12 Contoh Teknologi Informasi dan Komunikasi

contoh teknologi informasi dan komunikasi

Contoh teknologi informasi dan komunikasi dapat kita lihat dari perkembangan yang bertujuan untuk membuat segala hal menjadi praktis. Sampai hari ini perkembangan digital makin maju sehingga banyak sekali bidang kehidupan yang terbantu.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berperan dalam mengubah pola hidup dan cara berinteraksi. Bahkan di setiap bidang pekerjaan termasuk bagaimana orang berkomunikasi ikut terpengaruh. Dapat dikatakan bahwa setiap aspek kehidupan hari ini memerlukan bantuan teknologi.

Meskipun memberi banyak manfaat tentu ada sisi kurang baik akibat dari kemajuan yang makin cepat. Di mana pasti ada sejumlah tantangan atau risiko. Terutama terkait keamanan data dan ketergantungan atas penggunaan teknologi. Artikel ini secara khusus disediakan untuk kamu dan sertakan penjelasan yang lengkap.

hardware

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah suatu jenis teknologi yang terkait dengan perencanaan pengembangan, dukungan, implementasi, atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer. Umumnya, teknologi informasi dioperasikan menggunakan komputer untuk mengelola informasi secara langsung. Sehingga, teknologi jenis ini jelas memudahkan kehidupan manusia. Dalam praktiknya, teknologi informasi sangat berkaitan dengan hardware dan software. Oleh karena itu, simak informasi mengenai hardware dan software di bawah ini.

Banner - SEO General

Hardware

Hardware atau perangkat keras dikenal sebagai sejumlah komponen-komponen yang digunakan untuk membangun atau menyusun sebuah personal computer. Selain itu, hardware juga berupa sejumlah alat yang dijadikan sebagai alat bantu untuk suatu pekerjaan tertentu. 

Sehingga hardware dapat didefinisikan sebagai perangkat dan peralatan internal maupun eksternal yang dapat menjalankan tugasnya seperti input, output, komunikasi, pemrosesan, dan juga penyimpanan.

Melihat fungsi dan tugasnya, hardware digolongkan dalam dua jenis yakni internal dan eksternal. Jenis hardware internal meliputi motherboard, RAM, SSD, atau HDD. Sedangkan hardware eksternal meliputi monitor, keyboard, printer, dan pemindai.

Terdapat perbedaan yang mendasar antara keduanya di mana hardware internal akan ditempatkan dalam komputer untuk menjalankan sistem, sedangkan hardware eksternal berada di luar untuk memberikan inputan dalam bentuk tertentu.

Pengetahuan mendasar ini dapat dijadikan referensi untuk kamu yang ingin membangun sebuah personal computer. Karena dengan mengetahui komponennya maka kamu bisa menentukan apa yang dibutuhkan. Berikut akan dijelaskan apa saja bentuk dari hardware yang perlu kamu ketahui dan kegunaannya.

1. Motherboard

Secara pengertian maka dapat didefinisikan sebagai sebuah papan sirkuit atau printed circuit board yang memiliki sejumlah komponen penting komputer di mana terdapat juga beberapa konektor atau slot untuk tempat dari papan sirkuit yang lain.

Motherboard sebagai papan sirkuit yang utama akan berkomunikasi dengan semua perangkat dan komponen yang terhubung dengannya. Dapat kita sebut komponen itu sebagian besar adalah CPU atau central processing unit, biasa kita sebut sebagai prosesor. PCI atau peripheral component interconnect adalah slot untuk menghubungkan VGA card. Selain itu, adalah BIOS, memory, hard drive, dan sejumlah konektor untuk keyboard dan mouse

Di dalam papan sirkuit tunggal, terdapat dua chipset yaitu southbridge dan northbridge. Keduanya berperan untuk mengatur setiap proses yang terjadi di dalam komputer. Selain itu, tugasnya untuk menjalin komunikasi antara beberapa perangkat dan chipset. Tetapi secara fungsi keduanya dipisah untuk menjalani tugas secara berbeda.

Northbridge akan berperan sebagai penyambung komunikasi antara antarmuka CPU, memori, dan banyak proses video. Sedangkan southbridge berkomunikasi dengan semua perangkat yang berkaitan dengan proses seperti LAN card, PCI, keyboard, mouse, serta fungsi input dan output. 

2. Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SDD) 

Dua komponen ini umum digunakan dalam penyimpanan data di komputer. Namun, ada yang membedakan keduanya, mulai dari pengertian, dan performa dari keduanya. HDD menyimpan seluruh datanya pada piringan yang berputar. Sedangkan SDD menyimpan datanya pada chip memori flash.

Kecepatan proses HDD dan SDD juga berbeda, dan dalam hal ini SDD lebih unggul dengan kecepatan proses 550 MB/s. sedangkan HDD hanya mencapai rata-rata kecepatan 60 MB/s. selain itu, karena SDD lebih unggul, tentu saja biayanya lebih tinggi dari HDD.

3. Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan otak dari sebuah komputer dan biasa dikenal sebagai prosesor. CPU memiliki 

unit (I/O) yang berfungsi sebagai penghubung inputan dari hardware eksternal seperti keyboard, dan mouse. Menjadi penghubung output dari hardware eksternal seperti monitor, dan printer. Selain itu, sebagai unit pemrosesan, CPU juga memiliki beberapa unit penting lainnya seperti memori utama, unit kontrol, dan unit aritmatika-logika.

Baca Juga : Manfaat Teknologi Informasi di Era Digital

4. Random Access Memory (RAM)

RAM umumnya terpasang pada slot yang terhubung dengan motherboard. Hardware ini merupakan sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan program yang sedang berjalan dan untuk melakukan tugas membaca serta menulis. 

RAM juga berfungsi untuk membantu mempercepat operasi komputer. Oleh karena itu kapasitas RAM yang kecil akan memperlambat operasi komputer. Kapasitas RAM yang biasa kita kenali adalah 4 GB, 16 GB, dan 32 GB untuk kinerja yang optimal dari operasi komputer.

5. Power Supply

Komponen ini merupakan sumber daya untuk memasok daya ke semua komponen internal di komputer. Terdapat trafo, pengatur voltase atau tegangan listrik, termasuk kipas pendingin yang mengatur sirkulasi udara. Selain itu, catu daya akan berfungsi untuk mengubah voltase sekitar 100 sampai 120 volt daya AC menjadi daya DC. Tegangan rendah yang nantinya digunakan untuk komponen internal komputer.

software

Software

Software atau perangkat lunak yang terpasang pada sejumlah perangkat seperti komputer, tablet, smartphone, perangkat pintar lainnya. Dalam pengertiannya kita dapat mendefinisikannya sebagai seperangkat instruksi yang dengan bahasa tertentu yang bekerja untuk mengoperasikan komputer. Tanpa adanya perangkat lunak maka perangkat tidak dapat bekerja. Maka dapat dikatakan juga bahwa perangkat lunak memandu atau memberi arahan terhadap komputer untuk berfungsi.

Untuk menjalankan perangkat atau semua komponen dalam komputer, sebagai landasan utama dibutuhkan sebuah operating system atau sistem operasi. Sejumlah sistem operasi yang paling populer adalah Linux, Ms DOS, UNIX, Windows, MacOS, Android, dan Chrome OS.

Semua sistem operasi ini akan mengaktifkan hardware dan berfungsi sebagai antarmuka antara sejumlah aplikasi lain dan hardware yang terdapat pada komputer atau perangkat pintar lainnya. Selain itu, dalam sebuah OS terdapat TCP/IP yang berguna sebagai alat komunikasi melalui sebuah jaringan. Sehingga memungkinkan browser web dapat diakses, karena tanpa sebuah protokol hal itu tidak dapat dilakukan.

1. Operating System (OS)

Seperti yang sudah dijabarkan secara sederhana bahwa OS adalah sebuah landasan untuk sebuah perangkat dapat berjalan. Secara luas, sistem yang bertindak sebagai antarmuka akan bekerja dengan melakukan manajemen file, memori, proses, serta menangani I/O. OS juga memandu dan mengendalikan serta memberikan instruksi ke perangkat periferal seperti disk drive dan printer.

Di dalam OS terdapat sebuah kernel yang akan berfungsi untuk melayani setiap program aplikasi yang terpasang pada OS dan hardware. Kernel di sini akan bertindak sebagai perantara untuk setiap interaksi dari semua aplikasi dengan hardware secara aman.

Baca Juga : Apa itu Software? Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

2. Device Drivers

Selain operating system, beberapa hardware tertentu juga memiliki perangkat lunaknya agar dapat dioperasikan. Beberapa contohnya adalah drivers untuk printer, sound cards, network cards, video graphic array (VGA ) drivers, display drivers, motherboard drivers.

Banner - Ebook SEO

3. Firmware

Firmware disebut sebagai sebuah perangkat lunak permanen yang diprogram oleh pabrikan ke dalam ROM. Cara kerjanya adalah memastikan perangkat keras berfungsi sebagaimana mestinya. Firmware termasuk sebuah perangkat inti di mana tanpa itu perangkat digital paling dasar tidak akan berfungsi.

4. Application Software

Application software bekerja untuk membantu menyelesaikan beberapa tugas penting yang dilakukan oleh penggunanya. Mulai dari mencari data, menyusun data, memproses data, menulis dokumen, mengelola keuangan, merancang grafik, menonton film, dan bermain game. Tentunya, application software dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari jika diaplikasikan dengan benar.

Sumber: freepik.com

Jaringan Komputer

Jaringan komputer memungkinkan dua perangkat atau lebih untuk saling bertukar informasi melalui sejumlah protokol. Perangkat yang dapat melakukan pertukaran informasi mencakup semuanya mulai dari ponsel hingga server. Semua perangkat ini terhubung menggunakan nirkabel atau kabel fisik seperti serat optik.

Jaringan komputer juga membantu dalam memantau lalu lintas, bertukar informasi dengan rekan kerja melalui layanan cloud, melakukan panggilan video, streaming video, dan mengakses internet.

1. LAN

LAN atau local area network adalah sistem jaringan yang saling berhubungan tetapi terbatas hanya dalam ukuran dan area tertentu. Sifatnya yang terbatas sehingga biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dan perangkat dalam satu lokasi seperti kantor, dan gedung.

LAN hanya menjangkau wilayah lokal sehingga jarak jaringan komunikasinya dibatasi dalam  beberapa kilometer saja. Selain itu, LAN menggunakan koneksi high-speed yang kecepatannya antara 2 hingga 100 Mbps.

2. WAN

WAN atau wide area network adalah sebuah sistem jaringan yang tidak terikat pada satu lokasi tertentu saja. Jenis jaringan komputer WAN begitu luas dan dapat berbagi informasi, menghubungkan perangkat dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Jaringan ini juga merupakan yang terbesar hingga saat ini. Jangkauan WAN yang luas sangat vital bagi bisnis internasional sehingga setiap pengguna yang ingin memasarkan produk atau berkomunikasi untuk melakukan transaksi.

Selain untuk bisnis, organisasi internasional juga menggunakan WAN untuk kepentingan mereka termasuk tugas sehari-hari seperti berbagi data, berkomunikasi, dan tugas lainnya yang harus diselesaikan. Umumnya penyedia layanan atau dikenal sebagai internet service provider (ISP) menyewakan WAN mereka ke pihak yang membutuhkan seperti sekolah, pemerintahan, atau publik.

Baca Juga : Perkembangan Teknologi Informasi : Dampaknya Sampai Saat Ini

3. WiFi

Sebuah teknologi nirkabel yang menyiarkan sinyal yang memungkinkan beberapa perangkat seperti ponsel, komputer, tablet, dan perangkat elektronik lainnya terhubung ke internet. Hampir setiap aktivitas kebanyakan orang membutuhkan WiFi untuk menyelesaikan tugas-tugas atau melakukan kegiatan tertentu.

WiFi menyiarkan sinyal menggunakan gelombang radio dan paket datanya dikirim melalui frekuensi antara 2,4 dan 5 gigahertz. Penyiaran ini dibantu dengan perangkat router di mana fungsinya sebagai jalur akses internet kepada perangkat lain.

Banner - SEO x CRO

Kesimpulan

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan semua perangkat yang digunakan untuk komunikasi, penyiaran, atau mencari dan menemukan informasi. Termasuk mengelola data, memproses data, mengambil gambar, melakukan kegiatan grafisnya, dan lain sebagainya.

Dalam setiap aktivitas yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi melibatkan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan. Dalam perangkat keras dapat kita ketahui bahwa terdapat perangkat internal dan perangkat eksternal.

Perangkat internal berkaitan dengan sejumlah komponen yang dijadikan sebagai alat operasi dan akan ditanam perangkat lunak. Motherboard, HDD, SDD, CPU, dan RAM adalah sejumlah perangkat penting internal. Kemudian perangkat eksternal berkaitan dengan kegiatan I/O seperti keyboard, mouse, monitor, printer, dan pemindai.

Selanjutnya adalah perangkat lunak atau software yang berupa operating system, device drivers, firmware, dan application software. Perangkat lunak ini akan dipasang di dalam komputer atau perangkat untuk kemudian bekerja sesuai dengan fungsinya.

Yang terakhir adalah jaringan komputer sebagai penghubung antara setiap pengguna baik dalam lokasi atau geografis tertentu seperti LAN, dan jaringan komputer yang disediakan oleh ISP untuk menghubungkan semua orang di dunia yaitu WAN. Selain itu, adalah WiFi yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat agar bisa terkoneksi dengan internet.

Teknologi informasi dan komunikasi yang makin maju tentu harus diimbangi dengan sejumlah perubahan vital pada setiap sektor. Baik meningkatkan teknologinya, perangkatnya, hingga strategi bisnis. Melalui strategi bisnis yang tepat kemajuan perusahaan menjadi lebih baik dan terus meningkat. Kini, kamu dapat menggunakan jasa web developer yang profesional untuk membangun bisnis dari ToffeeDev. Hubungi kami sekarang dan konsultasikan apa saja kebutuhan bisnis yang dapat dicapai bersama ToffeeDev.

Share this post :

Scroll to Top