10 Cara Agar FYP di TikTok

cara agar fyp di tiktok

Mengetahui cara agar FYP di TikTok merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh pengguna TikTok adalah agar videonya masuk ke halaman For You Page (FYP). Halaman ini bisa meningkatkan jumlah tampilan dan like pada video tersebut. Namun, tidak semua video yang diunggah ke TikTok bisa masuk ke FYP. Lalu, bagaimana cara agar video yang diunggah bisa masuk ke FYP? Berikut ini adalah 10 cara agar FYP di TikTok.

Apa itu FYP TikTok?

FYP atau biasa disebut For Your Page adalah halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kita membuka aplikasi TikTok. Pada halaman muka FYP ada banyak sekali video yang dapat menjadi rekomendasi untuk ditonton. Melalui halaman ini juga, pengguna bisa menjadi viral di TikTok. Itulah sebabnya banyak penggunanya yang ingin masuk FYP di TikTok.

Halaman For Your Page pada aplikasi TikTok ini berbeda dengan halaman following, Pada halaman Following, ketika seseorang mengikuti akun TikTok orang lain, maka video terbaru yang diupload akan muncul pada halaman tersebut. Berbeda halnya dengan halaman FYP yang muncul berdasarkan kepopuleran dan algoritma tertentu. Pada halaman FYP, video apa saja dapat muncul dan tidak selalu video tersebut sesuai dengan minat Anda.

Faktor-Faktor Penentu FYP TikTok

Terdapat beberapa faktor penentu yang mempengaruhi algoritma TikTok. Faktor-faktor ini akan menentukan apakah video TikTok dapat masuk ke algoritma FYP atau tidak.

1. User Activity

Semakin banyak engagement dan view yang diterima oleh sebuah video TikTok. Maka konten tersebut akan disajikan ke lebih banyak user. Beberapa metrik yang dibaca adalah likes, comments, shares, completions and rewatch, dan account follows.

2. Subject Matter

Algoritma TikTok dapat membaca konten dan mendefinisikan topik atau subjek dari konten yang telah dibuat. Kemudian, algoritma ini akan menyajikannya kepada orang-orang yang menyukai subyek dan topik tersebut. Algoritma yang dibaca oleh TikTok berupa captions keywords, sound used, hashtags, effect used, dan content reading (through transcript).

3. Lokasi dan Bahasa

Algoritma TikTok dapat membaca setting dari smartphone pengguna, termasuk lokasi dan bahasa. Data yang telah dibaca ini akan digunakan sebagai pertimbangan pendistribusian konten. Algoritma yang dibaca TikTok berupa lokasi posting dan lokasi user, setting bahasa pada device dan konten, serta tipe device  yang digunakan.

4. “Not Interested” Feedback

Selain parameter di atas, TikTok juga melakukan pertimbangan pada parameter negatif, termasuk di antaranya adalah video-video yang ditandai pengguna dengan tanda “not interested”, user yang diberi tanda “hide”, dan konten yang Anda lewati.

10 Cara Agar FYP di TikTok

Berikut adalah 10 cara agar FYP di TikTok dapat mendapatkan banyak penonton dan engagement:

1. Upload Video di Jam Ramai (Prime Time)

Pilih waktu yang tepat untuk mengunggah video Anda, seperti saat jam makan siang atau malam hari ketika orang-orang memiliki waktu luang. Saat itu, biasanya terjadi kenaikan penggunaan TikTok, sehingga akan membantu video Anda mendapatkan penonton lebih banyak.

2. Tulis Caption Menarik

Caption adalah cara yang baik untuk menarik perhatian pengguna TikTok. Tulis caption yang lucu, kontroversial atau mengandung pesan yang menarik agar video Anda lebih menarik dan mengundang diskusi.

3. Buat Konten yang Meningkatkan Engagement

Buat konten yang dapat memicu interaksi pengguna TikTok, seperti pertanyaan atau ajakan untuk berpartisipasi dalam sesuatu. Hal ini akan meningkatkan engagement dan membuat video Anda lebih viral.

4. Kolaborasi atau Duet dengan Kreator Lain

Kolaborasi dengan kreator TikTok lain atau duet dengan mereka akan meningkatkan eksposur video Anda dan memperluas jangkauan audience.

5. Ikuti Tren dan Challenge

Ikuti tren atau challenge yang sedang populer di TikTok untuk menjangkau khalayak yang lebih besar. Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi pada konten tersebut agar lebih menarik.

6. Pakai Lagu yang Sedang Populer

Pilih lagu yang sedang populer untuk dijadikan latar belakang video Anda agar lebih menarik bagi pengguna TikTok.

7. Jangan Lupa Pakai Hashtag

Tambahkan hashtag yang relevan pada video Anda untuk membantu pengguna TikTok menemukan konten Anda. Gunakan hashtag yang populer dan relevan agar video Anda muncul di bagian explore TikTok.

Baca Juga: Saatnya Anda Manfaatkan TikTok Sebagai Media Promosi

8. Lakukan Interaksi dengan Pengguna TikTok Lain

Berinteraksi dengan pengguna TikTok lain dengan cara like, comment, dan follow akun mereka. Hal ini akan meningkatkan peluang eksposur video Anda dan memperluas jangkauan audience.

9. Utamakan Durasi Video Terpendek

Pastikan video Anda tidak terlalu panjang agar lebih mudah dipahami dan diingat oleh pengguna TikTok. Umumnya, durasi video yang paling efektif di TikTok adalah 15-30 detik.

10. Follow Akun-Akun Centang

Follow akun-akun TikTok dengan centang biru (verified) atau dengan followers yang banyak. Hal ini akan membantu Anda mengetahui tren dan gaya yang populer di platform, serta menambah inspirasi dalam membuat konten.

banner

Strategi Efektif untuk FYP TikTok

TikTok adalah platform media sosial yang semakin populer, khususnya di kalangan anak muda. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan TikTok adalah algoritma FYP (For You Page) yang memungkinkan video Anda ditemukan oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa strategi efektif untuk meningkatkan FYP TikTok Anda:

1. Tentukan Tema dan Selalu Konsisten

Menentukan tema untuk video Anda dapat membantu membangun brand Anda di TikTok. Anda dapat memilih tema yang sesuai dengan minat Anda atau dengan niche tertentu. Misalnya, jika Anda menyukai olahraga, maka tema olahraga dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, konsistensi juga sangat penting. Posting secara teratur dan dalam tema yang sama akan membantu meningkatkan kredibilitas Anda di platform ini.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

2. 5 Video Rules

Ada beberapa aturan yang harus Anda patuhi saat membuat video TikTok agar video Anda dapat diunggah ke FYP:

  • Video harus vertikal (9:16)
  • Durasi video maksimum 60 detik
  • Gunakan musik dan suara yang populer atau viral
  • Gunakan fitur edit TikTok untuk menambahkan efek, teks, atau filter
  • Jaga agar video tetap segar dan menarik

Jika Anda mengikuti aturan ini, peluang video Anda muncul di FYP akan lebih besar.

3. Lihat Trending Video, Audio, dan Hashtag

Anda dapat menemukan video, musik, dan hashtag yang sedang trending dengan mengikuti akun populer atau mengikuti topik tertentu.Hal ini memungkinkan Anda dapat menghasilkan konten yang lebih menarik dan dapat mendatangkan perhatian yang lebih banyak.

Kesimpulan

Pemahaman tentang FYP di TikTok sangat penting bagi pemilik bisnis karena platform ini dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Algoritma FYP memungkinkan video Anda untuk ditemukan oleh orang yang belum mengikuti akun Anda. Hal ini akan membantu video Anda dapat memperluas jangkauan bisnis Anda dan menarik lebih banyak pengguna TikTok untuk mengenal merek atau produk Anda.

Dalam hal ini, pemilik bisnis dapat memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dengan cara yang kreatif dan menghibur. Pemahaman mendalam tentang bagaimana FYP berfungsi dapat membantu pemilik bisnis menciptakan konten yang menarik dan relevan untuk audiens TikTok, meningkatkan peluang mereka untuk menjadi viral, dan dengan demikian memperluas jangkauan bisnis mereka.

Tidak hanya itu, pada zaman digital saat ini, apa pun bisnis yang Anda geluti, tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pemasaran digital. Oleh karena itu, untuk dapat bersaing dan lebih unggul dibandingkan perusahaan lainnya, Anda dapat memanfaatkan jasa Digital Marketing Agency seperti Toffeedev untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang jitu dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apalagi, mari mulai mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat