk.

Keduanya mungkin memiliki latar belakang pendidikan yang sama yaitu Desain Komunikasi Visual atau biasa di sebut dengan DKV. Karena pendidikan ini menjelaskan dasar-dasar yang di perlukan untuk membuat tampilan website yang menarik. Namun dalam dunia website, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui:

Website Dinamis, Bukan Statis

Website saat ini memasuki era dinamis dan bukan statis seperti sedia kala. Bahkan untuk sebuah web perusahaan yang tidak akan banyak berubah, tetap perlu di update dengan informasi-informasi terbaru.

Penggunaan Content Management System (CMS) menjadi kebutuhan utama dalam pembuatan website untuk memastikan website memiliki konten yang baru. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa perusahaan tetap berkembang dalam industri mereka.

Penggunaan artikel atau blog dalam website akan membuat website menjadi lebih dinamis dan akhirnya akan menarik lebih banyak orang masuk kedalam website.

Website ada Back-end dan Front-end

Website saat ini sudah hampir tidak ada yang menggunakan halaman statis. Kebanyakan menggunakan sistem di belakangnya untuk mengatur setiap tampilan di depan. Kenapa?

Tentu saja agar website lebih mudah di update.

Website Designer mengetahui secara pasti apa yang bisa di lakukan dan apa yang tidak bisa di lakukan untuk mengatur tampilan, tetapi tidak memberatkan sistem di belakangnya. Sehingga website yang di buat bukan saja indah & menarik, tetapi juga dapat di update dengan mudah.

Biasanya Website Designer bekerjasama dengan Website Programmer untuk membuat website secara keseluruhan. Hal ini juga memungkinkan pembuatan website yang melebihi ekspektasi dari pembuatnya. Karena ide dari web designer akan di translate oleh programmer untuk menjadi sebuah halaman yang indah.

Web Page Technology

Teknologi pengerjaan website terus berkembang dari masa ke masa. Ada beberapa teknologi baru yang biasanya hanya di ketahui oleh para web designer dan bagaimana cara terbaik untuk meng-aplikasikannya terhadap website yang akan di buat.

Tampilan yang di buat oleh web designer akan memberikan hasil yang lebih realis dalam website dibandingkan graphic designer. Kenapa? Walaupun secara ide, graphic designer memiliki pemikiran yang lebih luas dan kreatif, namun mereka belum tentu bisa menerapkannya dalam website. Namun seorang web designer, dengan ide-ide kreatif yang bisa di dapatkan, memungkinkan programmer menerapkannya menggunakan teknologi web page yang baru.


Graphic Designer dan Web Designer memiliki keahlian dalam membuat tampilan bisnis anda menjadi luar biasa. Namun anda perlu menggunakan mereka dalam bidang yang tepat. Terutama bila anda ada di client side / perusahaan.

Banyak Graphic Designer yang saya temui tidak mengikuti perkembangan dari web design sehingga design yang mereka lakukan terkesan kaku dan tua. Sedangkan web design saat ini menjadi sangat kompleks terutama dengan berbagai hal yang perlu di perhatikan seperti User Interface (UI) dan juga User Experience (UX).

UX menjadi bagian penting dalam pembuatan website saat ini. Apabila anda baru ingin membuat website atau ingin upgrade website, pastikan untuk memilih designer yang mengerti akan hal ini.

Kenapa?

Karena penggunaan UX yang tepat akan memberikan hasil lebih baik dalam kinerja website. Yang di maksud dengan hasil disini adalah leads, contact, penjualan, dll.

Terutama dengan pace kita saat ini, bagaimana pengguna berinteraksi dengan web atau penawaran yang kita miliki hanya berdasarkan beberapa detik saja. Apabila website kita memiliki UI yang baik, namun UX yang buruk, maka besar kemungkinan pengguna tidak melakukan apa yang sebenarnya ingin kita dapatkan.

Anda perlu mengetahui apa yang ingin anda capai terlebih dahulu dalam design bisnis anda. Apabila anda memerlukan jasa pembuatan website atau informasi lebih lanjut mengenai hal ini, anda bisa menghubungi kami

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *