Business Analyst Adalah: Definisi, Tugas, dan Gajinya

business analyst adalah

Di dalam dunia bisnis, Business Analyst adalah peran yang sangat penting untuk membantu mengambil langkah bisnis yang lebih baik lagi. Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis proses bisnis, mengidentifikasi kebutuhan bisnis, dan mengembangkan solusi teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu Business Analyst dengan lebih dalam lagi, mulai dari definisi hingga tugas-tugas dan kualifikasi yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan gambaran mengenai gaji yang dapat diterima seorang Business Analyst. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Definisi Business Analyst

Business Analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menganalisis proses bisnis dan merancang solusi teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Mereka bekerja di berbagai industri, termasuk teknologi informasi, keuangan, dan kesehatan, serta memiliki peran penting dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis mereka.

Business Analyst harus memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk dapat memahami kebutuhan bisnis dan merancang solusi teknologi yang tepat. Mereka juga harus mampu berkomunikasi secara baik dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajemen, pengembang, dan pengguna akhir, untuk memastikan bahwa solusi yang mereka rancang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mudah digunakan oleh pengguna akhir.

Selain itu, Business Analyst juga harus dapat memahami tren teknologi yang paling baru dan bagaimana teknologi tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan proses bisnis. Dengan kemampuan ini, seorang Business Analyst dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi bisnis, mengurangi biaya yang harus dikeluarkan, hingga akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan secara keseluruhan.

Baca Juga : Supplier Adalah : Pengertian, Jenis, dan Tugasnya

Tugas Seorang Business Analyst

Seorang Business Analyst memiliki tugas yang sangat beragam dan penting dalam dunia bisnis. Berikut ini adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang Business Analyst.

1. Menganalisis Proses Bisnis

Seorang Business Analyst bertanggung jawab untuk memahami proses bisnis yang ada dan sedang berjalan di perusahaan, mulai dari pengumpulan data, analisis, hingga penyusunan laporan. Mereka harus dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan merancang solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis agar perusahaan dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif.

2. Mengidentifikasi Kebutuhan Bisnis

Seorang Business Analyst harus dapat memahami kebutuhan bisnis dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajemen, pengembang, dan pengguna akhir. Mereka harus mampu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan merancang solusi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis dengan efisien dan efektif.

3. Merancang Solusi Teknologi

Seorang Business Analyst harus dapat merancang solusi teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Mereka harus memahami teknologi yang paling baru dan bagaimana teknologi tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan proses bisnis. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa solusi yang dirancang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

4. Mengembangkan Rencana Pengujian

Setelah merancang solusi teknologi, seorang Business Analyst harus mengembangkan rencana pengujian yang tepat untuk memastikan bahwa solusi yang mereka rancang dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Mereka harus mampu mengidentifikasi kasus uji yang diperlukan dan menguji solusi secara menyeluruh hingga akhirnya solusi tersebut dapat diterapkan.

5. Melakukan Evaluasi dan Pemantauan

Seorang Business Analyst harus melakukan evaluasi dan pemantauan secara teratur untuk memastikan bahwa solusi yang dirancang dapat terus berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Mereka harus dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengembangkan solusi tambahan jika diperlukan. Selain itu, mereka juga harus dapat memberikan laporan berkala kepada manajemen mengenai kinerja solusi teknologi yang telah diterapkan.

Baca Juga : General Affair: Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Jenjang Kariernya

Jasa SEO

Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Business Analyst

Seorang Business Analyst membutuhkan keterampilan yang beragam untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik. Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang diperlukan oleh seorang Business Analyst.

1. Kemampuan Analisis

Seorang Business Analyst harus memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk dapat memahami kebutuhan bisnis dan merancang solusi teknologi yang tepat. Mereka harus mampu menganalisis data dengan baik dan memahami hubungan antara data dan proses bisnis. Selain itu, mereka juga harus mampu mengumpulkan data yang akan dianalisis dengan baik.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang Business Analyst harus dapat berkomunikasi secara baik dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajemen, pengembang, dan pengguna akhir. Mereka harus mampu menjelaskan konsep teknologi dan solusi yang akan diterapkan secara jelas dan mudah dipahami oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknis.

3. Kemampuan Pemecahan Masalah

Seorang Business Analyst harus dapat mengidentifikasi masalah dan merancang solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Mereka harus dapat memecahkan masalah dengan cepat dan efektif, serta mampu berpikir kreatif untuk mencari solusi yang inovatif. Tanpa adanya kemampuan pemecahan masalah yang baik, seorang Business Analyst akan kesulitan mengerjakan tugas-tugasnya.

4. Kemampuan Manajemen Proyek

Seorang Business Analyst akan sering terlibat dalam proyek teknologi yang kompleks. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan manajemen proyek yang baik. Mereka harus mampu mengelola anggaran, waktu, dan sumber daya dengan efektif dan efisien, serta mampu mengatasi risiko dan masalah yang muncul selama proyek sedang berjalan.

5. Pengetahuan Teknologi

Seorang Business Analyst harus memahami tren teknologi yang paling baru dan bagaimana teknologi tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan proses bisnis. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang berbagai teknologi, seperti basis data, perangkat lunak, dan jaringan, serta mampu mengidentifikasi teknologi yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Baca Juga : Telemarketing: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Manfaatnya

Gaji Seorang Business Analyst

Menurut laporan dari Glassdoor, estimasi total pendapatan (gaji, tunjangan, bonus, insentif, komisi dan lain sebagainya) seorang Business Analyst adalah sebesar Rp25.151.974 per bulan di wilayah Jakarta dengan gaji rata-rata sebesar Rp8.151.974 per bulan. Angka-angka ini mewakili median, yang merupakan titik tengah rentang dari model Total Pay Estimate milik Glassdoor.

Namun, perlu diingat bahwa gaji seorang Business Analyst yang disampaikan di atas hanya merupakan perkiraan dan bukan merupakan angka pasti. Selain itu, gaji seorang Business Analyst juga dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor lain seperti sertifikasi, pengalaman, keterampilan tambahan, dan bahkan perusahaan tempat mereka bekerja.

Dalam dunia bisnis, seorang Business Analyst memainkan peran yang sangat penting dalam mengembangkan solusi teknologi untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis proses bisnis, mengidentifikasi kebutuhan bisnis, dan merancang solusi teknologi yang tepat. Selain Business Analyst, Anda juga dapat menerapkan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran untuk mengembangkan bisnis ke tingkat yang lebih jauh lagi.

Apabila Anda sedang mencari solusi untuk meningkatkan bisnis Anda, cobalah untuk menggunakan jasa Digital Marketing Agency seperti ToffeeDev. Kami adalah salah satu Digital Marketing Agency di Jakarta yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran digital yang tepat sasaran.Dengan dukungan tim ahli kami, ToffeeDev menawarkan berbagai layanan Digital Marketing, mulai dari SEO, Google Ads, hingga Web Developer dan masih banyak lagi. Kami berkomitmen untuk membantu Anda meningkatkan dan memperluas jangkauan bisnis Anda secara online. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini sekarang juga!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top