Apa yang Dimaksud dengan Key Partner BMC dan Pentingnya dalam Membangun Bisnis yang Sukses

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk melibatkan orang atau perusahaan lain dalam bisnis Anda? Hal ini dikenal dengan Key partner. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan key partner dan bagaimana perannya dalam membangun bisnis yang sukses? 

Key Partners dalam Business Model Canvas (BMC) merujuk pada peran dan keterlibatan mitra bisnis yang mendukung operasi, serta pertumbuhan bisnis Anda. Key partner menjadi salah satu elemen penting dalam BMC karena dapat memberikan sumber daya, pengetahuan, atau akses yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan bisnis. 

Berikut adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan Key partners dalam BMC dan pentingnya mereka dalam membangun bisnis yang sukses, disertai contoh kasus dari berbagai industri:

Apa yang Dimaksud dengan Key Partner BMC

Apa yang Dimaksud dengan Key Partner BMC? 

Secara umum, Key partner adalah individu, perusahaan, atau organisasi lain yang berperan penting dalam mengoperasikan bisnis Anda. Mereka bisa menjadi rekan, pemasok, distributor, pihak berwenang, pemegang lisensi, atau mitra strategis lainnya yang membantu Anda mencapai tujuan bisnis. Key Partners juga dapat berperan dalam memberikan sumber daya fisik, finansial, atau hal lain yang diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

Sedangkan, BMC adalah alat yang digunakan untuk merancang model bisnis sebuah perusahaan. Umumnya, BMC terdiri dari sembilan elemen, termasuk Key Partners, Key Activities, Key Resources, Value Proposition, Customer Segments, Customer Relationships, Channels, Cost Structure, dan Revenue Streams.

Maka dari itu, key partners adalah elemen BMC, berupa pihak-pihak atau perusahaan lain yang bekerja sama dengan perusahaan Anda untuk mencapai tujuan bisnis. Key partners dalam BMC dapat berupa pemasok, produsen, hingga mitra teknologi.

Banner Ads - General 2

Pentingnya Key Partner dalam Membangun Bisnis

Key Partners sangat berperan penting dalam bisnis karena dapat membantu perusahaan Anda memperluas jangkauan, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya. Dengan bekerja sama dengan key Partners yang tepat tentunya akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis dengan lebih efektif. 

1. Akses ke Sumber Daya

Keunggulan pertama dari key Partners memberikan akses ke sumber daya yang mungkin sulit atau mahal untuk diperoleh secara mandiri, seperti teknologi, infrastruktur, bahan baku, atau modal. Contohnya, dalam industri teknologi, bekerja sama dengan perusahaan manufaktur chip dapat memberikan akses ke teknologi canggih tanpa perlu membangun pabrik sendiri.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Business Model Canvas dengan Mudah

2. Mengurangi Risiko 

Dengan mitra yang kuat, Anda dapat mengurangi risiko dalam bisnis, seperti masalah operasional dan finansial. Ketika Anda memiliki key partners yang berkomitmen untuk berbagai risiko, Anda dapat mengatasi kendala dan masalah yang muncul bersama. Contohnya, dalam industri farmasi, bekerja sama dengan laboratorium penelitian untuk menguji keamanan dan efektivitas obat-obatan akan dapat mengurangi pengeluaran biaya dan memastikan keamanan. 

Banner Ads - Ebook 2

3. Memperluas Jangkauan Pasar 

Bekerja sama dengan mitra yang memiliki jangkauan pasar lebih luas akan dapat membantu bisnis Anda mencapai lebih banyak pelanggan. Hal  Ini tentu dapat menghasilkan pertumbuhan penjualan tanpa harus menghabiskan waktu dan sumber daya yang banyak. Contohnya, dalam e-commerce adalah kerja sama antara produsen dengan toko online besar yang memiliki pelanggan tetap di banyak daerah. .

4. Inovasi dan Pengetahuan

Key Partners yang memiliki pengetahuan dan keahlian relevan tentu dapat memberikan wawasan yang berharga untuk mengembangkan produk atau layanan dengan lebih baik. Kerja sama seperti ini dapat membantu Anda menemukan inovasi baru yang mungkin tidak terpikirkan oleh tim Anda sendiri. Misalnya, perusahaan teknologi bekerja sama dengan universitas  untuk mengembangkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa atau dosen.  

Baca Juga: Membangun Value Proposition Canvas untuk Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Anda

5. Membuka Jejaring yang Luas

Mitra bisnis yang kuat dapat membawa koneksi dan hubungan yang penting dalam industri Anda. Hal ini tentunya dapat membantu Anda membangun reputasi dan mendapatkan akses ke pelanggan atau pihak berwenang yang mungkin sulit dijangkau secara mandiri. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan klien atau kenalan mitra bisnis untuk bekerja sama. 

Contoh Key Partners dari Berbagai Industri

Contoh Key Partners dari Berbagai Industri

Dalam setiap industri, pemilihan key partners yang tepat dan menjalin kerja sama yang efektif tentu menjadi faktor kunci dalam membangun bisnis. Berikut merupakan beberapa contoh key partners dan perannya dalam berbagai industri. 

1. Industri Teknologi

Dalam industri teknologi, kerja sama dengan produsen komponen elektronik seperti Intel adalah contoh penting dari key partners. Dalam hal ini, Apple sebagai perusahaan yang terkenal dengan smartphone, laptop, dan perangkat lainnya mempercayai Intel sebagai mitra yang memberikan teknologi chip. 

Maka, hubungan key partners diantara keduanya dapat terlihat dari Intel sebagai pemasok utama prosesor komputer di seluruh dunia membantu Apple untuk memperoleh teknologi terbaik untuk mendorong kualitas produk-produknya. 

Baca Juga: Knowledge Management System: Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

2. Industri Kuliner 

Dalam industri kuliner, key partners seringkali berperan sebagai pemasok bahan makanan. Kerja sama yang baik dengan pemasok akan membantu restoran untuk menjaga kualitas hidangan, menyajikan variasi menu, serta memenuhi harapan pelanggan dalam hal rasa dan kualitas. Hal ini juga dapat membantu restoran membangun reputasi positif di industri makanan. 

Sebagai contoh, McDonald’s sangat bergantung pada pasokan kentang yang berkualitas untuk menyajikan produk kentang goreng. Untuk itu, mereka menjalin hubungan jangka panjang dengan pemasok kentang terbaik, seperti Simplot yang memiliki infrastruktur pertanian dan pengiriman yang canggih.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas: Pengertian, Elemen, Tips, dan Contohnya

3. Industri Penerbangan 

Dalam industri penerbangan, maskapai tentu perlu memastikan armada pesawat dalam kondisi terbaiknya untuk memberikan penerbangan yang aman, nyaman, dan efisien kepada penumpang. Sehingga sangat penting untuk menjalin hubungan kerjasama dengan produsen pesawat terpercaya. 

Sebagai contoh, maskapai penerbangan seperti Singapore Airlines atau Emirates bermitra dengan produsen pesawat terkemuka seperti Boeing atau Airbus. Maskapai ini memperoleh pesawat terbaru dari produsen pesawat mereka untuk memperbarui armada dan memenuhi permintaan perjalanan yang tinggi.

Banner Ads - Lead Gen 2

4. Industri Digital Marketing 

Dalam industri digital marketing, agensi pemasaran digital perlu mengakses platform online yang populer untuk menjalankan kampanye iklan yang efektif. Kerja sama dengan platform iklan online terkemuka membantu agensi untuk menyediakan solusi pemasaran digital yang efisien kepada klien. 

Sebagai contoh, ToffeeDev sebagai partner google Ads memiliki akses ke alat, sumber daya, dan dukungan yang disediakan oleh Google untuk membantu klien mereka dalam merencanakan dan mengelola pemasaran digital yang efektif. Tentunya Ini memungkinkan Toffeedev untuk memberikan layanan dan hasil yang lebih baik kepada klien. 

Mengenal apa yang dimaksud dengan key partners beserta perannya merupakan langkah yang tepat untuk membangun bisnis Anda. Dengan kolaborasi yang baik, Anda akan dapat memaksimalkan peluang pertumbuhan, mengurangi risiko, dan memperkuat daya saing bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif.

Di setiap industri manapun, kerja sama dengan key partners memiliki peran penting dalam memastikan kelangsungan bisnis, kualitas produk atau layanan, dan kemampuan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Namun, dalam industri manapun yang sedang Anda jalankan, bekerjasama dengan digital marketing agency sangatlah penting untuk memperkenalkan produk Anda. 

ToffeeDev merupakan digital marketing agency terkemuka yang telah menjadi mitra terbaik untuk berbagai bisnis. Bekerja sama dengan ToffeeDev akan dapat memberikan beragam keunggulan yang signifikan dalam mempromosikan setiap produk terbaik Anda. Kami berkomitmen penuh untuk mencapai hasil yang signifikan dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda dengan mengenalkan produk atau layanan terbaik Anda dan mencapai audiens yang lebih luas di dunia digital.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim ToffeeDev sekarang dan jadilah mitra kami. 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat