Mengenal Apa Itu Hashtag

apa itu hashtag

Siapa yang tak kenal hashtag? Anda yang aktif menggunakan media sosial pasti sering menjumpai hashtag, bahkan Anda mungkin pernah ikut andil dalam meramaikan hashtag tertentu. Lantas, apa itu hashtag?

Hashtag mungkin jadi salah satu fitur media sosial yang sulit dipahami dalam sekali penggunaan. Namun, begitu Anda memahami cara penggunaannya, hashtag bisa menjadi bagian dari kegiatan pemasaran digital yang efektif. Pada dasarnya, hashtag adalah cara untuk menyatukan konten atau obrolan dalam satu topik tertentu. Dengan mencantumkan hashtag pada konten digital Anda, konten tersebut punya peluang lebih besar untuk dilihat target audiens.

Jika Anda menggunakan media sosial untuk memasarkan brand dan produk/layanan Anda, hashtag seharusnya menjadi salah satu fitur yang wajib untuk digunakan. Yuk, simak penjelasan apa itu hashtag berikut ini!

Apa Itu Hashtag?

Hashtag dibuat dengan menggunakan simbol # (pagar) dalam keyboard Anda. Dahulu, simbol ini digunakan untuk menandai angka dan semacamnya. Hashtag pertama kali dikenalkan di Twitter pada tahun 2007 lalu oleh seorang web marketing specialist, Chris Messina. Awalnya, simbol pagar # tersebut digunakan untuk mengelompokkan Tweet yang saling terkait.

Sejak saat itu, penggunaan dan efektivitas hashtag meningkat pesat. Sekarang, hashtag digunakan di berbagai media sosial untuk menghubungkan pengguna dengan topik, event, atau obrolan spesifik tertentu. Jadi, tidak hanya di Twitter, hampir setiap media sosial seperti Instagram dan TikTok pun kini juga menggunakan hashtag.

Baca Juga: Bagaimana Cara Riset Hashtag Instagram yang Benar?

Cara Kerja Hashtag

Menambahkan hashtag dalam postingan atau unggahan Anda sangatlah mudah, caranya dengan menggunakan simbol pagar (#) dan diikuti dengan kata atau frasa tertentu yang sesuai dengan topik Anda. Pastikan tidak menambahkan spasi atau simbol lain dalam kata tersebut.

Jika Anda memilih rangkaian dua kata atau lebih, cukup gunakan fitur huruf kapital untuk memperjelas hashtag tersebut. Contohnya, Anda bisa menggunakan hashtag #BeliBajuBaru untuk mempromosikan hashtag bisnis Anda.

Cara kerja hashtag adalah dengan menandai dan mengelompokkan postingan tertentu yang sesuai dengan kategori atau tema obrolan yang sedang populer. Misalnya, hashtag #TahunBaru2022 bisa digunakan oleh pengguna media sosial untuk postingan mereka pada tahun baru. 

Nah, ketika Anda membuka hashtag #TahunBaru2022, Anda akan mendapati setiap postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Jadi, hashtag dapat memudahkan Anda mencari topik atau postingan tertentu. 

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Membuat Hashtag Untuk Media Sosial Bisnis Anda

4 Fungsi Hashtag

Apa itu hashtag? Hashtag adalah fitur yang bagus untuk menghubungkan banyak orang dengan pemikiran yang sama. Hashtag juga bisa digunakan dalam berbagai keperluan, hampir tidak ada batasan. Selain itu, hashtag atau tagar pun jadi fitur terbaik untuk mengikuti tren dan berita terkini. Berikut beberapa fungsi utama hashtag yang umum dikenal:

1. Meramaikan Trending Topics

Trending topics adalah salah satu fitur unggulan di Twitter dan di media sosial lainnya. Intinya, trending topics menyajikan obrolan-obrolan yang sedang ramai dibicarakan di seluruh dunia atau regional tertentu. Hashtag adalah cara untuk menggabungkan postingan trending topics tersebut.

2. Bentuk Dukungan untuk Isu Sosial

Hashtag juga biasa digunakan dalam suatu isu sosial tertentu. Biasanya, kampanye sosial bisa muncul secara alami sebagai bentuk respons masyarakat terhadap masalah tertentu. Misalnya, hashtag #BanjirJakarta biasa digunakan untuk kasus banjir parah yang melanda ibu kota.

Baca Juga: Hashtag Marketing, Strategi Bermanfaat Untuk Bisnis Anda

3. Bergabung dalam Tema Obrolan Tertentu

Hashtag juga dapat mengelompokkan dan menandai tempo obrolan (conversations) tertentu. Misalnya, Anda bisa membuka dan mengikuti hashtag untuk pertandingan sepak bola Eropa jika ingin menyimak obrolan yang ramai dibicarakan.

4. Mengelompokkan Postingan Berdasarkan Tema

Apa itu hashtag juga bisa jadi tools Anda dalam mengelompokkan postingan pribadi. Katakanlah Anda biasa mengunggah foto kuliner, gunakan hashtag #KulinerSurabaya untuk menyatukan postingan-postingan terkait.

banner

5 Tips Memanfaatkan Hashtag dalam Social Media Marketing

Ulasan tentang apa itu hashtag seharusnya cukup menjelaskan bahwa hashtag bisa jadi salah satu fitur unggulan untuk mendukung campaign Digital Marketing Anda. Dalam hal ini, hashtag bisa digunakan dalam bagian social media marketing. Berikut beberapa tips memanfaatkan hashtag dalam social media marketing bisnis Anda: 

1. Meningkatkan Engagement dengan Followers

Hashtag adalah salah satu cara efektif untuk melibatkan audiens atau followers Anda dengan lebih aktif. Dengan menggunakan hashtag, Anda bisa ikut memeriahkan percakapan yang memang sedang jadi tren. Dengan demikian, postingan Anda akan lebih mudah ditemukan sehingga dapat meningkatkan engagement terhadap brand Anda.

2. Membangun Brand Awareness 

Anda juga bisa membuat branded hashtag untuk brand Anda sendiri. Contohnya, #Adidas dan #Nike memiliki hashtag yang sesuai dengan brand besar mereka. Cara ini dapat meningkatkan brand awareness dan bisa jadi cara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

3. Membantu Target Audiens Menemukan Brand Anda

Di Instagram, pengguna dapat mem-follow suatu hashtag untuk mendapatkan postingan-postingan khusus sesuai dengan hashtag tersebut. Anda bisa menggunakan hashtag yang populer untuk membantu user menemukan brand Anda.

Baca Juga: 4 Fungsi Hashtag di Berbagai Social Media

4. Mempromosikan Kontes dan Giveaway

Giveaway atau kontes adalah salah satu cara efektif untuk melibatkan pelanggan Anda dalam suatu campaign marketing tertentu. Nah, Anda bisa menambahkan hashtag untuk menyeleksi postingan-postingan terkait dan membuat penilaian. 

5. Menandai Campaign Tertentu

Penggunaan hashtag juga dapat membantu Anda menemukan campaign di media sosial. Dengan demikian, Anda bisa melacak setiap campaign berdasarkan hashtag yang berbeda dan mengukur kesuksesannya.

Demikian ulasan singkat soal apa itu hashtag dan bagaimana menggunakannya dalam campaign social media marketing. Intinya, hashtag bisa jadi salah satu cara efektif untuk membantu melancarkan campaign Anda karena dapat membantu meningkatkan engagement dan brand awareness.

Nah, jika Anda tertarik untuk meningkatkan brand awareness melalui strategi Digital Marketing, Anda bisa menggunakan jasa dari ToffeeDev yang menyediakan berbagai layanan Digital Marketing, mulai dari pembuatan website, SEO, dan masih banyak lagi. Hubungi kami di sini dan segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat