10 Keuntungan Telegram untuk Bisnis, Kaya akan Fitur!

telegram untuk bisnis

Di era digital ini, menjangkau pelanggan dan membangun bisnis yang sukses membutuhkan strategi yang tepat. Salah satu platform yang patut dipertimbangkan untuk strategi bisnis Anda adalah Telegram. Telegram bukan sekadar aplikasi mengirim dan menerima pesan biasa. Platform ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang. Lantas, apa saja manfaat Telegram untuk bisnis?

Pada kesempatan kali ini, ToffeeDev akan menjabarkan sejarah peluncuran dan perkembangan Telegram serta berbagai manfaatnya untuk digunakan berbisnis. Agar Anda dapat memahaminya dengan baik, simak sampai selesai artikel di bawah ini!

Apa Itu Telegram?

Telegram adalah platform pesan instan dan multi-platform yang aman dan terenkripsi. Platform ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan teks, foto, video, dan file dengan mudah. Telegram juga memiliki fitur grup dan saluran yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.

Awal Mula Peluncuran dan Perkembangan Telegram

Tanggal 14 Agustus 2013, Telegram dirilis untuk pertama kalinya untuk pengguna iOS. Tidak lama setelahnya, tepatnya tanggal 20 Oktober 2013, versi Telegram untuk pengguna Android juga resmi dirilis, sehingga membuka pintu bagi pengguna Android untuk bergabung dengan platform ini. Di awal-awal kemunculannya, Telegram terlihat seperti aplikasi pesan instan biasa. Namun sebenarnya, aplikasi ini menawarkan lebih dari sekadar itu.

Popularitas Telegram mulai meningkat pesat pada tahun 2014, khususnya setelah banyak aktivis dan jurnalis mulai menggunakannya di Ukraina. Keamanan dan enkripsi yang ditawarkan oleh Telegram menjadi poin penting bagi mereka yang membutuhkan platform yang aman untuk berkomunikasi.

Fitur enkripsi end to end ini menjadi nilai tambah yang signifikan bagi mereka yang peduli tentang privasi dan keamanan data mereka secara online. Hal ini membuat Telegram makin diminati tidak hanya oleh aktivis dan jurnalis, tetapi juga oleh pengguna umum yang prihatin tentang privasi mereka dalam berkomunikasi online.

Awal Mula Peluncuran dan Perkembangan Telegram

Keuntungan Telegram untuk Bisnis

Terdapat berbagai keuntungan jika Anda menggunakan Telegram untuk berbisnis yang tentunya akan mempermudah dan membuat tujuan bisnis dapat tercapai. Berikut keuntungan Telegram untuk bisnis.

Baca Juga: Cara Menggunakan Telegram Untuk Membangun Bisnis

1. Kapasitas Grup yang Besar

Telegram memungkinkan Anda untuk membentuk grup dengan hingga 200.000 anggota, sebuah fitur yang sangat menguntungkan bagi bisnis dengan komunitas besar atau basis pelanggan yang luas.

Melalui kapasitas sebesar itu, Anda dapat dengan mudah terhubung dengan banyak orang sekaligus, memfasilitasi diskusi, pertukaran ide, dan kolaborasi antar anggota grup. Hal ini membantu membangun interaksi yang lebih kuat dengan audiens serta memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan efisien dan efektif dalam skala besar.

Banner Ads - General 2

2. Saluran Broadcast

Saluran Telegram memungkinkan Anda untuk menyiarkan pesan dan pembaruan kepada audiens yang tidak terbatas, tanpa adanya batasan jumlah pengikut. Fitur ini merupakan alat yang sangat berguna untuk menyampaikan informasi penting, berita terkini, promosi produk atau layanan, dan konten menarik lainnya kepada pelanggan secara langsung dan cepat.

3. Berbagi File Besar

Salah satu keuntungan utama Telegram adalah kemampuannya untuk berbagi file dalam ukuran yang besar, hingga 2GB. Fitur ini sangat berguna bagi bisnis yang seringkali perlu mengirimkan dokumen, video, gambar berkualitas tinggi, atau file-file lainnya kepada pelanggan atau anggota tim mereka.

Melalui kemampuan untuk berbagi file dalam ukuran yang besar, Anda dapat dengan mudah mengirimkan materi promosi, katalog produk, presentasi, atau file penting lainnya tanpa perlu khawatir tentang batasan ukuran file.

4. Fitur Bot

Telegram menawarkan fitur bot yang dapat digunakan untuk otomatisasi berbagai tugas dalam bisnis. Anda dapat membuat bot untuk menjawab pertanyaan umum, memberikan layanan pelanggan, menangani pemesanan, atau bahkan menjalankan survei atau pemungutan suara.

Fitur bot ini memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi operasional Anda, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan, dan menghemat waktu dan tenaga dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga: Googlebot, Robot yang Akan Indexing Website Anda

5. Keamanan dan Privasi

Keuntungan lainnya Telegram untuk bisnis adalah keamanan yang terjamin. Telegram menawarkan enkripsi end to end untuk semua pesan dan panggilan, sehingga memastikan bahwa komunikasi Anda dengan pelanggan atau anggota tim aman dan terlindungi dari akses yang tidak sah. Keamanan yang terjamin ini membuat Anda dapat berkomunikasi dengan percaya diri dan tenang, tanpa perlu khawatir tentang privasi atau keamanan data.

Banner Ads - Ebook 2

6. Multi-Platform

Aplikasi Telegram tersedia di berbagai platform, termasuk smartphone, tablet, dan desktop, sehingga memudahkan akses dari mana saja dan kapan saja. Pelanggan Anda dapat mengakses Telegram dari perangkat apa pun yang mereka sukai, baik itu saat mereka sedang bepergian, di kantor, atau di rumah. Kemampuan untuk mengakses Telegram dari berbagai platform meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan, memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan di semua waktu dan situasi.

Multi-Platform

7. Fitur Penjadwalan Pesan

Telegram menawarkan fitur penjadwalan pesan yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pesan untuk dikirim di waktu yang tepat. Fitur ini sangat berguna untuk pengumuman penting, promosi yang terjadwal, atau pesan ulang tahun kepada pelanggan. Melalui fitur ini, Anda dapat memastikan bahwa komunikasi dapat terjalin selalu dan relevan, tanpa perlu khawatir tentang lupa atau kekurangan waktu untuk mengirimkan pesan.

Baca Juga: Ketahui Jadwal Posting Instagram yang Tepat, Jangkau lebih Banyak Pengguna!

8. Obrolan Rahasia

Aplikasi Telegram juga menawarkan fitur obrolan rahasia dengan tingkat keamanan dan privasi tambahan untuk komunikasi yang sangat sensitif. Obrolan rahasia menggunakan fitur yang memastikan bahwa pesan-pesan Anda tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang dan akan dihapus secara otomatis setelah waktu tertentu. Fitur ini sangat berguna untuk komunikasi antara bisnis dan klien, pertukaran informasi rahasia, atau diskusi tentang hal-hal yang bersifat pribadi.

9. Gratis Digunakan dan Tanpa Batasan

Kelebihan Telegram untuk bisnis adalah bahwa aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tanpa adanya batasan dalam berkirim pesan. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan atau batasan pesan ketika menggunakan Telegram untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau anggota tim Anda. Hal ini membuat Telegram menjadi pilihan yang sangat ekonomis dan praktis bagi bisnis kecil maupun besar.

Banner Ads - Lead Gen 2

10. Mencapai Pelanggan Tanpa Nomor

Cukup menggunakan username Telegram, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan tanpa perlu memerlukan nomor telepon mereka. Selain itu, pelanggan juga dapat mencari nama bisnis dan bergabung dengan channel Anda dengan mudah sehingga meningkatkan visibilitas bisnis secara online.

Dari berbagai keunggulan dan fitur yang kaya, Telegram menjadi pilihan yang cerdas bagi bisnis dalam menjalankan strategi komunikasi dan pemasaran. Kapasitas grup yang besar hingga fitur keamanan yang unggul, Telegram menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern.

Namun, dalam mengoptimalkan penggunaan Telegram untuk bisnis, mungkin Anda memerlukan bantuan lebih lanjut dalam mengelola strategi digital secara menyeluruh. Di sinilah ToffeeDev hadir untuk membantu.

Sebagai penyedia jasa Digital Marketing, kami menyediakan layanan yang menyeluruh, mulai dari optimasi website, SEO, iklan media sosial, hingga strategi konten yang efektif. Melalui cara tersebut, kami dapat meningkatkan kehadiran online bisnis Anda, menjangkau audiens yang lebih luas, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam dunia digital.

Jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini dan menjadwalkan konsultasi lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu mengembangkan bisnis Anda secara online!

Share this post :

Scroll to Top