Opportunity: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya

opportunity adalah

Opportunity adalah kata yang sering kita dengar dalam konteks bisnis. Namun, seberapa banyak yang sebenarnya kita pahami tentang konsep ini dan bagaimana pengaruhnya dalam pengambilan keputusan bisnis? Di samping itu, hal lain yang jarang diketahui adalah dalam menjalankan kehidupan, setiap orang pun pasti pernah berkaitan dengan opportunity ini.

Jadi sebenarnya apa itu opportunity? Dalam artikel ini, ToffeeDev akan membahas lebih lanjut tentang konsep opportunity cost, termasuk fungsi, ciri-ciri, dan cara menghitungnya, sehingga Anda dapat memahami konsep ini dengan lebih baik dan menerapkannya dalam pengambilan keputusan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Opportunity dalam Bisnis?

Opportunity dalam bisnis merujuk pada situasi atau kondisi yang memungkinkan untuk memperoleh keuntungan atau laba dari suatu aktivitas bisnis. Dalam konteks bisnis, opportunity berkaitan dengan konsep yang timbul akibat adanya kelangkaan pada sebuah produk dan kebutuhan serta keinginan yang besar dari masyarakat.

Opportunity dapat menjadi faktor kunci dalam kesuksesan bisnis karena memungkinkan bisnis untuk menghasilkan keuntungan dan berkembang secara berkelanjutan. Namun, pengambilan keputusan bisnis yang cerdas dan strategis diperlukan untuk memanfaatkan peluang yang ada. 

Untuk itu, bisnis harus melakukan analisis risiko dan mengembangkan strategi yang tepat untuk memaksimalkan potensi keuntungan yang ditawarkan melalui opportunity yang muncul.

Dalam mengidentifikasi opportunity, bisnis harus memperhatikan trend pasar dan mengidentifikasi kebutuhan serta keinginan konsumen. Hal ini dapat dilakukan melalui riset pasar dan analisis data untuk mendapatkan informasi seputar celah di pasar yang memberikan peluang besar. 

Selain itu, bisnis juga harus memperhatikan perkembangan teknologi dan perubahan regulasi yang dapat memengaruhi peluang bisnis. Opportunity juga dapat berasal dari keterampilan, keahlian, dan pengalaman yang dimiliki oleh para pelaku bisnis. 

Hal ini dapat memungkinkan mereka untuk menawarkan produk atau layanan yang unik dan memenuhi kebutuhan khusus pasar yang ada. 

Di samping itu, opportunity cost diartikan sebagai kesempatan yang hilang dilihat dari dari pilihan yang tidak dipilih. Sebagai contoh, ketika Anda hanya memiliki uang sebesar Rp100.000 dan dihadapkan pada 2 kebutuhan penting yaitu sabun mandi atau produk perawatan wajah. 

Namun, karena di waktu yang sama, perawatan wajah masih bisa dilakukan dengan beberapa rangkaian lainnya, Anda memilih membeli sabun mandi. Dalam kesempatan ini, Anda kehilangan kesempatan untuk merawat wajah secara lebih optimal sebab Anda tidak menggunakan rangkaian yang sempurna. 

Apa Saja Fungsi Opportunity Cost?

Opportunity cost pada dasarnya merujuk pada nilai alternatif yang dikorbankan ketika memilih satu pilihan daripada yang lainnya. Dalam bisnis, opportunity cost dapat diartikan sebagai biaya kesempatan yang harus dikeluarkan untuk memilih satu alternatif daripada yang lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi opportunity cost dalam bisnis:

1. Membantu dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Fungsi pertama opportunity cost adalah membantu dalam pengambilan keputusan bisnis dengan mengidentifikasi konsekuensi melalui pemilihan alternatif satu dengan yang lainnya. Dalam memilih antara dua pilihan, bisnis harus mempertimbangkan opportunity cost dari masing-masing pilihan untuk menentukan yang paling menguntungkan.

2. Menilai Nilai Alternatif dari Investasi

Pada praktiknya, opportunity cost dapat digunakan untuk menilai nilai alternatif dari investasi. Sebelum melakukan investasi, bisnis harus mempertimbangkan opportunity cost yang ada saat menginvestasikan dana tersebut ke dalam beberapa alternatif seperti saat memilih deposito atau obligasi. 

Banner - Ads General

3. Mendorong Efisiensi Dan Penghematan Biaya

Opportunity cost dapat mendorong efisiensi dan penghematan biaya dalam bisnis dengan mendorong pengambilan keputusan yang paling tepat. Bisnis dapat mempertimbangkan opportunity cost dari berbagai alternatif untuk memilih alternatif yang paling efisien dan hemat biaya.

Baca Juga: 3 Strategi Meraih Peluang Bisnis dengan SEO Marketing

4. Memaksimalkan Peluang

Memahami konsep biaya kesempatan merupakan bagian penting dalam memaksimalkan peluang. Sebagai contoh, peluang untuk mengembangkan bisnis, peluang untuk memperoleh dividen yang lebih tinggi, atau peluang lainnya yang memiliki nilai ekonomi yang lebih besar.

Namun, untuk memperoleh peluang tersebut, tentu saja akan ada pilihan-pilihan sulit yang harus diambil dengan mengorbankan beberapa hal. Oleh karena itu, menghitung biaya kesempatan dapat membantu Anda menentukan pilihan yang paling menguntungkan.

Apa Saja Ciri-Ciri Opportunity Cost?

Untuk mengetahui apakah angka tersebut termasuk dalam opportunity cost, biaya peluang ini memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang perlu dipahami. Berikut adalah beberapa ciri-ciri opportunity cost:

1. Tidak Terukur secara Langsung

Opportunity cost tidak dapat diukur secara langsung karena melibatkan nilai alternatif yang dikorbankan. Sebagai contoh, jika bisnis memilih untuk menginvestasikan dana ke dalam satu alternatif, opportunity cost dari memilih alternatif lainnya tidak dapat diukur secara langsung.

2. Bergantung pada Pilihan yang Dibuat

Opportunity cost bergantung pada pilihan yang dibuat dan dapat berubah tergantung pada pilihan tersebut. Sebagai contoh, jika bisnis memilih untuk menginvestasikan dana ke dalam satu alternatif, opportunity cost dari memilih alternatif lainnya akan berubah tergantung pada perubahan kondisi pasar dan ekonomi.

Banner - Ebook Ads

3. Harus Dipertimbangkan dalam Pengambilan Keputusan

Opportunity cost harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan bisnis untuk memastikan pilihan yang diambil memberikan nilai yang paling menguntungkan dari sudut pandang ekonomi. Bisnis harus mempertimbangkan opportunity cost dari setiap alternatif sebelum memutuskan pilihan yang terbaik.

Baca Juga: Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

4. Memiliki Implikasi Jangka Panjang

Opportunity cost memiliki implikasi jangka panjang karena dapat memengaruhi kinerja dan pertumbuhan bisnis. Dalam memilih antara dua alternatif, bisnis harus mempertimbangkan implikasi jangka panjang dari memilih satu alternatif daripada yang lainnya.

Bagaimana Cara Menghitung Opportunity Cost?

Menghitung opportunity cost membutuhkan pemahaman yang jelas tentang konsep ini dan keahlian dalam analisis ekonomi. Berikut adalah beberapa cara menghitung opportunity cost dalam bisnis:

1.Cara menghitung

Pada dasarnya, setiap individu di luar dunia bisnis pun pasti akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang membingungkan dan sama-sama penting. Anda mungkin sudah banyak mengorbankan banyak hal untuk memilih satu hal lain yang menjadi prioritas utama. Sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung opportunity cost ini. Berikut merupakan rumus perhitungannya:

Opportunity cost = Nilai yang dikorbankan – nilai yang didapatkan

Banner - Lead Gen Ads

2. Contoh Opportunity Cost

Setelah mengetahui cara menghitung opportunity cost sekarang Anda mungkin dapat mempertimbangkan pilihan dari 2 alternatif yang tersedia. Jika masih bingung, Anda bisa melihat contoh kasus berikut ini.

Sebuah bisnis memilih untuk menginvestasikan dana yang dimiliki ke dalam saham dengan nilai sebesar Rp10.000.000. Pilihannya, perusahaan dapat melakukan pembelian saham pada 2 aset perusahaan lain yang berbeda. Pada PT. A di platform reksa dana karena terlihat menguntungkan dibandingkan PT. C.

Ternyata 4 bulan kemudian, dividen yang dibagikan oleh PT. C justru lebih besar yaitu sebesar Rp1.000.000 dibandingkan dengan PT. A yang hanya sebesar Rp500.000. Dalam hal ini, Anda telah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan mendapatkan nilai yang lebih kecil atas pilihan tersebut. 

Jadi, apakah sekarang Anda sudah memahami maksud dari opportunity? Secara sederhana, opportunity adalah peluang yang muncul dari sebuah kebutuhan dan keinginan. Jadi sebelum menjalankan bisnis, pastikan Anda mengenal opportunity cost sebab penting untuk menentukan pilihan yang tepat.

Kesuksesan bisnis tidak hanya ditetapkan oleh bagaimana produk dapat melihat peluang yang tersedia di pasar dan memenuhi kebutuhan permintaan pasar. Namun juga ditentukan oleh bagaimana produk dipromosikan agar masyarakat dapat mengenal dan tertarik untuk membelinya. 

Dalam hal ini apa yang bisa dilakukan? Tentu saja memanfaatkan digital marketing. Melihat dari kebutuhan tersebut, ToffeeDev yang merupakan digital marketing agency terkemuka di Indonesia menyediakan berbagai layanan dengan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan efektif agar dapat meningkatkan brand awareness ke masyarakat yang lebih luas.

Jika Anda tertarik, segera hubungi ToffeeDev. Melalui digital marketing yang tepat, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas sekaligus meningkatkan penjualan produk Anda. Konsultasikan kebutuhan pemasaran bisnis Anda secara gratis di ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat