Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics

Di dalam memiliki website, maka Anda ingin tahu berapa banyak trafik yang telah didapatkan. Untuk bisa mengecek hal tersebut, maka Anda tidak bisa melakukannya secara manual. Untungnya dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, Anda bisa mencari tahu berapa banyak trafik yang masuk melalui Google Analytics. Sebagai salah satu produk inovasi dari Google, keberadaannya sangat diperlukan pada saat ini. Namun sebenarnya, bagaimana cara kerja Google Analytics?

Bisa dibilang, semua situs web yang ada di internet saat ini jika diurus dengan baik pastinya menggunakan Google Analytics. Dibuat oleh raksasa teknologi sekaligus penguasa mesin pencari atau search engine pada saat ini, Google Analytics sangat diperhitungkan. Semua orang teknik pasti tahu tentang teknologi ini. Apalagi banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika sudah menggunakannya.

Namun sebelum masuk ke dalam cara kerja Google Analytics, mari kita bahas teknologi ini secara lebih mendalam.

Mengenal Google Analytics

Google Analytics adalah mesin analisis yang diciptakan oleh Google untuk melihat trafik dari sebuah website. Pada awalnya, sulut untuk melihat trafik di dalam satu website. Namun dengan kehadirannya, maka Anda bisa melihat trafik website, dimulai dari durasi tiap sesi, sesi tiap halaman, bounce rate dan lainnya.

Selain itu, Google Analytics memiliki dashboard yang mudah digunakan untuk para pemula namun tetap bisa menampilkan data-data yang mendalam. Mengapa bisa dibilang seperti itu? Ketika Anda mengecek website menggunakan Google Analytics, maka bisa terlihat halaman apa saja yang kurang dari segi performa, dari mana para pengunjung website bisa masuk ke website Anda, berapa lama mereka berada di dalam website, dan lokasi dari pengunjung website tersebut.

Dengan banyaknya data yang bisa diberikan Google Analytics, akhirnya banyak pula website yang menggunakannya. Jika tidak menggunakan teknologi ini, maka bisa dibilang Anda telah melewatkan kesempatan besar.

Berdasarkan data-data yang ada di dalamnya, maka Anda bisa melihat strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan optimasi website lebih baik lagi. Hal itu biasa disebut Search Engine Optimization (SEO). Dengan penggabungan SEO dan Google Analytics, maka website bisa mendapatkan trafik lebih tinggi, brand awareness bisa menjadi lebih baik, hingga akhirnay mendatangkan penjualan.

Banner SEO - General 2

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics

Sebenarnya cara kerja Google Analytics itu mudah saja. Ketika pengunjung mencari sebuah informasi di mesin pencari Google dengan keyword yang sesuai, mereka akan measuk ke dalam website Anda. Dari sana, third cookies party akan bekerja mengumpulkan data selama pengunjung berada di dalam website Anda.

Setelah pengunjung keluar dari website Anda, maka data-data tersebut segera dikirimkan ke server milik Google. Barisan data itulah yang nantinya akan masuk ke dalam Google Analytics dan berikan kepada Anda.

Google Analytics selalu bisa menangkap data-data yang ada dari para pengunjung yang sedang berada di dalam website. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau angka-angka yang muncul di sana itu tidak relevan atau tidak benar. Dengan teknologi yang sudah digunakan, maka Anda bisa mempercayai teknologi ini.

Baca Juga: Mengenal Google Analytics Spam yang Berbahaya

Banner SEO - Ebook 2

Apa Saja Fitur Google Analytics?

Berikut adalah beberapa fitur Google Analytics yang paling umum digunakan:

  • Overview: Fitur ini memberikan gambaran umum tentang lalu lintas situs web Anda, termasuk jumlah pengunjung, halaman dilihat, dan sumber lalu lintas.
  • Audiences: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengunjung situs web Anda, seperti demografi mereka, minat mereka, dan perangkat yang mereka gunakan.
  • Acquisition: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pengunjung menemukan situs web Anda, seperti dari mesin pencari, media sosial, atau tautan dari situs web lain.
  • Behavior: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda, seperti halaman mana yang mereka lihat, berapa lama mereka tinggal di setiap halaman, dan bagaimana mereka menavigasi situs web Anda.
  • Conversions: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang konversi situs web Anda, seperti jumlah pengunjung yang melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau berlangganan buletin.

Banner - SEO x CRO

Mengapa Website Saya Harus Menggunakan Google Analytics?

Bisa dibilang, Google Analytics adalah tools paling esensial bagi bisnis yang menjalankan pemasaran berbasis online, khususnya website. Alat ini menawarkan berbagai manfaat bagi pemilik website, baik untuk bisnis maupun pribadi. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Google Analytics:

1. Mengetahui demografi dan perilaku pengunjung website

Google Analytics dapat memberikan data tentang demografi pengunjung website, seperti lokasi, usia, jenis kelamin, dan perangkat yang digunakan. Data ini dapat digunakan untuk memahami siapa target audiens website dan bagaimana mereka berinteraksi dengan website.

2. Mengukur efektivitas strategi pemasaran

Google Analytics dapat digunakan untuk mengukur efektivitas strategi pemasaran, seperti iklan online, media sosial, dan email marketing. Data ini dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran mana yang paling efektif dan perlu ditingkatkan.

3. Mengoptimalkan website

Google Analytics dapat digunakan untuk mengoptimalkan website agar lebih menarik dan informatif bagi pengunjung. Data ini dapat digunakan untuk mengetahui halaman mana yang paling populer, konten mana yang paling banyak dibaca, dan bagaimana pengunjung berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

4. Meningkatkatkan konversi

Google Analytics dapat digunakan untuk meningkatkan konversi, yaitu tindakan yang diinginkan dari pengunjung website, seperti pembelian produk, pendaftaran newsletter, atau mengisi formulir. Data ini dapat digunakan untuk mengetahui halaman mana yang paling efektif dalam mendorong konversi dan bagaimana meningkatkan konversi di halaman tersebut.

Itulah penjelasan cara kerja Google Analytics yang wajib ada di setiap website. Semoga informasi yang kami berikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top