Pengertian SEO – Apa Itu SEO?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan Anda. Optimasi SEO sendiri sangat bergantung pada mesin pencari. Sayangnya, banyak penggunaan strategi yang tidak tepat dapat meningkatkan bisnis Anda. Apabila hal itu terus dilanjutkan, bisnis Anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko bunga’, apabila ingin muncul di hasil pencarian halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus memaksimalkan strategi SEO

Masalahnya, spot tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat saja. Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 hasil pencarian. Untuk itulah Anda dapat memanfaatkan kerja SEO dengan tindakan optimasi website yang baik.

Fungsi dan Cara Kerja dari Search Engine Optimization (SEO)

Ada berbagai fungsi dan cara kerja dari SEO. Mengingat bagaimana strategi ini sangat berguna untuk website atau blog dari bisnis, Anda wajib mengenalinya lebih dalam. Untuk mengenali cara kerjanya dan fungsi strategi ini, inilah penjelasannya.

Fungsi SEO adalah meningkatkan trafik website secara pelan tapi pasti. Ya, SEO tidak hanya menawarkan keuntungan dari sisi brand awareness bagi pemilik website saja, tetapi membawa trafik organik yang dapat dipertahankan dan layak di mata Google.

Situs web yang dioptimasi tidak selamanya langsung mendapatkan trafik yang tinggi. Perlu berbagai macam pengerjaan yang terhitung pelik tapi seru. Untuk menentukan keywords mana yang ingin dioptimasi saja harus melihat siapa target market dari produk bisnis tersebut. Kalau sudah begini, berarti sudah saatnya masuk ke dalam pembahasan cara kerja dari SEO.

Ada lima poin utama dalam cara kerja SEO, yaitu:

  • Crawling dari mesin pencari untuk mengumpulkan berbagai informasi dari setiap halaman website tersebut. Mesin pencari Google tentunya memiliki crawler atau spider juga.
  • Indexing dilakukan untuk membuat indeks seluruh informasi dari setiap halaman website lalu disimpan ke dalam database mesin pencari.
  • Processing adalah proses ketika orang orang mengetik satu kata kunci di mesin pencari. Kemudian Google akan melakukan processing untuk membandingkan kata kunci yang dimasukkan pengguna internet dari setiap halaman website yang sudah tersimpan dalam database.
  • Calculating relevancy menjadi proses cara kerja selanjutnya karena ketika orang sudah memasukkan kata kunci yang ingin dicari, mesin pencari akan mulai melihat website mana yang paling relevan. Tentunya dari setiap halaman yang sudah terindeks oleh crawler.
  • Retrieving result adalah hasil yang paling relevan dari kata kunci yang sudah dimasukkan. Anda pasti sudah akrab dengan hal ini karena hasil itulah yang muncul di layar dengan berbagai website paling relevan dengan kata kunci tersebut.

Proses untuk mendapatkan peringkat yang baik pun bukan perkara mudah karena tidak hanya harus mengetahui algoritma Google saja. Anda juga harus sering membuat konten dengan kaidah SEO yang baik. Kalau sudah melakukan teknik SEO yang baik, sudah seharusnya dalam hasil pencarian Google, halaman web Anda bisa masuk.

Untuk mendapatkan penerapan strategi SEO yang baik dan maksimal untuk bisnis Anda, jangan lupa untuk menggunakan Jasa SEO dari ToffeeDev sekarang juga.

Yang perlu diperhatikan dalam SEO

Selain fungsi dan cara kerja dalam pengaplikasian SEO, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga:

1. Kompetisi

Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.

Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.

Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

2. Website

Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, Anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF).

Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari.

3. SEO Strategy

Banyak yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana mengaplikasikan strategi SEO. Tetapi perlu Anda ketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.

Mereka yang menyalahgunakan pengertian SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO.

Anda harus mengaplikasikan White-Hat-SEO. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa professional tepercaya. Perlu diketahui bahwa White-hat-SEO tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan.

Lebih baik Anda mendiskusikan penggunaan dan pengertian SEO kepada mereka yang telah mempelajari SEO sebelumnya atau kepada kami. Karena dalam melakukannya, akan ada beberapa hal yang perlu Anda mengerti hingga Anda mendapatkan hasil yang baik juga. SEO jika diterapkan dengan baik dan benar akan memberi dampak besar bagi bisnis Anda yang berkelanjutan. Maksimalkan potensi traffic untuk mendorong konversi pada website, pelajari selengkapnya Ilmu SEO bersama tim kami.

Kategori