Mengenal Aktivitas Blogwalking yang Sering Dilakukan

Blogwalking Adalah

Di komunitas blogger, blogwalking adalah aktivitas yang sudah tak asing lagi untuk dilakukan. Menariknya, terlepas dari kata bahasa Inggris yang digunakan, istilah ini ternyata diciptakan di Indonesia dan hanya dilakukan oleh blogger dalam negeri. 

Jika masih merasa asing dengan istilah ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya blogwalking itu. Adakah manfaat bagi blogger yang giat melakukannya? Lalu bagaimana seharusnya seorang blogger melakukannya dengan baik dan benar? Baca artikel ini hingga usai untuk cari tahu semua jawabannya!

Apa Itu Blogwalking?

Pengertian blogwalking adalah suatu aktivitas yang umum dilakukan oleh para blogger, baik yang mengembangkan blog pribadi maupun yang tergabung di dalam suatu komunitas. Melihat dari istilahnya, aktivitas yang dilakukan lewat jejaring internet ini terdiri dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni ‘blog’ yang menjadi media berbagi tulisan dan ‘walking’ yang berarti berjalan-jalan.

Baca Juga: Apa Itu Blog dan Fungsinya Bagi Bisnis

Dalam definisi yang sederhana, blogwalking dapat diartikan sebagai aktivitas berjalan-jalan dari satu blog ke blog lain. Seorang blogger yang melakukannya akan mampir ke beberapa blog lain untuk berbagai tujuan. Aktivitas ini biasanya dilakukan ketika blogger mencari ide untuk pengembangan blognya. Blogwalking juga merupakan strategi efektif untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan blogger lain.

Manfaat Blogwalking

Blogwalking dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengunjungi blog dengan niche yang sama hingga meninggalkan komentar pada tulisan-tulisan yang diterbitkan dalam suatu blog. Apapun cara yang dipilih, aktivitas ini menawarkan sejumlah manfaat bagi para blogger yang melakukannya.

Pertama, blogwalking adalah cara efektif untuk memperluas jaringan sekaligus berkenalan dengan para blogger lain. Setiap kali Anda meninggalkan komentar di sebuah tulisan blog, komunikasi akan terjalin antara pemilik blog yang menulisnya dengan Anda yang saat itu berperan sebagai pembaca. Kesempatan untuk saling membalas komentar juga kerap berkembang menjadi diskusi yang dapat meluaskan jaringan lebih jauh lagi.

Kedua, blogwalking bisa dijadikan strategi untuk mencari inspirasi baru, terutama ketika Anda mulai kehabisan ide untuk membuat tulisan dan mengembangkan konten blog. Secara langsung maupun tidak langsung ditawarkan kesempatan untuk mendapatkan inspirasi. Aktivitas ini juga akan menampilkan hasil yang lebih efektif jika Anda memilih blog-blog yang sudah populer untuk dijelajahi.

Manfaat lain yang ditawarkan blogwalking adalah sebagai ajang promosi. Ketika Anda mengikuti atau memberi komentar pada suatu blog, pemilik blog tersebut akan melihat siapa Anda. Tak jarang, mereka pun akan mencari tahu dan balik mengunjungi blog yang Anda miliki.   

Cara Melakukan Blogwalking

Anda tertarik untuk blogwalking yang memiliki banyak kelebihan? Blogwalking adalah kegiatan yang disarankan sebagai bentuk mempromosikan blog yang akan meningkatkan traffic. Jika Anda seorang blogger yang tidak terlalu akrab dengan blogwalking, berikut adalah cara melakukannya:

1. Sebelum Berkomentar, Baca dulu Isinya

Langkah pertama dan paling krusial dalam blogwalking adalah membaca artikel secara keseluruhan sebelum meninggalkan komentar. Mengapa? pastikan bahwa Anda tidak mengajukan pertanyaan yang sudah tercakup dalam artikel dan menahan diri untuk tidak berkomentar tentang subjek yang tidak terkait dengan topik yang dibahas.

Selain itu, pemilik situs akan berpikir bahwa Anda telah melakukan spam jika Anda meninggalkan komentar pada item yang tidak terkait dan kemudian meminta kunjungan kembali dengan menyertakan tautan. Alih-alih memperluas networking, karena apa yang Anda lakukan kurang tepat maka reputasi yang ingin Anda bangun langsung merosot.

2. Sopan

Usahakan untuk menjunjung tinggi etika ketika berkomentar di blog yang dikelola oleh blogger lain dan jangan menggunakan bahasa kotor. Selain itu, bagaimana mungkin orang yang Anda perlakukan dengan kasar ingin meminta kunjungan berulang?

Pendekatan terbaik yang dapat diterapkan saat blogwalking adalah mengungkapkan rasa terima kasih atas informasi yang ditawarkan, diikuti dengan ajakan untuk mengunjungi blog Anda lagi.

3. Tetap Menjaga Hubungan Baik

Ikuti blog dan akun media sosial blogger lain untuk tetap berhubungan dengan mereka daripada hanya meninggalkan komentar di situs masing-masing. Bersamaan dengan diskusi dengan pemilik blog dan berbagi ilmu tentang blogging, ini dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan mereka. Daripada menunggu untuk diikuti, cobalah untuk mengikuti terlebih dahulu dan hindari gengsi.

Tips Melakukan Blogwalking

Blogwalking adalah aktivitas blogging yang membawa banyak manfaat. Agar manfaat tersebut bisa didapatkan lebih optimal, berikut adalah beberapa tips untuk melakukan blogwalking dengan baik dan benar:

  1. Mulailah dengan mengunjungi blog yang sama dengan niche blog Anda. Jika Anda tengah mengembangkan blog tentang traveling atau perjalanan wisata, hal yang harus dilakukan adalah menjelajahi blog-blog bertema wisata pula.
  2. Tinggalkan komentar yang sopan dan relevan. Berkomentar di postingan blog lain adalah salah satu kegiatan inti blogwalking. Namun, Anda sebaiknya tidak asal memberi komentar, apalagi sampai meninggalkan spam. Berikanlah komentar relevan dan sesuai dengan isi tulisan untuk memberi apresiasi kepada pemilik blog yang Anda kunjungi.
  3. Jangan lupa tinggalkan jejak. Jika sudah sering berkunjung dan memberi komentar, Anda bisa mulai meninggalkan jejak dengan menautkan link blog milik pribadi. Dengan begitu, pengunjung lain pun bisa melakukan blogwalking dengan mengunjungi blog tersebut.

Benarkah Blogwalking Dapat Meningkatkan Trafik?  

Promosi blog adalah salah satu tujuan blogwalking. Dengan menyertakan link pada komentar Anda di blog lain. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pembaca untuk mengunjungi blog Anda. Bisakah trafik blog Anda benar-benar ditingkatkan dengan teknik ini? Trafik Anda mungkin meningkat jika tautan yang Anda berikan relevan. Akibatnya, sering-seringlah mengunjungi blog populer dan berikan komentar yang berwawasan luas.

Di sisi lain, memiliki backlink dari situs populer menunjukkan kualitas blog Anda. Ini sangat penting untuk inisiatif SEO. Google bisa saja menaikkan posisi Anda di hasil pencarian karena halaman pertama hasil pencarian harus mendapatkan lebih banyak pengguna.

Namun, ada poin krusial. Jika blog yang Anda kunjungi menggunakan nofollow untuk bagian komentarnya, ini tidak akan dianggap sebagai manfaat SEO. Karena link yang Anda posting di blog lain tidak diikuti oleh mesin pencari. Selain itu, jika yang Anda lakukan saat blogwalking adalah meninggalkan komentar spam, Anda tidak akan mendapat untung dari peningkatan lalu lintas. Bahkan, Google dapat mengenakan penalti.

Nah, jika melihat dari pengertian dan manfaatnya, blogwalking adalah aktivitas menjelajah internet yang sudah seharusnya dilakukan oleh para blog enthusiast. Aktivitas ini juga bisa dijadikan salah satu strategi untuk memperluas jaringan sekaligus mencari inspirasi terbaru yang akan memberikan keuntungan untuk blog Anda sendiri. Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukannya, ya!

Share this post :

Scroll to Top