Direct Marketing, Advertising, Promotion & Publicity. Mana Yang Anda Pilih?

direct marketing
Saya sangat menyarankan Direct Marketing untuk kebanyakan bisnis, besar maupun kecil. Direct Marketing secara konsisten memberikan hasil terbaik untuk setiap rupiah yang dikeluarkan.
Tapi ijinkan saya membagikan 3 jenis pemasaran yang lain yaitu advertising, promotion dan marketing -yang memiliki tempat tersendiri- namun ditawarkan kepada Anda untuk alasan yang salah.

 

Pertama, ada agensi advertising, dan ini yang banyak digunakan oleh perusahaan besar (dan digunakan juga oleh perusahaan yang lebih kecil). Hal ini untuk memberitahukan kepada pelanggan dan/atau pemegang saham, “Ini siapa kami, Ini yang kami lakukan, dan kami perusahaan yang baik.” tetapi tidak pernah meminta seseorang untuk membeli atau mengambil tindakan apapun. Ini kenal juga dengan image building.

 

Beberapa contoh.
– Iklan tv yang diputar saat berita pagi dan acara lainnya.
– kebanyakan iklan dari bank
– billboard yang diletakkan di airport

 

Ini semua adalah institutional advertising. Agensi periklanan, konsultan suka untuk untuk menjual jenis ini karena tidak ada cara untuk mengukur keefektifannya. Apakah ini bekerja? Apakah ROI positif? Tidak ada yang tahu!

 

Berikutnya, pendekatan yang lebih masuk akal yang dikenal dengan nama Non-Measurable Response Advertising. Jenis ini menciba untuk menjual sesuatu, tapi tetap tidak bisa mempertanggungjawabkan hasilnya sendiri. Iklan TV untuk beberapa merk mobil masuk dalam kategori ini.

 

Tujuan dari iklan tersebut adalah untuk membuat anda cukup tertarik untuk pergi ke showroom dan melihat mobil yang ditawarkan, namun sebenarnya tidak ada cara untuk memberitahukan berapa banyak orang yang sebenarnya datang ke showroom karena tertarik setelah melihat iklan tersebut.

 

Apakah mereka datang karena hasil dari sebar brosur dari cabang? Siapa yang tahu?!

 

Banyak bisnis yang lebih kecil terjebak menggunakan cara ini: toko kelontong, pakaian dan department stores menjalankan iklan yang berkata, “Ada diskon saat ini, silahkan datang!”. Tetapi mereka tidak bisa membedakan berapa banyak yang datang karena iklan dibanding mereka yang memang ingin datang – atau berapa banyak yang datang dari satu media dibanding dengan iklan yang sama di media lain.

 

Mereka bisa menebak dengan menghitung jumlah pengunjung minggu ini, dikurangi jumlah pengunjung minggu lalu, dan mengatakan selisih-nya itu dikarenakan iklan, tapi ini akan menjadi lebih sulit saat mereka menggunakan koran, dua stasion radio dan flyers. Bagaimana kita bisa menentukan mana yang bekerja dan mana yang tidak?

 

Sekali lagi, Agensi iklan suka untuk menawarkan iklan seperti ini karena sulit untuk pemasang iklan untuk mengukur hasil mereka.

 

Jenis lain adalah Public Relations dan Publicity. Ada beberapa perusahaan yang bisa anda gunakan untuk mempersiapkan berita dan artikel tentang produk atau jasa dari perusahaan Anda. Tugas mereka adalah memuat semua berita di berbagai media.

 

Perusahaan ini juga bisa mengatur wawancara dan talkshow. Walaupun Anda bisa mengukur kinerja mereka dengan mengukur exposure yang mereka dapatkan untuk Anda, secara umum sulit untuk mengukur seberapa besar bisnis yang didapatkan dari exposure tersebut.

 

Juga dalam kategori ini adalah sponsorship dalam acara kecil atau conference atau acara lainnya.

 

ketiga jenis pemasaran ini memiliki keuntungan tersendiri dan memiliki tempat masing-masing dalam rencana pemasaran secara keseluruhan. Tetapi menurut saya, metode ini dibesar-besarkan dan terlalu dijual kepada clients oleh media dan para professional karena ketidakinginan mereka untuk mengukur hasil dari kegiatan pemasaran.

 

Ini juga opini saya bahwa kebanyakan bisnis, pemilik bisnis kecil dan eksekutif dari perusahaan besar membuang anggaran yang besar untuk menjalankan opsi pemasaran yang tidak bisa diukur ini.

 

Saya pribadi lebih suka mengeluarkan anggaran dimana hasil yang bisa didapatkan dapat diukur, agar saya dapat melakukan perubahan untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap rupiah yang saya keluarkan.

 

Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus menerapkan Direct Marketing.
Daripada Anda membuang anggaran secara percuma untuk bisnis Anda, diskusikan dengan kami untuk membuat strategi yang tepat dan terukur. Atur janji temu selama 30 menit dengan tim disini.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top