Cara Membuat Iklan di WhatsApp Business: Panduan untuk Meningkatkan Promosi Bisnis

Cara membuat iklan di WhatsApp Business mungkin terdengar rumit bagi sebagian orang, terutama pelaku usaha yang baru saja beralih dari WhatsApp Messenger ke versi bisnisnya. Namun, beriklan di WhatsApp Business sangatlah mudah dan menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan.

Memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif per bulannya, WhatsApp Business berpotensi menjadi jembatan efektif untuk menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Namun, sebelum memulai proses pembuatan iklan, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan baik. Untuk informasi yang lebih mendalam, mari simak keunggulan hingga cara membuat iklan di WhatsApp Business melalui artikel ini.

Keunggulan WhatsApp Business untuk Bisnis Anda

WhatsApp Business menawarkan sejumlah keunggulan yang sangat berharga bagi bisnis dalam menjalankan strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa keunggulan utama WhatsApp Business yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk memasarkan produk dan layanan bisnis Anda.

1. Potensi Pasar yang Luas

WhatsApp Business membuka gerbang menuju pasar yang tak terbatas dengan basis penggunanya yang mencapai lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan Anda menjangkau pelanggan potensial dari berbagai wilayah dan latar belakang guna memperluas cakupan pasar Anda secara signifikan.

2. Antarmuka yang Mudah Digunakan

Antarmuka WhatsApp Business yang sederhana dan mudah dipahami akan memudahkan Anda untuk mengelola akun bisnis, membuat iklan, dan berinteraksi dengan pelanggan tanpa memerlukan keahlian teknis khusus. Bahkan bagi bisnis skala kecil yang tidak memiliki tim teknis besar, WhatsApp Business tetap dapat diakses dan digunakan dengan mudah. Ini  memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti pengembangan produk dan layanan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Plugin Chat Whatsapp Untuk WordPress

3. Kemampuan untuk Berinteraksi Langsung dengan Pelanggan

Salah satu fitur terbaik WhatsApp Business adalah kemampuannya untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Melalui adanya fitur obrolan langsung, Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih personal dan responsif. Hal ini memungkinkan bisnis untuk merespons pertanyaan, permintaan, atau keluhan pelanggan secara langsung, serta meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Banner - SEO General

4. Membangun Brand Awareness

WhatsApp Business menjadi alat yang ampuh untuk membangun brand awareness dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda kepada pelanggan potensial. Anda dapat membagikan konten menarik,  seperti update informasi seputar bisnis, pengumuman produk, penawaran spesial kepada pelanggan sehingga meningkatkan brand recall dan menarik lebih banyak pelanggan.

5. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Fitur-fitur seperti pesan selamat datang otomatis dan pesan template membantu bisnis meningkatkan layanan pelanggan. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi bisnis dan mendapatkan respons cepat atas pertanyaan atau keluhan mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis-pelanggan yang positif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

2 Cara Membuat Iklan di WhatsApp Business

Cara Membuat Iklan di WhatsApp Business

Setelah mengetahui sejumlah keunggulan WhatsApp Business untuk bisnis, mari simak lebih dalam mengenai cara membuat iklan di WhatsApp Business. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Membuat Iklan Tanpa Akun Facebook

Jika Anda belum memiliki akun Facebook, Anda masih bisa membuat iklan langsung dari aplikasi WhatsApp Business. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini sudah tersedia di perangkat Android dan hanya di beberapa wilayah. Berikut ini adalah langkah membuat iklan di WhatsApp Business. 

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp Business di perangkat Anda

2. Ketuk opsi Lebih banyak, kemudian pilih Iklankan dan klik Mulai.

3. Pilih foto dari galeri atau ponsel Anda, item di katalog, atau status untuk diiklankan.

    • Perlu diperhatikan bahwa item di katalog yang ingin diiklankan harus disetujui terlebih dahulu. 
    • Anda juga dapat mengiklankan beberapa foto, produk, dan status sekaligus.

4. Masukkan deskripsi untuk iklan Anda, kemudian ketuk Lanjut.

5. Langkah berikutnya adalah mengatur anggaran harian, durasi, dan audiens. Setelah mengisi informasi yang diminta, kemudian ketuk Lanjut.

6. Tinjau dan terima kebijakan non-diskriminasi Facebook. Selanjutnya, Anda dapat meninjau iklan, kemudian klik Lanjut.

7. Masukkan alamat email aktif dan klik Kirim Kode. Nantinya, Anda akan menerima kode enam digit pada alamat email yang telah dicantumkan.

8. Setelah menerima kode, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email sebelumnya.

9. Langkah berikutnya, pilih negara atau wilayah, mata uang, dan zona waktu, kemudian klik Lanjut.

10. Tambahkan metode pembayaran yang akan digunakan, kemudian klik Lanjut.

11. Setelah itu, masukkan informasi bisnis Anda dan klik Simpan untuk melanjutkan. 

12. Apabila disetujui, iklan Anda akan muncul di bagian bawah tab Manage Ads.

Baca Juga: Apa Itu CTA WhatsApp dan Bagaimana Menggunakannya dalam Strategi SEO?

2. Membuat Iklan di Aplikasi WhatsApp Business dengan Akun Facebook

Jika Anda memiliki akun Facebook yang terhubung dengan WhatsApp Business, Anda dapat membuat iklan yang lebih terintegrasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp Business di perangkat Anda.

2. Ketuk opsi Lebih Banyak dan pilih Iklankan di Facebook, klik kemudian Mulai.

3. Pilih konten iklan Anda, mulai dari foto dari galeri atau ponsel, item di katalog, hingga status.

    • Untuk memilih foto, Anda harus memberikan izin aplikasi Facebook untuk mengakses galeri foto perangkat Anda.
    • Jika ingin mengiklankan item katalog yang ingin Anda iklankan, maka harus disetujui terlebih dahulu.
    • Sama seperti sebelumnya, Anda juga dapat mengiklankan beberapa foto, produk, dan status sekaligus.

4. Setelah memilih konten yang akan diiklankan, kemudian klik Lanjut.

5. Langkah selanjutnya adalah Ketuk Masuk dan masukkan informasi akun Facebook Anda.

6. Setelah itu, Facebook akan meminta Anda untuk mengatur anggaran harian, durasi, dan audiens. Setelah selesai, kemudian ketuk Lanjut.

7. Untuk memilih metode pembayaran, Anda dapat menggunakan akun Facebook Anda.

8. Setelah melengkapi informasi yang diminta, Anda dapat meninjau kembali iklan Anda dengan mengetuk Tinjau iklan Anda, kemudian klik Buat Iklan. 

9. Jika disetujui, iklan Anda akan muncul di bawah tab Manage ads.

Tips Membuat Iklan di WhatsApp Business yang Menarik

Tips Membuat Iklan di WhatsApp Business yang Menarik 

Membuat iklan di WhatsApp Business dapat menjadi cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru, meningkatkan penjualan, dan mengembangkan bisnis Anda. Berikut beberapa tip untuk membuat iklan yang menarik dan efektif.

1. Memahami Audiens

Memahami audiens adalah langkah kunci dalam merancang iklan yang efektif. Ini melibatkan riset mendalam tentang siapa target pasar Anda, apa kebutuhan dan keinginan mereka, serta bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka melalui pesan WhatsApp. Anda dapat menggunakan data demografis, perilaku pembelian, atau interaksi sebelumnya dengan pelanggan untuk membantu dalam memahami audiens dengan lebih baik.

2. Membuat Pesan yang Jelas dan Ringkas

Pesan yang jelas dan ringkas sangat penting dalam membuat iklan. Anda memiliki waktu yang terbatas untuk menarik perhatian audiens Anda sehingga pastikan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan langsung ke intinya. Fokus pada poin-poin utama yang ingin disampaikan, serta buat pesan yang mudah dipahami dan diingat oleh audiens untuk mengoptimalkan efektivitas iklan.

Banner - Ebook SEO

3. Mencantumkan Call to Action yang Menarik

Setiap iklan harus memiliki call to action (CTA) yang jelas dan menarik. CTA adalah instruksi yang mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi situs web Anda, menghubungi, atau melakukan pembelian. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan penjualan, CTA dapat dibuat menjadi “Beli Sekarang!” atau “Dapatkan Penawaran Spesial Hari Ini!”

Baca Juga: 10 Strategi Promosi Jasa Pendidikan yang Efektif

4. Menarik Perhatian Audiens dengan Kata-Kata Khusus

Penggunaan kata-kata khusus dapat membantu Anda menarik perhatian audiens dan membuat iklan lebih menarik. Kata-kata seperti “diskon”, “promo”, “gratis”, atau “terbatas” dapat memicu rasa ingin tahu dan minat dari audiens. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kata-kata khusus yang sesuai dengan merek guna memperkuat identitas merek dalam iklan.

5. Menerapkan Brand Guideline dari Facebook dan Instagram

Mengingat WhatsApp Business merupakan bagian dari ekosistem Facebook dan Instagram, penting untuk memahami dan menerapkan brand guideline yang telah ditetapkan oleh kedua platform tersebut. Dalam hal ini, Anda perlu membuat konten visual yang menarik, serta menggunakan elemen penting dalam teks iklan yang konsisten, termasuk logo, jenis huruf, hingga pallet warna. Langkah ini dapat memastikan bahwa iklan mencerminkan identitas merek dengan konsisten dan profesional di semua platform.

Banner - SEO x CRO

6. Mencantumkan Testimoni Pelanggan

Testimoni dari pelanggan yang puas terhadap layanan dan produk Anda dapat menjadi bukti sosial yang kuat dan meningkatkan kredibilitas iklan. Anda dapat menyertakan testimoni singkat dan positif dalam iklan untuk membangun kepercayaan dan mendorong audiens agar mencoba produk atau layanan Anda.

7. Menggunakan Teknik Storytelling

Terakhir, gunakan teknik storytelling untuk membuat iklan Anda lebih menarik dan meyakinkan. Contohnya, ceritakan tentang cara produk atau layanan Anda telah membantu memecahkan masalah pelanggan. Langkah ini dapat membangun hubungan emosional dengan audiens dan membuat audiens merasa terhubung dengan merek Anda.

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah lebih memahami seputar cara membuat iklan di Whatsapp Business? Mampu menjangkau pasar yang lebih luas, mudah digunakan, hingga dapat membangun brand awareness, WhatsApp Business menjadi platform yang dapat diandalkan untuk menciptakan iklan yang lebih kuat dan bermakna sebagai strategi pemasaran yang efektif.

Untuk mengoptimalkan efektivitas kampanye iklan, Anda mungkin memerlukan bantuan ahli seperti jasa digital marketing dari ToffeeDev. Bersama dengan tim ahli yang berpengalaman dalam menangani berbagai industri, kami berkomitmen dalam mengoptimalkan strategi iklan digital bisnis Anda untuk mencapai tujuan pemasaran secara tepat sasaran.

Hubungi ToffeeDev hari ini untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan konsultasi sekarang! 

Share this post :

Scroll to Top