Apa yang Dimaksud dengan Iklan On-Stream?

apa yang dimaksud dengan iklan on-stream

Dalam era di mana teknologi informasi merajalela dan digitalisasi mengubah pola perilaku konsumen, iklan telah menjelma menjadi pilar utama dalam strategi pemasaran. Salah satu bentuk iklan yang mengambil peran sentral dalam ekosistem pemasaran digital adalah iklan on-stream. Fenomena ini tidak hanya mewakili evolusi iklan dari sekadar pesan berbasis teks atau gambar, melainkan juga mewujudkan kreativitas serta kemampuan beradaptasi industri periklanan dengan pola konsumsi konten yang makin beragam.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari segala aspek terkait iklan on-stream. Mulai dari apa yang dimaksud dengan iklan on-stream hingga manfaat yang dapat memberikan dorongan segar bagi kampanye pemasaran Anda. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Iklan On-Stream

Iklan on-stream merujuk pada strategi periklanan yang secara cerdik mengintegrasikan iklan ke dalam konten video yang sedang dinikmati oleh pengguna. Jenis iklan ini berbeda dari pendekatan konvensional di mana iklan mungkin muncul di samping atau di antara konten. Iklan on-stream mampu meresapi pengalaman menonton dengan lebih dalam, karena muncul di tengah konten video, memanfaatkan waktu yang tengah dibelanjakan pengguna untuk menyerap informasi atau hiburan.

Dengan cara ini, iklan dapat menjadi lebih sulit diabaikan dan memiliki potensi lebih besar untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pengiklan. Berbagai platform media sosial, terutama YouTube, biasanya selalu menggunakan metode on-stream untuk memasang iklan di video yang diunggah ke platformnya. Anda pasti sudah tidak asing kan dengan iklan yang sering muncul sebelum, disaat, atau setelah menonton video YouTube? Nah, itu adalah iklan on-stream.

Baca Juga: YouTube: Kini Hadirkan “Live Streaming” Video 360 Derajat

Karakteristik Iklan On-Stream
Source: Freepik

Karakteristik Iklan On-Stream

Iklan on-stream memiliki beberapa karakteristik penting yang membedakannya dari jenis iklan lainnya, antara lain:

1. Tampil di Tengah Konten Video

Salah satu karakteristik utama dari iklan on-stream adalah kemampuannya untuk tampil di tengah-tengah konten video yang sedang ditonton oleh audiens. Hal ini dapat memberikan keuntungan yang paling dibutuhkan dari sebuah iklan, yaitu untuk ditonton dan agar pesannya tersampaikan terhadap audiens. Dengan tampil di tengah konten video, iklan on-stream dapat membantu menyampaikan pesan secara ‘paksa’ terhadap audiens. Namun tenang saja, biasanya iklan on-stream akan memiliki opsi skip untuk melewati iklan setelah durasi tertentu.

2. Diputar secara Otomatis

Salah satu kunci keberhasilan iklan on-stream adalah pemutaran otomatis. Ketika audiens mencapai bagian tertentu dalam konten video, iklan on-stream akan secara otomatis dimulai. Meskipun ada opsi untuk melewati iklan, pemutaran iklan secara otomatis dapat memberikan peluang untuk menarik perhatian pengguna dengan pesan yang ingin disampaikan. Dengan strategi pemutaran otomatis ini, iklan memiliki potensi lebih besar untuk mengomunikasikan pesan tanpa mengandalkan interaksi langsung dari pengguna.

3. Dapat Dilewati oleh Pengguna

Fleksibilitas adalah salah satu kekuatan utama dari iklan on-stream. Pengguna diberi pilihan untuk melewati iklan setelah beberapa detik atau melanjutkan menontonnya. Hal ini menciptakan pengalaman yang lebih disesuaikan dengan preferensi pengguna, yang pada gilirannya dapat meningkatkan interaksi positif dengan iklan. Kemampuan untuk melewati iklan juga mendorong pengiklan untuk menciptakan iklan yang lebih menarik dan relevan agar lebih mungkin lanjut ditonton oleh pengguna.

Baca Juga: 10 Cara Promosi Jualan Online yang Efektif

banner

Jenis-Jenis Iklan On-Stream

Terdapat beberapa jenis iklan on-stream yang paling umum digunakan, antara lain:

1. Iklan Pre-Roll

Iklan pre-roll merupakan jenis iklan on-stream yang ditampilkan sebelum video utama dimulai. Durasi iklan pre-roll umumnya singkat, biasanya sekitar 5 hingga 15 detik. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian dari awal, karena biasanya audiens akan lebih terlibat ketika hendak menonton sesuatu yang memang ingin mereka tonton, yaitu video utamanya.

2. Iklan Mid-Roll

Berbeda dengan iklan pre-roll, iklan mid-roll muncul di tengah-tengah konten video. Pemilihan momen ini penting untuk meminimalkan gangguan pada pengalaman menonton. Iklan mid-roll sering memiliki durasi yang lebih panjang dibandingkan pre-roll, sehingga memungkinkan pengiklan untuk menyampaikan pesan dengan lebih detail.

3. Iklan Post-Roll

Iklan post-roll muncul setelah konten video utama selesai. Meskipun ada risiko bahwa sebagian besar pengguna mungkin sudah menutup video pada titik ini, tetapi iklan post-roll masih memiliki potensi menarik perhatian bagi mereka yang tetap menonton hingga akhir. Durasi iklan post-roll dapat lebih variatif, tergantung pada konteks dan pesan yang ingin disampaikan.

Baca Juga: Monetisasi YouTube: Menghasilkan Pendapatan dari Channel Anda

Keuntungan dan Manfaat Iklan On-Stream
Source: Freepik

Keuntungan dan Manfaat Iklan On-Stream

Penggunaan iklan on-stream memiliki sejumlah keuntungan yang dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda, antara lain:

1. Mencapai Audiens yang Tepat

Salah satu keunggulan utama iklan on-stream adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens yang tepat. Dengan munculnya iklan di tengah konten yang relevan, peluang untuk mencapai orang-orang yang memiliki minat atau kebutuhan yang sesuai dengan produk atau layanan yang diiklankan menjadi lebih tinggi.

2. Meningkatkan Tingkat Keterlibatan

Keterlibatan pengguna dapat lebih ditingkatkan melalui iklan on-stream. Dengan tampil di tengah-tengah konten video yang sedang ditonton, iklan memiliki peluang yang lebih baik untuk menarik perhatian dan meresap lebih dalam ke benak audiens. Hal ini membantu pesan atau informasi yang ingin disampaikan lebih mudah diterima dan diingat.

3. Mengoptimalkan Pendapatan dari Video

Bagi pembuat konten, iklan on-stream menjadi sumber potensial pendapatan. Dengan menampilkan iklan yang relevan dan menarik, konten video dapat menjadi lebih menguntungkan secara finansial. Dalam hal ini, iklan on-stream menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan nilai dari konten yang dihasilkan.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan iklan on-stream, Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat yang efektif dalam kampanye pemasaran. Dari pengertian hingga karakteristik, serta jenis-jenis dan manfaatnya, iklan on-stream membuka peluang baru untuk meningkatkan interaksi dengan audiens Anda di era digital yang terus berkembang.

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk membuat sebuah iklan, jangan ragu untuk menggunakan jasa iklan dari ToffeeDev. Sebagai Digital Marketing Agency yang berpengalaman menangani klien dari berbagai industri, ToffeeDev memiliki kemampuan untuk menciptakan iklan yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang kami tawarkan, langsung saja berkonsultasi di sini!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top