7 Tips Meningkatkan SEO Youtube Agar Views Video Meningkat

meningkatkan seo youtube

Jika Anda ingin video di YouTube ditonton lebih banyak orang, maka Anda harus mengetahui cara meningkatkan SEO YouTube. Dengan meningkatkan SEO YouTube, video yang Anda unggah bisa memiliki kemungkinan yang lebih besar muncul di peringkat atas hasil pencarian dari orang-orang.

Jika video Anda sering muncul di peringkat atas hasil pencarian, maka kemungkinan video tersebut untuk diklik dan ditonton akan lebih besar. Dengan begitu, video Anda akan ditonton oleh lebih banyak orang. Menarik bukan?

Lantas, bagaimana sih cara meningkatkan SEO YouTube? Apa saja alat yang dapat membantu melakukan hal tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu SEO YouTube?

Apa itu SEO YouTube

SEO YouTube merupakan sebuah metode yang digunakan untuk melakukan optimasi pada video yang diunggah ke YouTube. Tujuan utama dilakukannya optimasi ini adalah agar jumlah penonton, jumlah klik ke video, dan lalu lintas lainnya terhadap video dapat meningkat.

YouTube sendiri adalah platform berbagi video yang sudah sangat populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, ada lebih dari jutaan video yang sudah diunggah ke platform tersebut. Dengan adanya banyak sekali video, YouTube juga memiliki mesin pencari video di dalamnya di mana Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci saja dan akan muncul berbagai video rekomendasi yang berkaitan.

Ketika Anda melakukan SEO YouTube dengan tepat dan baik, nantinya video milik Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh orang-orang. Ketika mereka mencari video dengan kata kunci tertentu, maka video Anda bisa muncul di peringkat atas jika memang kata kuncinya sesuai. Dengan begitu, lalu lintas terhadap video Anda akan meningkat.

Baca juga: Cara Daftar AdSense YouTube

Mengapa Anda Perlu Memahami SEO YouTube?

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan lalu lintas terhadap video Anda di YouTube adalah dengan menggunakan SEO YouTube. Maka dari itu, Anda perlu memahami cara melakukan metode ini agar video yang Anda unggah bisa memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk ditemukan oleh orang-orang.

Pada umumnya, video yang akan muncul di peringkat atas hasil pencarian YouTube adalah video dari channel YouTube yang memiliki jumlah subscriber besar. Walaupun begitu, Anda masih dapat bersaing dengan video dari channel besar jika menerapkan SEO YouTube ini.

7 Tips Meningkatkan SEO YouTube Channel Anda

SEO YouTube dapat membuat video Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian YouTube. Untuk meningkatkan SEO YouTube channel Anda, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

1. Lakukan Riset Keyword

Tips meningkatkan SEO YouTube yang pertama adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci. Sama halnya dengan mesin pencari lain, mesin pencari pada YouTube juga akan memberikan rekomendasi keyword yang sering dicari oleh penonton YouTube. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Walaupun begitu, Anda tidak boleh terpaku terhadap keyword saja dalam membuat konten videonya. Masukkan saja keyword dengan volume pencarian tinggi yang berhubungan dengan video yang Anda buat. Jadi, gunakan keyword ini sebagai pembantu optimasi video saja, bukan sebagai fokus videonya.

Baca Juga: Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba

2. Unggah Video dengan Kualitas Terbaik

Tips meningkatkan SEO YouTube yang selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa video yang Anda unggah memiliki kualitas yang baik. Algoritma dari YouTube memang akan memastikan bahwa video yang relevan terhadap kata kunci akan muncul pada peringkat atas hasil pencarian, tetapi kualitas video juga merupakan salah satu faktor penentu.

YouTube akan memastikan bahwa video dengan kualitas terbaik yang berada di peringkat atas. Makin baik kualitas video Anda, maka akan makin besar juga kemungkinannya untuk berada di peringkat atas hasil pencarian. Pastikan kualitas video Anda minimal 720p dan juga perhatikan editing dari video tersebut.

Unggah Video

3. Selipkan Keyword di Judul

Sama halnya dengan SEO pada artikel atau website, SEO YouTube juga mewajibkan Anda untuk memasukkan keyword ke dalam judul video yang diunggah. Keyword yang ada pada judul akan menjadi umpan bagi algoritma YouTube untuk memberikan peringkat di hasil pencarian pada video Anda.

Pastikan keyword berada di bagian depan judul agar tingkat keberhasilannya makin meningkat. Selain itu, pastikan juga judul yang Anda buat tidak clickbait dan tidak terlalu panjang, sekitar 60 karakter saja sudah cukup.

4. Optimasi Deskripsi

Selain pada judul, pastikan juga deskripsi dari video yang Anda unggah memiliki keyword di dalamnya. Usahakan untuk memasukkan keyword di 100 kata pertama deskripsi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan CTA (call to action) atau kalimat ajakan pada akhir deskripsi video.

Baca Juga: Tutorial Membuat SEO Video Marketing

5. Masukkan Tag yang Sesuai

Ketika Anda mengunggah video di YouTube, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan tag pada video tersebut. Pastikan tag yang ditambahkan sesuai dengan keyword atau topik videonya. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan tag yang berhubungan dengan keyword tersebut atau turunannya.

6. Perhatikan Durasi Video

Sekarang YouTube sudah memiliki fitur yang dinamakan YouTube Shorts di mana video yang berdurasi pendek akan dimasukkan ke dalam kategori Shorts. Biasanya, video dengan durasi 1 menit atau kurang akan dimasukkan ke dalam kategori tersebut. Selain itu, jika Anda berencana untuk memonetisasi video Anda, maka sebaiknya Anda membuat video yang berdurasi di atas 5 menit karena hanya video dengan durasi tersebut yang bisa dipasangi adsense.

Perhatikan Durasi Video

7. Promosikan Video

Setelah mengunggah video ke YouTube, pastikan untuk mempromosikan video tersebut ke platform lain seperti media sosial Anda. Dengan begitu, jumlah penonton yang Anda dapatkan juga bisa lebih meningkat. Makin banyak video Anda ditonton, maka YouTube juga akan lebih sering merekomendasikan video Anda kepada penggunanya.

5 Rekomendasi Tools SEO YouTube

Untuk membantu meningkatkan SEO YouTube, ada beberapa alat atau tools yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah rekomendasi tools SEO YouTube yang dapat Anda gunakan.

1. Google Trends

Google Trends merupakan tools yang dapat membantu Anda mengetahui topik pencarian apa yang paling tren atau sering dicari dalam kurun waktu tertentu. Dengan menggunakan tools ini, Anda juga bisa mengetahui keyword apa saja yang memiliki volume paling banyak.

2. RapidTags

RapidTags adalah tools yang dapat membantu Anda menemukan tag untuk dipasang pada video Anda. RapidTags dapat merekomendasikan berbagai tag yang terkait dengan topik video YouTube Anda. Masukkan saja URL video atau topik konten Anda melalui RapidTags, setelah itu tools ini akan merekomendasikan tag yang sesuai.

Jasa SEO

3. TubeBuddy

TubeBuddy adalah salah satu tools yang dapat membantu Anda memaksimalkan metadata pada video YouTube. Selain itu, tools ini juga dapat membantu Anda memaksimalkan unsur lain seperti judul, anotasi, tag, dan masih banyak lagi.

4. Rival IQ

Rival IQ adalah tools yang dapat digunakan untuk menganalisis kompetitor dari channel YouTube Anda. Dengan menggunakan Rival IQ, Anda dapat mengetahui profil dari kompetitor. Anda akan dapat memiliki gambaran mengenai pertumbuhan channel kompetitor hingga kekuatan dan kelemahan mereka.

5. YouTube Analytics

YouTube Analytics adalah tools yang dapat membantu Anda mendeteksi performa video yang telah diunggah. Tools ini dapat memberikan Anda analisis seperti jangkauan konten, video apa yang paling disukai, serta informasi berguna lainnya.

Demikian adalah penjelasan mengenai cara meningkatkan SEO YouTube yang dapat kami sampaikan. Jika Anda tertarik menggunakan SEO untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev. Dapatkan lebih banyak pengunjung website untuk perkembangan bisnis melalui SEO. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat