Ketahui 5 Cara Membuat Halaman Pada Blog dan Ketentuannya Ini, Yuk!

cara membuat halaman blog

Bagaimana cara membuat halaman blog? Sebelum membahas pertanyaan tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu. Pada umumnya, blog terdiri dari dua struktur utama yakni posting dan halaman. Perbedaan yang paling mendasar dari kedua struktur pada blog adalah isi atau konten yang bersifat dinamis.

Halaman blog sendiri merupakan halaman yang memuat segala informasi utama agar dapat dibaca oleh para pengunjung. Ingin penjelasan lebih lengkap mengenai halaman blog? Lanjutkan membaca artikel dari ToffeeDev berikut ini!

Apa Itu Halaman Pada Blog?

Halaman blog merupakan halaman yang pada umumnya sengaja dibuat dan digunakan untuk meletakkan seluruh informasi yang hendak ditampilkan. Biasanya halaman blog terdiri dari judul halaman, biografi pemilik blog, informasi kontak, hingga isi halaman yang berupa artikel, gambar atau bahkan video. 

Baca Juga: 3 Syarat Monetisasi Blog untuk AdSense

5 Ketentuan dalam Membuat Halaman Pada Blog

Dalam membuat halaman pada blog ternyata juga memiliki beberapa ketentuan yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, baca di bawah ini : 

  1. Halaman informasi utama ditulis dengan lengkap lalu harus disertakan di dalam blog 
  2. Selain itu, pastikan juga isi pada setiap halam blog telah ditulis secara lengkap dan bersifat informatif. Untuk beberapa jenis halaman dapat Anda isi dengan konten yang mungkin lebih panjang dibanding halaman lainnya
  3. Sebaiknya halaman blog sudah dipersiapkan terlebih dahulu sedemikian rupa sebelum dibuat hingga akhirnya Anda memutuskan untuk menerbitkan

Lalu, masih berkaitan dengan halaman blog yang memuat informasi utama, berikut ini tambahan ketentuan yang harus ada juga saat membuat halaman pada blog : 

  1. Halaman tersebut dapat Anda munculkan di bagian mana saja pada blog tergantung dengan tema yang dipilih. 
  2. Halaman blog nantinya sangat memungkinkan blogger untuk membuat sub-halaman yang ditetapkan juga pada halaman induk hingga digunakan juga dalam membuat halaman turunan.

Baca Juga: 12 Cara Mendatangkan Traffic ke Blog dengan Menggunakan Teknik SEO

5 Jenis-Jenis Halaman Blog

Apakah Anda sudah mengetahui terdapat berapa jenis halaman blog? Jika belum, Anda bisa menyimak sederet jenis halaman yang pada umumnya terdapat pada blog berikut ini : 

  1. Halaman depan atau front page
  2. Halaman about atau tentang
  3. Halaman kontak
  4. Halaman blog informasi utama antara lain seperti halaman arahan atau landing page, kebijakan privasi, disclaimer, dan kebijakan layanan atau terms of services
  5. Beberapa pada tampilan blog juga tidak jarang terdapat halaman panduan atau blogging guidelines

Selain jenis-jenis halaman yang secara umumnya muncul pada blog, ternyata juga masih terdapat beberapa halaman yang muncul bersamaan dengan pembaruan isi blog tersebut.

  1. Halaman posting, merupakan halaman yang memuat isi dari blog milik Anda
  2. Halaman kategori. Semakin banyak postingan yang Anda unggah ke dalam blog, maka diperlukannya halaman kategori ini. Tujuannya adalah mengelompokkan isi postingan sesuai dengan tema pokok yang menjadi pembahasan dan memudahkan pengunjung blog Anda dalam melakukan pencarian.
  3. Halaman sub-kategori. Halaman berikut ini sama halnya dengan jenis halaman yang sebelumnya sudah kita bahas, hanya saja halaman sub-kategori ini merupakan pengelompokkan yang lebih terperincinya. 
  4. Halaman artikel blog merupakan kumpulan-kumpulan konten yang telah Anda unggah atau posting pada blog
  5. Halaman tag. Apabila menggunakan berbagai pilihan tag untuk konten yang Anda unggah, maka kumpulan tag tersebut nantinya akan mengarah pada satu, dua atau bahkan lebih postingan. Nah hal tersebutlah yang mendapat sebutan sebagai halaman tag. 
  6. Halaman hasil pencarian. Halaman ini yang nantinya berfungsi membantu pengunjung blog Anda untuk melakukan pencarian konten yang diinginkan. Jika telah mengetikkan keyword tertentu, pengunjung blog akan diarahkan pada halaman tertentu.
banner

5 Cara Membuat Halaman Pada Blog

Lantas bagaimana cara membuat halaman pada blog? Tidak perlu khawatir, Anda dapat membuatnya dengan cukup mudah. Hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang akan disebutkan dan dijelaskan di bawah ini!

  1. Langkah pertama, Anda bisa coba berkunjung www.blogger.com terlebih dahulu. Lalu, sign in menggunakan akun Google Anda. 
  2. Selanjutnya, pilihlah menu Pages dan setelah itu klik + New Page.
  3. Kemudian, barulah Anda dapat memasukkan judul dan isi halaman yang Anda inginkan
  4. Sebelum mengunggahnya, sebaiknya pastikan  terlebih dahulu konten yang Anda buat sudah benar-benar sesuai. Bagaimana caranya? Cukup klik Preview untuk melihat pratinjau halaman.
  5. Jika dirasa sudah benar-benar sesuai dengan yang ingin Anda unggah, kini saatnya Anda klik tombol Publish.

Berakhir sudah pembahasan kita soal pengertian halaman blog, cara membuatnya dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi. Setelah membaca artikel ini Anda semakin paham, bukan? Semoga artikel dari ToffeeDev bisa selalu membantu Anda, ya!

Baca Juga: 6 Perbedaan WordPress dan Blogspot: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Apakah Anda masih belum memiliki keberanian untuk membuat website pertama kali? Khawatir jika tidak bisa membuatnya dengan desain yang menarik serta dapat memberikan keuntungan secara pasti? Sudah bukan lagi jamannya khawatir! Inilah waktu yang tepat untuk Anda mewujudkan semua keinginan bersama ToffeeDev sebagai jasa web developer di Jakarta yang tepercaya!

Tidak hanya membantu Anda dalam membuat website yang menarik, namun ToffeeDev juga menawarkan jasa menarik lainnya! Jangan ragu lagi ya untuk mengandalkan ToffeeDev. Yuk, segera hubungi tim ToffeeDev dan konsultasikan semua yang menjadi kebutuhan Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat