Apa Itu Kredit Google Ads dan Cara Penggunaannya Agar Berjalan Efektif

apa itu kredit google ads

Di tengah persaingan bisnis yang dinamis, Google Ads hadir sebagai salah satu platform terkemuka yang memungkinkan para pengiklan untuk mempromosikan produk. Namun, biaya iklan terkadang bisa menjadi halangan bagi banyak pengiklan, terutama bisnis kecil dengan anggaran terbatas. Oleh karena itu, ini alasan Google Ads menawarkan opsi kredit.

Pilihan kredit yang ditawarkan Google Ads dapat membantu pengiklan dalam mengoptimalkan kampanye tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Lalu, apa itu kredit Google Ads? Cari tahu lebih dalam melalui artikel ini. 

Apa Itu Kredit Google Ads?

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai kredit Google Ads beserta cara penggunaannya yang efektif, sebaiknya Anda memahami konsep kredit Google Ads terlebih dahulu. Berikut ini adalah definisi dan cara mendapatkan Google Ads.

Definisi Kredit Google Ads

Kredit Google Ads atau yang dikenal sebagai Google Ads Credit merupakan sebuah bentuk insentif atau tunjangan yang diberikan oleh Google kepada pengiklan. Bentuk insentif ini berupa saldo kredit yang dapat digunakan untuk membayar iklan di platform Google Ads. 

Pemberian kredit ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis, terutama bagi pengiklan yang mungkin memiliki keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, kredit ini dapat membantu bisnis dalam mengurangi biaya iklan, serta memungkinkan untuk menguji strategi baru atau meningkatkan visibilitas online Anda.

Banner Ads - General 2

Cara Mendapatkan Kredit Google Ads

Mendapatkan kredit Google Ads dapat dilakukan melalui beberapa metode yang sederhana dan efektif. Berikut cara mendapatkan kredit Google Ads. 

1. Daftar akun Google Ads

Jika belum memiliki akun, buatlah akun Google Ads terlebih dahulu dengan mengikuti panduan yang disediakan oleh Google. Setelah mendaftar, Anda akan memiliki akses ke berbagai opsi dan fitur yang ditawarkan oleh platform ini.

2. Periksa Promosi dan Penawaran Khusus 

Google Ads secara berkala menawarkan promosi dan penawaran khusus kepada pengiklan. Untuk mendapatkan kredit tambahan, pastikan memeriksa akun Google Ads secara teratur. Google sering memberikan insentif kepada pengguna baru atau dalam rangkaian promosi khusus, seperti perayaan hari libur atau peristiwa besar lainnya. 

3. Daftar Sebagai Bisnis Baru 

Google Ads sering memberikan kredit khusus untuk bisnis baru yang mendaftar di platform mereka. Hal ini menjadi strategi dalam rangka mendorong pemilik bisnis baru untuk mencoba layanan iklan online. Kredit ini dapat membantu mengurangi biaya awal yang mungkin dikeluarkan oleh bisnis baru dalam memasarkan produknya.

4. Ikut Program Insentif Pembelian Google Ads

Program insentif pembelian seringkali menjadi cara efektif untuk mendapatkan kredit Google Ads. Google biasanya menawarkan insentif atau diskon bagi pengiklan yang membeli iklan dalam jumlah tertentu atau menggunakan fitur-fitur khusus di platformnya. 

5. Aktif di Program Google Partners

Google Partners adalah program yang dirancang untuk agensi iklan dan pihak ketiga yang mengelola akun Google Ads atas nama brand atau bisnis lain. Jika bekerja dengan agen pemasaran atau berpartisipasi dalam program ini, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit tambahan. 

6. Manfaatkan Google Ads Credits untuk Organisasi Nirlaba

Jika Anda menjalankan organisasi nirlaba atau memiliki inisiatif yang mendukung tujuan amal, Google Ads menyediakan program khusus yang memberikan kredit iklan gratis. Program ini dirancang untuk membantu organisasi nonprofit untuk meningkatkan visibilitas online mereka dan mendapatkan dukungan dari masyarakat. 

7. Ikut Program Beta atau Uji Coba Produk Baru 

Google Ads sering menguji produk baru atau fitur dalam mode beta dan kerap mencari pengguna yang bersedia mencobanya. Bergabung dengan program ini dapat memberi kesempatan untuk mendapatkan kredit tambahan sebagai apresiasi atas partisipasi Anda dalam pengembangan produk baru tersebut.

Jenis-jenis Kredit Google Ads

Jenis-jenis Kredit Google Ads

Berikut jenis-jenis kredit Google Ads yang perlu Anda pahami.

1. Kredit Iklan Gratis

Salah satu jenis Google Ads credit yang populer adalah kredit iklan gratis. Hal ini biasanya diberikan sebagai insentif kepada pengguna baru atau sebagai bagian dari promosi dan penawaran khusus. Kredit ini memungkinkan pengiklan untuk memulai kampanye tanpa biaya awal yang signifikan sehingga dapat membantu dalam pengukuran efektivitas platform sebelum menginvestasikan lebih banyak.

2. Kredit Iklan Untuk Bisnis Baru

Bisnis yang baru memulai perjalanan mereka di Google Ads dapat memanfaatkan kredit khusus yang ditawarkan untuk pemula. Jenis kredit ini memberikan dorongan tambahan kepada bisnis baru untuk memasuki ranah iklan online tanpa memberikan beban finansial yang berlebihan pada tahap awal. Ini dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan visibilitas bisnis baru.

3. Kredit Iklan untuk yang Sudah Menggunakan Google Ads 

Selain pengguna baru, Google juga memberikan apresiasi kepada pengiklan yang sudah menjadi bagian dari platform mereka. Pengiklan yang telah menggunakan Google Ads sebelumnya juga dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit tambahan sebagai bentuk insentif.

Banner Ads - Ebook 2

Keuntungan Menggunakan Kredit Google Ads

Menggunakan kredit Google Ads dapat menjadi strategi yang menguntungkan untuk bisnis Anda. Berikut adalah sejumlah keuntungan menggunakan kredit Google Ads.

1. Mengoptimalkan Anggaran Iklan

Salah satu keuntungan utama menggunakan kredit Google Ads adalah kemampuannya untuk membantu pengiklan mengoptimalkan anggaran iklan. Melalui kredit ini, Anda dapat meningkatkan jangkauan kampanye tanpa langsung mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam alokasi anggaran dan menguji efektivitas iklan tanpa investasi awal yang besar.

2. Mendapat Insentif Promosi

Sebagian besar kredit Google Ads disertai dengan insentif promosi, seperti diskon atau penawaran khusus. Hal ini bukan hanya sekadar memberikan nilai ekstra pada setiap biaya yang diinvestasikan dalam iklan, tetapi juga dapat menjadi dorongan ekstra bagi pengiklan untuk mengambil kesempatan penuh dari kredit yang diterima. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Redirect Iklan dan Melindungi Perangkat dari Malware dan Virus

3. Meningkatkan Jangkauan Iklan

Kredit Google Ads memungkinkan pengiklan untuk meningkatkan jangkauan kampanye iklan. Dengan memiliki tambahan kredit, pengiklan dapat menjangkau audiens yang lebih luas atau memperpanjang durasi kampanye. Hal ini juga dapat berkontribusi pada peningkatan brand awareness dan potensi konversi.

Cara Memilih Kredit Google Ads 

Cara Memilih Kredit Google Ads 

Memilih kredit Google Ads yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan iklan Anda memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai opsi yang tersedia. Berikut langkah dalam memilih Google Ads secara tepat.

1. Tetapkan Tujuan Iklan 

Sebelum memilih kredit Google Ads, pertimbangkan tujuan kampanye iklan. Anda dapat menentukan tujuan iklan, seperti untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, atau meningkatkan traffic situs web. Setiap tujuan memerlukan strategi yang berbeda, serta memilih kredit yang sesuai dengan tujuan akan membantu untuk mencapai hasil maksimal.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Iklan di Google Ads?

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Sebelum menerima kredit Google Ads, pahami dan teliti syarat dan ketentuan terkait. Anda perlu memahami batas waktu penggunaan, persyaratan, dan ketentuan yang disyaratkan Google. Langkah Ini dapat membantu untuk menghindari kendala yang tidak diinginkan selama pelaksanaan kampanye iklan.

3. Evaluasi Besar Kredit yang Diberikan

Mengevaluasi besaran kredit yang ditawarkan menjadi langkah yang tak kalah penting. Anda dapat membandingkan berbagai opsi kredit dan pilihlah yang paling sesuai dengan budget iklan. Pastikan bahwa jumlah kredit dapat mencakup kampanye iklan yang ingin Anda jalankan, sehingga Anda dapat menggunakan kredit secara efektif.

Baca Juga: Click Fraud Prevention Google Ads: Memaksimalkan ROI dan Menghindari Pemborosan Biaya Iklan

4. Tinjau Ketersediaan Insentif Tambahan

Beberapa kredit Google Ads mungkin memberikan insentif tambahan, seperti penawaran diskon atau promosi khusus. Tinjau tersedia insentif tambahan yang dapat meningkatkan nilai kredit. Anda dapat memanfaatkan penawaran yang memberikan nilai tambah dan mendukung tujuan iklan.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Analisis Hasil Kampanye Sebelumnya

Apabila telah menggunakan kredit Google Ads sebelumnya, sebaiknya Anda menganalisis hal ini terlebih dahulu. Beberapa hal yang dapat ditinjau, di antaranya adalah performa iklan, tingkat konversi, dan nilai investasi yang dihasilkan. Informasi ini dapat membantu dalam memilih kredit yang memberikan hasil terbaik berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Melalui pemanfaatan kredit Google Ads yang optimal, layanan ini mampu memberikan segudang manfaat untuk bisnis. Kredit dari Google Ads ini menjadi pilihan terbaik untuk bisnis kecil dengan anggaran terbatas. Namun, apakah Anda merasa bingung dalam membangun strategi dan cara memilih kredit Google Ads?

Apabila membutuhkan jasa Google Ads, Anda dapat berkonsultasi bersama ToffeeDev. ToffeeDev sebagai Digital Marketing Agency berpengalaman dapat membantu dalam merencanakan, mengeksekusi, dan mengevaluasi kampanye iklan bisnis Anda. 

Jadi, tunggu apa apa lagi? Hubungi Kami di sini segera! Rencanakan iklan bisnis Anda dan miliki kredit Google Ads yang sesuai dengan tujuan bisnis. Mulai jadwalkan konsultasi dengan ToffeeDev sekarang.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top