Mengenal Teknik AIDA Dalam Penulisan Copywriting

aida copywriting

Copywriting merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis. Hal ini dikarenakan copywriting membantu meningkatkan efektivitas komunikasi penjualan yang dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Nah, teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) copywriting merupakan salah satu andalan untuk mencapai keberhasilan pesan promosi bisnis.

Teknik copywriting sendiri sebenarnya tidak hanya AIDA, terdapat banyak jenis lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, dapat dikatakan bahwa teknik AIDA ini adalah salah satu yang paling populer dan terbukti efektif untuk bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui informasi lengkap mengenai AIDA copywriting di bawah ini.

Apa Itu AIDA?

AIDA sendiri merupakan salah satu akronim dalam copywriting yaitu singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. AIDA adalah model copywriting yang digunakan untuk membantu meningkatkan efektivitas iklan atau komunikasi penjualan.

  • Attention (Perhatian): Ini adalah tahap pertama dalam AIDA, di mana iklan atau komunikasi penjualan harus menarik perhatian audiens.
  • Interest (Minat): Setelah menarik perhatian audiens, iklan atau komunikasi penjualan harus meningkatkan minat audiens dengan menyajikan informasi atau manfaat yang relevan.
  • Desire (Keinginan): Setelah meningkatkan minat audiens, iklan atau komunikasi penjualan harus menimbulkan keinginan audiens untuk memiliki produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Action (Tindakan): Setelah menimbulkan keinginan audiens, iklan atau komunikasi penjualan harus menyediakan tindakan yang jelas bagi audiens untuk mengambil tindakan, seperti mengklik tautan, menghubungi perusahaan, atau membeli produk.

Singkatnya, AIDA digunakan untuk membuat komunikasi yang efektif dengan menarik perhatian audiens, meningkatkan minat dan keinginan, serta menyediakan tindakan yang jelas bagi audiens untuk bertindak.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu AIDA Marketing

Mengapa AIDA Penting dalam Copywriting?

Bukan tanpa alasan, AIDA memiliki banyak peran penting untuk membuat copywriting yang berkualitas. Hal ini dapat berpengaruh pada kekuatan persuasif dari sebuah copywriting yang nantinya akan mengundang keuntungan besar untuk perusahaan bisnis Anda. Yuk ketahui apa saja yang menjadi alasan mengapa AIDA penting dalam copywriting di bawah ini.

1. Menarik Perhatian Audiens

Alasan pertama yang membuat AIDA penting adalah menciptakan nilai menarik untuk copywriting Anda. Hal ini akan membuat adanya ketertarikan audiens pada produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Dapat dikatakan bahwa teknik AIDA ini berperan penting untuk menarik audiens agar memperbesar potensi adanya komunikasi penjualan yang efektif.

2. Meningkatkan Minat atau Keinginan Audiens

Setelah menarik perhatian, AIDA juga mampu untuk meningkatkan minat audiens. Hal ini bisa saja terjadi karena sudah adanya ketertarikan sehingga menimbulkan minat atau keinginan kuat audiens. Biasanya, audiens akan mulai berpikir untuk bertindak berdasarkan copywriting yang ada.

Baca Juga: Memahami Konsep Pemasaran AIDA Dalam Sebuah Bisnis

3. Memberi Tindakan Jelas bagi Audiens

AIDA mampu memberikan tindakan yang jelas bagi audiens. Tanpa tindakan yang jelas, audiens mungkin tidak tahu bagaimana untuk bertindak setelah terpengaruh oleh komunikasi penjualan.

4. Komunikasi Efektif

Teknik AIDA memungkinkan sebuah produk copywriting menjadi sebuah komunikasi yang efektif. Dengan mengikuti model AIDA, copywriter dapat membuat komunikasi yang efektif dengan menarik perhatian audiens, meningkatkan minat dan keinginan, serta menyediakan tindakan yang jelas bagi audiens untuk bertindak.

banner

2 Contoh Penerapan AIDA dalam Copywriting

Setelah mengetahui pengertian dan peran penting AIDA dalam copywriting, cara penerapannya pun menjadi menarik untuk dibahas. Berikut ini merupakan beberapa contoh penerapan AIDA dalam copywriting yang perlu Anda ketahui.

1. Iklan Produk

Contoh pertama dari penerapan AIDA dalam copywriting adalah untuk menawarkan sebuah produk bisnis. Dalam kasus di bawah ini adalah mempromosikan produk perawatan kulit.

  • Attention:

“Ingin kulit yang sehat dan bercahaya? Cobalah produk perawatan kulit terbaru kami!”

  • Interest:

Ssttt.. produk ini mengandung bahan dermatologis yang punya banyak manfaat untuk kulit. Tanda-tanda penuaan? hussh! kesehatan kulit? yes!

  • Desire:

“Bersama produk perawatan kulit kami, mimpi Anda untuk terlihat awet muda akan menjadi kenyataan.”

  • Action:

“Tunggu apa lagi? Yuk segera datangi official store terdekat. Buktikan efektivitasnya dan rasakan perbedaan kulit Anda hanya dalam waktu beberapa minggu saja!”

Dalam contoh ini, iklan memulai dengan menarik perhatian audiens dengan pertanyaan yang menarik. Kemudian, iklan menyajikan informasi tentang produk yang meningkatkan minat audiens. Setelah itu, iklan menimbulkan keinginan audiens untuk memiliki produk yang ditawarkan dan memberikan tindakan yang jelas bagi audiens untuk bertindak dengan menyediakan informasi tentang di mana produk dapat dibeli.

Baca Juga: Memanfaatkan Konsep AIDA untuk Content Writing

2. Iklan Layanan Jasa

Perusahaan bisnis Anda menawarkan layanan jasa? Tenang, berikut ini merupakan salah satu contoh penerapan AIDA dalam copywriting untuk promosi layanan marketing.

  • Attention:

“Ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda? Kami dapat membantu Anda!”

  • Interest:

“Layanan jasa marketing kami dapat membantu peningkatan brand awareness dan juga penjualan. Tenang, semua dapat diatur bahkan mulai dari analisis pasar hingga pelaksanaan kampanye efektif.”

  • Desire:

“Strategi marketing tepat dapat mewujudkan branding dan keuntungan bisnis optimal. Tenang, jasa marketing kami siap membantu Anda mencapai kesuksesan bisnis itu!.”

  • Action:

“Tunggu apa lagi? Yuk segera hubungi kami dan mulai tingkatkan penjualan bisnis Anda!”

Dalam contoh ini, iklan memulai dengan menarik perhatian audiens dengan pertanyaan yang menarik. Kemudian, iklan menyajikan informasi tentang layanan jasa marketing yang meningkatkan minat audiens. Setelah itu, iklan menimbulkan keinginan audiens untuk menggunakan layanan yang ditawarkan dan memberikan tindakan yang jelas bagi audiens untuk bertindak dengan menyediakan informasi tentang cara menghubungi perusahaan.

Jadi, apakah copywriting Anda sudah menggunakan teknik AIDA? Penggunaan teknik yang satu ini memang menjadi yang terpopuler di antara teknik yang lainnya. Setelah membaca informasi di atas, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk implementasi teknik AIDA dalam copywriting bisnis. Tentunya, menggunakan bantuan profesional akan lebih menguntungkan.

Menggunakan jasa SEO dapat menjadi andalan tepat untuk atasi masalah copywriting dan juga konten bisnis Anda. Butuh layanan jasa lain? Tenang, berbagai layanan jasa dari Toffeedev siap membantu branding bisnis Anda. Hubungi Toffeedev sekarang juga, segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama kami.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat