Biaya Pembuatan Website Terbaru, Mahal atau Murah?

biaya pembuatan website

Hampir keseluruhan dalam bidang pemasaran tidak dibuat dalam bentuk fisik yang nyata, melainkan dibuat dalam bentuk digital pada era digital marketing ini. Salah satunya adalah media pemasaran. Media pemasaran berbentuk digital memiliki berbagai macam bentuk, contohnya seperti website. Membuat website untuk bisnis dapat mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda. Namun, kira-kira berapa estimasi biaya pembuatan website?

Pertanyaan tersebut akan sering muncul bagi beberapa pihak, terutama bagi perusahaan yang harus menjalankan bisnis. Bisnis yang sedang berkembang bahkan memberanikan diri untuk memiliki website bisnis sendiri demi mengoptimalkan layanan dan efektivitas pemasarannya. Namun, berapa biaya yang dikeluarkan adalah asumsi yang selalu menghantui sebagian dari mereka.

Untuk menjawab seluruh pertanyaan dan asumsi Anda mengenai biaya pembuatan website, ToffeeDev akan mengulas lebih jauh untuk membantu menentukan estimasi pada proses anggaran Anda. Maka dari itu, simak terus artikel ini hingga akhir agar Anda tahu jawabannya.

Apa itu Website?

Website adalah suatu kumpulan halaman atau pages di internet yang memuat berbagai macam informasi tertentu. Website sendiri bertujuan agar kumpulan informasi ini lebih mudah diakses dan dibaca oleh banyak orang. 

Awalnya website hanyalah sebuah kumpulan informasi. Seiring berjalannya waktu, kini website juga bisa menjadi media pemasaran bagi perusahaan. Hadirnya website di dalam dunia bisnis dan pemasaran memberikan dampak besar bagi dunia bisnis, seperti mudah untuk dijangkau pelanggan dan memberikan kemudahan dalam proses transaksi. 

Website sendiri tidak serta merta hanya sebuah halaman seperti buku. Website memiliki beberapa unsur seperti domain, hosting, template, dan kode. Sebenarnya masih banyak unsur dari website. Namun, keempat unsur inilah yang akan masuk ke dalam anggaran penghitungan biaya pembuatan website.

Baca Juga: 4 Fungsi Website, Jenis, dan Cara Membuatnya

4 Biaya Pembuatan Website WordPress

Jika ada pertanyaan mengenai mahalkah biaya pembuatan website, jawabannya adalah tidak tentu alias bisa ya atau tidak. Jika ingin tidak mahal, Anda bisa membuat website sendiri dengan melakukan beberapa coding. Namun, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan website, berikut adalah 5 estimasi biaya pembuatan website yang perlu Anda ketahui.

1. Biaya Membeli Domain 

Domain adalah komponen website yang memudahkan pihak yang ingin mengakses tanpa harus menuliskan alamat IP di search bar. Ketika berurusan dengan domain ketika membuat website, pastikan untuk memilih domain yang singkat dan menarik. 

Domain yang singkat adalah domain yang akan mudah diingat. Lalu, usahakan untuk membuat domain yang menarik agar mudah diingat pula oleh pelanggan Anda nantinya. Untuk estimasi biaya domain, ada dalam jangkauan belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. 

2. Biaya Menyewa Hosting

Hosting adalah komponen website yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data website Anda nantinya. Di dalam mengestimasi biaya pembuatan website, perlu Anda ketahui bahwa web hosting memiliki spesifikasi dan kategori. Makin besar spesifikasi dan kategorinya, maka makin mahal harga web hosting.

Pada umumnya, biaya yang ditawarkan untuk spesifikasi web hosting pribadi lebih terjangkau daripada untuk tingkat perusahaan. Jangkauan harganya bisa dari Rp100.000 – <RP1.000.000, namun tentunya itu tergantung dari di mana Anda menyewa web hosting ini. 

Baca Juga: 3 Langkah Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

3. Biaya Plugin

Plugin pada website digunakan untuk memperkaya fitur yang Anda butuhkan nantinya di dalam website. Karena banyaknya tipe plugin, Anda hanya perlu untuk menginstall plugin yang memang dibutuhkan saja. 

Jika menggunakan WordPress, Anda akan menemukan banyak plugin gratis yang bisa digunakan untuk website. Meskipun banyak, terkadang plugin yang disediakan pun juga masih terbatas. Apabila ingin menggunakan plugin yang bervariasi, Anda bisa menggunakan plugin berbayar yang disediakan oleh WordPress. Jangkauan harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

4. Biaya Template

Pada umumnya, bagian desain adalah bagian yang paling krusial ketika membuat website. Hal ini karena bagian template merupakan bagian yang tampak mata secara langsung. Apabila Anda membuat desain menggunakan coding dan secara manual, maka tidak akan ada biaya yang dikeluarkan. Namun, jika Anda menggunakan jasa pembuatan website, jangkauan harga untuk template bisa tembus ke angka jutaan.

banner

2 Simulasi Pembuatan Website Sesuai Kebutuhan

Untuk melakukan estimasi biaya pembuatan website, Anda bisa melakukan simulasi pembuatan website. Ada 2 cara simulasi yang bisa Anda coba. Berikut adalah 2 simulasi pembuatan website yang perlu Anda ketahui. 

1. Simulasi Biaya Secara Keseluruhan

Simulasi pertama adalah dengan menghitung total dari biaya setiap komponen ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan website. Estimasi biaya akan jatuh pada jangkauan Rp1.000.000 – Rp5.000.000, tergantung dari jenis mana yang Anda pilih di setiap komponennya. 

Baca Juga: Apa itu A/B Testing? Cara Tepat Tingkatkan Conversion Rate Website

2. Simulasi Biaya Sesuai Kebutuhan Tertentu

Simulasi kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat website dengan jasa pembuatan namun disesuaikan dengan kebutuhan tertentu saja. Kebutuhan tertentu ini bisa jadi juga sesuai dengan kondisi anggaran Anda. 

Ada beberapa cara seperti memilih paket spesifikasi atau kategori komponen yang paling terjangkau, yang tentunya sesuai dengan anggaran Anda. Selain itu, Anda bisa menentukan beberapa halaman di website Anda, sehingga Anda dapat menekan biaya. Cara lain adalah gunakan plugin atau template gratis seperti yang disediakan oleh WordPress.

Harus diketahui bahwa plugin atau template gratis ini tidak seburuk yang Anda kira. Kebanyakan dari plugin gratis di WordPress dapat memenuhi kebutuhan fitur website yang umum digunakan. Selain itu, template gratis juga tidak kalah menarik dan memiliki tampilan profesional seperti tampilan template berbayar. Maka dari itu, estimasi ini akan jauh lebih terjangkau daripada harus membuat website secara keseluruhan melalui layanan jasa pembuatan website.

ToffeeDev hadir untuk memberikan layanan pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengutamakan pembuatan website bisnis yang bersifat profesional, Anda akan dibantu dengan tim kami yang akan memberikan opsi terbaik. Jadi tunggu apalagi, hubungi kami di sini untuk jasa pembuatan website yang mudah dan terpercaya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat