Corporate Identity: Pengertian dan Proses Membangunnya

corporate identity

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat logo merek terkenal seperti ‘Adidas’, ‘KFC’, dan ‘Coca Cola’? Semua nama tersebut merupakan bagian dari corporate identity yang kuat. Ya, perusahaan yang sukses dan mampu bertahan di tengah perkembangan zaman selalu mempunyai corporate identity yang kuat dan tidak mudah goyah.

Tentu Anda menginginkan agar perusahaan yang terbangun bisa terkenal oleh masyarakat luas. Kuncinya, Anda harus membangun corporate identity yang kuat sama seperti perusahaan sukses pada umumnya. Sebenarnya, apa itu corporate identity? Mengapa elemen ini cukup penting bagi perusahaan? Mari kita kupas tuntas tentang corporate identity dalam artikel ini.

Pengertian Corporate Identity

Untuk memulai pembahasan tentang corporate identity, mari kita pahami definisi dan komponen yang terdapat di dalamnya.

Definisi Corporate Identity

Corporate identity mengacu pada kombinasi elemen visual dan verbal yang mewakili identitas perusahaan. Hal ini mencakup logo, warna perusahaan, tipografi, desain grafis, tagline, tone of voice, dan kebijakan branding. Dengan kata lain, corporate identity adalah cara perusahaan Anda dikenali dan diingat oleh publik.

Baca Juga : Mengenal Brand Identity untuk Bisnis dan Cara Membuatnya

Komponen Utama Corporate Identity

Corporate identity terdiri dari berbagai komponen yang bekerja bersama-sama untuk membentuk identitas perusahaan yang kuat dan konsisten. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam corporate identity:

  1. Logo Perusahaan
  2. Warna dan Palet Warna
  3. Tipografi dan Font
  4. Desain Grafis dan Visual
  5. Tagline dan Slogan
  6. Tone of Voice dan Bahasa Komunikasi
  7. Kebijakan dan Pedoman Branding

Baca Juga : Brand Image Adalah Kunci Penting dalam Pemasaran

Mengapa Corporate Identity Penting?

Seberapa penting corporate identity bagi sebuah perusahaan? Tentu saja penting karena beberapa alasan di bawah ini.

1. Membangun Citra Perusahaan yang Konsisten

Dengan memiliki corporate identity yang konsisten, perusahaan Anda akan lebih mudah terkenali oleh pelanggan dan masyarakat luas. Citra yang konsisten mencerminkan keseriusan dan kestabilan perusahaan Anda, memberikan rasa kepercayaan dan profesionalisme.

2. Memperkuat Branding dan Diferensiasi

Corporate identity yang kuat membantu memperkuat merek perusahaan Anda. Identitas yang unik dan mudah teringat akan membedakan perusahaan Anda dari pesaing dan meningkatkan daya tarik bagi calon pelanggan.

3. Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Pelanggan

Dengan menggunakan corporate identity secara konsisten dalam semua saluran komunikasi, Anda dapat membangun kesadaran dan kepercayaan pelanggan. Identitas yang kuat memberikan kesan yang positif dan membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

4. Mengarahkan Perilaku Karyawan

Corporate identity juga memainkan peran penting dalam mengarahkan perilaku karyawan. Ketika nilai-nilai dan identitas perusahaan disosialisasikan dengan baik, karyawan akan merasa lebih terhubung dan berkomitmen untuk mewujudkan visi perusahaan.

5. Menarik Investor dan Mitra Bisnis

Investor dan mitra bisnis juga tertarik pada perusahaan yang memiliki corporate identity yang kuat. Identitas yang terpercaya dan profesional dapat meningkatkan kepercayaan dan membuat Anda lebih menarik bagi mereka yang ingin berinvestasi atau bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Baca Juga : Visual Branding: Arti, Manfaat, dan Tips Menerapkannya

Komponen Corporate Identity

komponen corporate identity

Berikut penjelasan dari masing-masing komponen corporate identity yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Logo Perusahaan

Logo perusahaan adalah elemen yang paling terlihat dari corporate identity. Dengan memiliki logo yang kuat dan mudah diingat membantu menciptakan kesan yang tahan lama pada pelanggan.

2. Warna dan Palet Warna

Pemilihan warna yang tepat dalam corporate identity menciptakan identitas visual yang konsisten dan memberikan kesan emosional yang sesuai dengan merek Anda.

3. Tipografi dan Font

Pilihan jenis huruf dan font yang konsisten dalam semua materi perusahaan membantu menciptakan identitas yang mudah diingat dan profesional.

4. Desain Grafis dan Visual

Desain grafis yang menarik dan visual yang konsisten membantu membangun identitas visual yang kuat dan memperkuat kesan merek.

5. Tagline dan Slogan

Tagline atau slogan yang tepat dan relevan membantu merangkum pesan dan nilai-nilai perusahaan dengan cara yang singkat dan mudah diingat.

6. Tone of Voice dan Bahasa Komunikasi

Tone of voice yang konsisten dalam komunikasi perusahaan membantu menciptakan pengalaman yang terpadu dan membangun citra merek yang kohesif.

7. Kebijakan dan Pedoman Branding

Kebijakan dan pedoman branding yang jelas dan terdokumentasi membantu menjaga konsistensi dalam penggunaan elemen corporate identity dan memastikan pesan yang disampaikan selaras dengan nilai-nilai perusahaan.

Proses Membangun Corporate Identity

proses membangun corporate identity

Melihat pentingnya corporate identity di atas, tentu Anda ingin membangunnya untuk perusahaan sendiri. Lantas, bagaimana cara membangun corporate identity sebuah perusahaan?

1. Menentukan Nilai dan Misi Perusahaan

Langkah pertama dalam membangun corporate identity adalah menentukan nilai inti dan misi perusahaan Anda. Nilai-nilai ini menjadi landasan yang akan membentuk identitas perusahaan Anda. Nilai-nilai ini dapat mencakup integritas, inovasi, keberlanjutan, keunggulan, atau apa pun yang penting oleh perusahaan Anda. Selain itu, misi perusahaan juga harus terancang dengan jelas, yaitu tujuan dan arah yang ingin tercapai oleh perusahaan dalam jangka panjang.

2. Penelitian Pasar dan Analisis Pesaing

Penelitian pasar akan membantu Anda memahami preferensi pelanggan, tren industri, dan perilaku konsumen. Anda dapat melakukan survei, wawancara, atau menggunakan data sekunder untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik. Selain itu, analisis pesaing akan membantu memahami bagaimana pesaing membangun dan menggunakan corporate identity mereka. Dengan memahami apa yang sudah ada di pasar, Anda dapat menciptakan identitas yang unik dan membedakan perusahaan.

3. Pengembangan Konsep dan Desain

Anda dapat melibatkan tim desain internal atau bekerja sama dengan agensi branding untuk membantu dalam proses ini. Konsep dan desain ini akan mencakup elemen-elemen seperti logo perusahaan, warna, tipografi, desain grafis, dan elemen visual lainnya yang akan menjadi identitas visual perusahaan Anda. Penting untuk memastikan bahwa konsep dan desain tersebut mencerminkan nilai-nilai dan misi perusahaan serta menciptakan kesan yang diinginkan pada pelanggan.

4. Implementasi dan Komunikasi Internal

Setelah konsep dan desain corporate identity selesai, langkah selanjutnya adalah mengimplementasikannya di seluruh perusahaan dan mengomunikasikannya secara internal. Komunikasikan secara jelas kepada karyawan mengenai corporate identity yang baru serta bagaimana mereka dapat menggunakannya dalam setiap aspek pekerjaan mereka. Berikan panduan dan pedoman yang jelas tentang penggunaan elemen corporate identity, termasuk logo, warna, dan bahasa komunikasi. Jelaskan pentingnya konsistensi dalam penggunaan corporate identity agar semua karyawan dapat bekerja sama untuk menciptakan identitas perusahaan yang kuat.

5. Evaluasi dan Pembaruan

Perusahaan dan pasar selalu berubah. Oleh karena itu, penting untuk mengawasi perkembangan terkini dan mengevaluasi keefektifan corporate identity yang telah terbangun. Lakukan survei pelanggan, analisis tren industri, dan evaluasi internal untuk melihat apakah corporate identity perlu ditingkatkan atau diperbarui. Jika perlu, lakukan pembaruan agar corporate identity tetap relevan dan sesuai dengan visi perusahaan.

Jasa SEO

Tantangan dan Kesalahan Umum dalam Membangun Corporate Identity

Tidak jarang terjadi kesalahan dan tantangan yang umum terjadi dalam membangun corporate identity. Seperti apa tantangannya?

1. Kurangnya Konsistensi dan Koherensi

Menjaga konsistensi dan koherensi dalam penggunaan corporate identity di semua aspek perusahaan harus terimplementasikan. Hal ini mencakup penggunaan yang konsisten dari logo, warna, tipografi, desain grafis, dan bahasa komunikasi perusahaan. Kurangnya konsistensi dapat membingungkan pelanggan dan mengurangi efektivitas identitas perusahaan.

2. Tidak Mengikuti Perkembangan Pasar dan Tren

Corporate identity yang tetap sama dari waktu ke waktu bisa terlihat kuno atau tidak relevan. Penting untuk selalu mengikuti tren terbaru dalam desain, gaya komunikasi, dan preferensi pelanggan agar corporate identity tetap segar dan sesuai dengan perkembangan perusahaan dan pasar.

3. Mengabaikan Komunikasi Internal

Penting untuk melibatkan karyawan dan memastikan mereka memahami nilai-nilai perusahaan serta pentingnya konsistensi dalam penggunaan corporate identity. Karyawan yang terlibat dan memahami corporate identity akan menjadi duta yang efektif dalam mengomunikasikan identitas perusahaan kepada pelanggan dan mitra bisnis.

4. Keputusan Desain yang Kurang Tepat

Keputusan desain yang tidak dipertimbangkan dengan baik dapat merusak citra perusahaan. Penting untuk melibatkan ahli desain atau konsultan branding yang kompeten dalam mengambil keputusan desain yang tepat. Mereka dapat membantu menafsirkan nilai-nilai perusahaan ke dalam elemen-elemen visual yang efektif dan memastikan bahwa desain corporate identity mencerminkan karakter perusahaan dengan baik.

5. Kesulitan dalam Memperbarui Corporate Identity

Terkadang, perusahaan yang sudah lama berdiri atau yang memiliki identitas yang kuat kesulitan untuk melakukan perubahan pada corporate identity mereka. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan inovasi perusahaan. Penting untuk memiliki sikap yang terbuka terhadap perubahan dan memastikan corporate identity tetap relevan dengan terus melakukan evaluasi dan pembaruan.

Mempertahankan dan Mengelola Corporate Identity

Corporate identity yang sudah terbangun, perlu adanya pertahanan dan terkelola sebaik mungkin agar tetap diingat di kalangan khalayak luas. Bagaimana cara mempertahankannya?

1. Pemantauan dan Penegakan Kebijakan Branding

Pastikan semua departemen dan karyawan memahami dan mematuhi kebijakan penggunaan corporate identity yang telah tertetapkan. Awasi penggunaan corporate identity secara teratur untuk memastikan konsistensi dan kepatuhan terhadap pedoman branding. Jika ada pelanggaran, lakukan tindakan penyuluhan kepada karyawan tersebut.

2. Pembaruan dan Evolusi yang Terencana

Lakukan pembaruan dan evolusi yang terencana untuk menjaga kebaruan dan relevansi corporate identity. Terlibatlah dengan tim desain atau konsultan branding untuk merencanakan pembaruan tersebut. Penting untuk menjaga keseimbangan antara mempertahankan elemen identitas perusahaan yang sudah mapan dengan mengikuti perkembangan yang ada.

3. Pelatihan dan Pendidikan Karyawan

Berikan pelatihan tentang penggunaan yang benar dan efektif dari corporate identity kepada seluruh karyawan. Dengan memahami dan terlibat dalam penggunaan corporate identity, karyawan dapat menjadi duta yang efektif dalam mengomunikasikan identitas perusahaan kepada pelanggan dan mitra bisnis.

4. Keterlibatan dan Partisipasi Masyarakat

Corporate identity juga dapat berkembang melalui keterlibatan dan partisipasi masyarakat. Pertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat luas. Libatkan mereka dalam acara, kampanye sosial, atau program komunitas yang mencerminkan corporate identity dan nilai-nilai perusahaan Anda. Hal ini akan memperkuat citra merek dan memperluas jangkauan pengaruh perusahaan.

Kini, Anda sudah memahami pentingnya corporate identity dalam perusahaan, bukan? Jangan lupa untuk menerapkan langkah dalam membangun dan mempertahankan corporate identity di atas agar selalu diingat oleh khalayak luas. Terapkan juga corporate identity dalam strategi pemasaran yang digunakan, khususnya Digital Marketing.

Agar implementasi Digital Marketing yang telah terlaksana berhasil, gunakanlah layanan Digital Marketing dari ToffeeDev. Kami siap membantu Anda dalam memasarkan perusahaan secara digital dan tentunya memperhatikan corporate identity yang ingin diusung. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top