Pelajari 9 Cara Berikut Untuk Monetisasi Blog

Cara Monetisasi Blog

Blog adalah sebuah aplikasi website yang bisa diakses melalui jaringan internet dan biasanya memuat ragam tulisan dari pemiliknya. Siapa pun bisa membaca hasil tulisan tersebut selagi masih terkoneksi di dunia maya. Pada awal penggunaannya, penulis blog (disebut juga narablog atau blogger) memanfaatkan aplikasi ini sebagai catatan harian online. Namun, kini pemanfaatan blog tidak hanya sebatas jurnal pribadi si-user saja, tetapi juga berfungsi sebagai mesin penghasil uang. Kok bisa? 

Sebenarnya, ada banyak cara agar blog bisa memperkaya penggunanya. Berikut ini rangkuman empat cara monetisasi blog buat Anda. 

Cara Monetisasi Blog Anda

Penasaran bagaimana Anda bisa monetisasi blog Anda? Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda!

1. Mendaftarkan Blog ke Google AdSense

Dengan terdaftar di layanan periklanan Google AdSense, Anda bisa menempatkan beberapa titik banner iklan pada tampilan blog. Format iklan yang ditayangkan umumnya sangat beragam, seperti teks, video, atau grafis untuk memasang iklan. 

Setiap kali pengunjung blog mengklik iklan yang ditampilkan, Anda akan mendapatkan bayaran. Sistem pembayaran iklan seperti ini dikenal juga dengan skema Pay per Click (PPC). Untuk satu kali klik, blogger umumnya akan mendapatkan $0,01 hingga $5. 

Model pembayaran iklan di blog selanjutnya adalah Cost per Impression (CPM). Kalau PPC dilihat dari banyaknya jumlah klik, CPM membayar narablog berdasarkan jumlah impresi/view iklan oleh pengunjung. Itu artinya makin banyak pembaca yang berkunjung ke blog Anda, makin tinggi peluang penghasilan yang diperoleh. 

Untuk mendaftarkan blog ke layanan periklanan Google AdSense, Anda harus memastikan kalau akun AdSense Anda sudah aktif, blog sudah aktif dalam kurun waktu tertentu, dan memiliki tulisan-tulisan yang menarik minat pembaca terlebih dahulu.

Baca Juga: Mengetahui Cara Kerja Google AdSense

2. Berjualan Melalui Blog untuk Menghasilkan Uang

Tidak ada salahnya memanfaatkan blog sebagai e-commerce pribadi Anda. Banyak blog populer, sebut saja The Oatmeal, Seriouseats, The Luxe Lens, dan dconsulting, telah berhasil memanfaatkan akunnya untuk menjual produk (seperti perangkat lunak, kaus, ebook, jasa, dan lain-lain) kepada pengunjung web. 

Menariknya, penghasilan dari penjualan mereka pun cukup fantastis. Bagaimana tidak? Pasalnya, 100% hasil keuntungan dari penjualan produk/jasa dipastikan masuk ke kantong blogger tanpa potongan.

Berbeda dari Cara 1 sebelumnya, Cara 2 ini lebih menantang untuk dilakukan karena Anda tidak hanya dituntut untuk kreatif menulis blog Anda, tetapi juga diminta untuk terus mendalami pengetahuan tentang pemasaran produk melalui website. 

3. Melaksanakan Pemasaran Afiliasi 

Affiliate marketing (pemasaran afiliasi) bisa dikategorikan sebagai cara monetisasi blog paling efektif dan mudah sekarang ini. Anda hanya harus menyertakan referral link atau code dari program afiliasi dalam setiap posting-an blog Anda.

Tertarik? Tak sulit mendapatkan partner program pemasaran afiliasi. Banyak perusahaan (baik dalam dan luar negeri) yang telah menyediakan program ini, seperti Amazon, Tokopedia, Bukalapak, Rakuten, dan sebagainya.

Jasa SEO

4. Menyediakan Layanan Sponsored Post

Sponsorship adalah cara terakhir untuk menghasilkan uang dari blog. Dalam program ini, penulis blog biasanya akan diminta untuk menulis sebuah artikel yang bertujuan mengulas dan melakukan strategi soft-selling terhadap sebuah produk atau jasa dari pihak sponsor.

Cara ini bisa dibilang yang paling sulit untuk didapatkan. Salah satunya adalah karena Anda harus mendapatkan kepercayaan pemilik produk/jasa untuk mempromosikan produk/jasa mereka di blog Anda terlebih dahulu. 

Selain itu, pihak sponsor tentu tidak ingin berinvestasi di sembarang tempat. Mereka umumnya menetapkan beberapa syarat umum kelayakan sebuah blog untuk disponsori, antara lain:

  1. Memiliki kredibilitas tinggi.
  2. Mempunyai konten berkualitas.
  3. Mengusung niche yang sesuai dengan produk/jasa yang akan dipasarkan.
  4. Memiliki banyak pengunjung setia.

Meski terkesan sulit dilakukan, Anda akan merasa sangat senang saat melihat hasil transfer dalam rekening nantinya. Hal ini karena Anda bisa mematok harga iklan sponsored post lebih tinggi dibandingkan cara lain.

5. Menjual Produk Fisik

Seperti yang Anda tahu, konten yang ada pada website bukan hanya sekadar konten saja. Melalui konten yang ada, Anda dapat menggunakan konten tersebut untuk memasarkan produk fisik yang Anda miliki.

Dengan memiliki konten yang berkualitas dan menarik, Anda dapat mendatangkan banyak sekali leads untuk meningkatkan penjualan dan meningkatan pendapatan pada website yang Anda miliki.

6. Menjual Produk Digital

Selain menjual produk fisik, Anda juga dapat memonetasi blog Anda untuk menjual produk digital. Jika Anda senang berkarya, seperti membuat NFT atau membuat sofware, audio book, plugin, dan tema website Anda dapat mulai menjualnya melalui website yang Anda miliki.

7. Menjual Ebook

Anda dapat melekukan monetisasi website dengan cara membuat kursus online melalui e-book. Anda dapat menggunakan blog untuk menulis berbagai panduan mengenai keahlian yang Anda kuasai dan dibutuhkan banyak orang. Dengan cara ini Anda juga dapat membantu banyak orang untuk mendalami keahlian yang Anda miliki.

8. Membuat Fitur Membership

Saat ini banyak sekali layanan berbayar seperti Apple Music dan Amazon Prime Video, pasti Anda juga sudah familiar kan? Kedua perusahaan tersebut memiliki jutaan pengguna yang telah membeli dan berlangganan paket konten menarik yang ditawarkan, baik bulanan atau tahunan. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan mengubah blog Anda menjadi situs berlangganan, terlebih jika Anda memiliki konten berkualitas dan dibutuhkan banyak orang.

Saat ini banyak sekali plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat website membership, seperti S2member yang dapat Anda pasang pada WordPress secara gratis dan berbayar. Dengan mengguinakan S2member, Anda mampu menentukan metode pembayaran dan konten apa yang dapat diakses oleh pengguna yang telah berlangganan.

Baca Juga: Mengetahui Seluk Beluk Cara Kerja Search Engine

9. Menawarkan Konsultasi

Last but not least, Anda bisa membuat dan menggabungkan beberapa metode seperti membuat konten artikel, lalu mulai menawarkan pengetahuan atau informasi yang lebih detail dengan menjual e-book dan membuka jasa konsultasi online. Dengan cara ini, Anda dapat menambah awareness dan coversion melalui blog yang Anda miliki, sehingga Anda dapat menawarkan informasi atau pengetahuan yang Anda miliki, secara mendalam dalam bentuk buku dan konsultasi secara langsung.

Kesimpulannya, keberadaan dunia online dapat membantu Anda dalam memperoleh pendapatan tambahan. Salah satunya adalah dengan memonetisasi blog dan mengelolanya dengan baik. Semoga ulasan mengenai empat cara monetisasi blog di atas menginspirasi Anda. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami segera untuk mulai meningkatkan visibilitas bisnis bersama ToffeeDev sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya!

 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top