10 Cara Mengembangkan Usaha yang Wajib Anda Ketahui

Cara mengembangkan usaha

Dalam berbisnis, penting untuk memiliki strategi yang jelas ketika sedang mengembangkan usaha. Saat mengembangkan usaha, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dijadikan acuan. Bagaimana cara mengembangkan usaha yang tepat dan efektif?

Untuk mengembangkan usaha secara optimal dan memperluas jangkauan serta peluang bisnis, ada beberapa cara atau strategi yang dapat dilakukan. Anda dapat menyimak pembahasan lengkap di bawah ini untuk mengetahui berbagai cara tersebut yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis.

10 Cara Mengembangkan Usaha

Berikut beberapa cara mengembangkan usaha yang bisa diterapkan mulai sekarang.

1. Memastikan Modal Usaha

Untuk memastikan bahwa modal usaha yang tersedia cukup, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut: Perlunya membuat rencana keuangan bisnis secara detail yang mencakup perkiraan pendapatan dan pengeluaran. Kemudian, Anda perlu memantau kondisi keuangan usaha secara terus-menerus, dan membuat perubahan yang diperlukan jika terjadi perubahan dalam rencana keuangan. 

Selain merencanakan keuangan secara detail, Anda juga perlu memiliki dana cadangan (dana darurat) yang cukup untuk mengatasi kemungkinan risiko yang tidak terduga. Tak hanya mengandalkan itu, sebuah bisnis juga memerlukan sumber-sumber dana tambahan lainnya, misalnya dari investasi atau pinjaman jika diperlukan.

Suatu usaha harus memiliki modal yang jelas dan teratur sejak awal pembentukannya agar dapat berkembang. Dengan modal usaha yang jelas nominalnya, dana akan dapat dialokasikan dengan tepat ke berbagai aspek yang diperlukan untuk mengembangkan usaha. Hal ini akan membantu menjamin keberhasilan bisnis Anda pada masa depan.

Baca Juga: 8 Tips Penyusunan Rencana Usaha

2. Memahami Jenis Usaha yang Akan Dilakoni

Memahami jenis usaha yang akan dilakoni merupakan langkah penting dalam mengembangkan bisnis. Dengan memahami jenis usaha yang akan dilakoni, Anda akan dapat membuat rencana bisnis yang tepat, menentukan target pasar yang tepat, dan mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Selain itu, memahami jenis usaha yang akan dijalani juga membantu Anda menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis, serta memprediksi potensi risiko yang mungkin dihadapi. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha  pastikan Anda memahami jenis usaha dengan baik.

Pastikan Anda memilih jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha, dan membantu Anda memahami berbagai kemungkinan keuntungan atau kerugian yang mungkin dihadapi ke depannya.

3. Kenali Usaha Pesaing

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengenali usaha pesaing, di antaranya adalah dengan melakukan riset pasar, mengikuti perkembangan usaha pesaing, dan mengadakan survei kepuasan pelanggan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan dapat memahami usaha pesaing dengan baik, dan mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Membuat WA Bisnis Untuk Mengembangkan Perusahaan

4. Meningkatkan Sumber Daya

Sumber daya yang dimaksud berupa dana, tenaga kerja, teknologi, atau sumber daya lainnya yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Dengan meningkatkan sumber daya, Anda akan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis, serta mengembangkan produk atau jasa yang lebih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sumber daya, di antaranya adalah dengan mencari sumber pendanaan tambahan, meningkatkan kapasitas produksi, atau meningkatkan kualitas SDM. 

banner

5. Selalu Siap dengan Hal yang Tidak Terduga

Sebuah bisnis dapat mengalami berbagai perubahan yang tidak terduga, seperti perubahan kebijakan, perubahan tren pasar, atau perubahan teknologi. Oleh karena itu, Anda harus selalu siap untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga tersebut, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya. 

6. Kelola Arus Kas dengan Baik

Mengelola arus kas dengan baik akan membantu Anda menjalankan bisnis dengan lancar. Anda dapat memulai dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan secara detail.

7. Selalu Mengutamakan Pelayanan Terhadap Konsumen

Pelayanan yang baik akan membuat konsumen merasa puas dan nyaman, sehingga mereka akan cenderung untuk terus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.

Hal yang dapat dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik, di antaranya adalah dengan menyediakan produk atau jasa yang berkualitas, memberikan informasi yang jelas dan akurat, dan menanggapi keluhan atau saran dari konsumen dengan cepat dan tanggap.

Baca Juga: Pentingnya Menganalisis Peluang Usaha Agar Bisnis Sukses

8. Melakukan Investasi

Investasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti investasi dalam peralatan atau mesin produksi, investasi dalam teknologi atau software, atau investasi dalam promosi atau pemasaran. 

Namun, sebelum melakukan investasi, pastikan bahwa Anda telah membuat rencana keuangan bisnis secara rinci, dan mempertimbangkan potensi risiko dalam masa depan bisnis.

9. Hitung Secara Rinci Biaya Operasional

Hitung secara rinci biaya operasional merupakan hal yang tak kalah penting dalam mengembangkan usaha. Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis, seperti gaji karyawan, sewa tempat usaha, atau biaya listrik dan air. 

Anda dapat memperkirakan berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, dan menentukan target pendapatan yang realistis jika melakukan perhitungan biaya operasional secara rinci.

10. Melakukan Evaluasi Kerja

Anda akan dapat mengetahui sejauh mana usaha telah berkembang dengan melakukan evaluasi kerja. Selain itu, dengan melakukan evaluasi, Anda akan mengetahui kekuatan dan kelemahan karyawan, serta mengembangkan karyawan agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Mengenal 9 Tahap Perencanaan Usaha

Gunakan Digital Marketing dari ToffeeDev untuk Mengembangkan Usaha Anda!

Langkah untuk mengembangkan usaha ikut berubah seiring berkembangnya zaman. Seperti melakukan pembuatan homepage website, iklan di sosial media, dan sebagainya agar mampu mendatangkan banyak pelanggan.

Namun, tidak perlu khawatir sebab Anda sangat bisa mengandalkan semuanya kepada ToffeeDev yang siap membantu menjalankan bisnis Anda dengan layanan Digital Marketing kami. Layanan Digital Marketing dari ToffeeDev dapat membantu usaha Anda berkembang dengan cepat dan optimal. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, langsung saja hubungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat