Perbedaan Pemasaran dan Penjualan dalam Menjalankan Bisnis

perbedaan pemasaran dan penjualan

Perbedaan pemasaran dan penjualan pada dasarnya terletak pada objektivitas akhir dari aktivitas marketing. Penjualan itu berorientasi pada laba yang besar tetapi tidak mementingkan kepuasan konsumennya, sedangkan pemasaran lebih berorientasi pada laba dan juga mementingkan kepuasan konsumennya. Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan penjualan dan pemasaran:

Konsep Penjualan

Konsep Penjualan memiliki fokus pada penjualan produk. Karena itu, konsep ini lebih mengedepankan produk atau layanan yang ditawarkan sebaik-baiknya, lalu nanti baru dipikirkan bagaimana cara menjual produk tersebut. Ingat yang dikedepankan adalah produk atau layanan. Secara implisit pandangan konsep penjualan adalah:

  1. Konsumen mempunyai kecenderungan normal untuk tidak membeli produk atau layanan yang tidak penting atau kurang sesuai dengan kebutuhan konsumen

  2. Konsumen dapat didorong untuk membeli lebih banyak melalui berbagai peralatan atau usaha-usaha yang mendorong pembelian

  3. Tugas perusahaan adalah untuk mengorganisasi bagian yang sangat berorientasi pada aktivitas penjualan sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan langganan.

Baca Juga : Apa itu SEO On-Page dalam Pemasaran Digital?

Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran yaitu memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya. Konsep pemasaran mengandung tiga dasar pokok :

  1. Perencanaan dan operasinya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen.

  2. Semua aktivitas pemasaran  dilakukan secara terpadu (integrated marketing).

  3. Tujuan akhirnya adalah memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan konsumen semaksimal mungkin.

Baca Juga : Kenalan dengan Teknik Cross Selling yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

Meski sama-sama berusaha meningkatkan penjualan. Konsep atau strategi pemasaran ini mengedepankan apa kebutuhan konsumen dan apa yang diinginkan oleh pasar, baru setelah diketahui kita buat barang atau jasa yang dapat memenuhi keiinginan pasar tersebut. Dalam konsep ini tuntutan pasar yang didahulukan dan produk adalah hasil dari survei pasar tadi.

Jasa SEO

Konsep yang mana yang lebih unggul? Baik strategi penjualan maupun pemasaran, keduanya sama-sama memiliki keunggulan, akan tetapi konsep pemasaranlah yang lebih fleksibel. Proses penjualan lebih kaku dalam hal ini karena belum tentu produk atau jasa yang kita hasilkan disukai oleh pasar. Apalagi dalam proses pemasaran juga bisa disisipkan penjualan tapi diikuti inovasi agar sesuai selera target pasar. Pemasaran yang saat ini banyak dipraktekkan oleh banyak perusahaan, itulah sebabnya seringkali sebelum memproduksi massal sebuah produk baru perusahaan sering membuat sampel yang dibagikan gratis untuk menguji reaksi dan tanggapan calon konsumen.

Nah, kedua variabel pemasaran dan penjualan ini bisa dikombinasikan dengan perantara marketing tools. Saat ini kita mengenal strategi push dan pull marketing. Dalam dunia digital marketing,  konsep push biasanya mengarah kepada hard selling, bisa menggunakan ads dengan berbagai macam promosinya untuk mendorong target audiens melakukan transaksi.

Sedangkan konsep pull dalam dunia digital marketing, biasanya mengedepankan citra dan brand awareness, bagaimana mendapatkan referral, pengunjung organik, traffic yang bisa menjadi sebuah nilai konversi atau penjualan. Industri saat ini sangat mengedepankan fungsi website, karena website sangat efektif dan efisien untuk melakukan kedua konsep tersebut, yaitu pemasaran dan penjualan 

Baca Juga : Contoh Marketing Plan: Strategi dan Rencana Pemasarannya

Satu platform dengan integrasi tools marketing yang dinamis akan membuat brand anda semakin dipercaya kredibilitasnya oleh konsumen. Jika Anda tertarik untuk menggunakan website, simak terlebih dahulu gambaran besar budget pembuatan website. Setelahnya, barulah Anda bisa menghubungi kami di sini untuk mulai merancang website.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan berkomentar jika merasa ada hal yang membingungkan! Terima kasih dan jangan lupa membaca artikel-artikel Toffeedev lainnya seputar dunia digital marketing.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top