flat design illustration concept for seo. concept for web banner and promotional material.
Yuk, Kenalan dengan 5 SEO Tools Gratis Untuk Website Anda
September 13, 2019
Perbandingan SEO atau SEM
SEO atau SEM? Mana yang Lebih Efektif?
September 18, 2019
Show all

10 Cara Ampuh Meningkatkan SEO pada WordPress

cara tingkatkan SEO pada wordpress

Well, jika kamu mempunyai website, pasti kamu juga berpikir tentang berapa banyak pengunjung yang akan mengunjungi web tersebut— bukan begitu? Jika iya, maka kamu juga harus tau betapa pentingnya mengoptimalkan website kamu pada mesin pencari agar mudah dicari. Tidak peduli seberapa bagus design website yang kamu miliki, jika kamu tidak mengoptimasinya maka semua itu akan sia-sia.

 

Pada dasarnya website yang SEO-Friendly, akan lebih banyak mendapat pengunjung dibandingkan dengan yang tidak menggunakan SEO. Maka dari itu, pada postingan kali ini, yang dikutip dari sini, mari kita sama-sama belajar tentang berbagai cara ampuh untuk meningkatkan SEO pada WordPress:

1. Set your Permalinks

URL pada halaman website kamu dan postingan yang ada di dalamnya disebut dengan Permalinks. WordPress hadir dengan pengaturan default untuk permalink, yang mengijinkan kamu untuk mengedit sesuai kenyamanan dan kebutuhan. Kamu bisa menemukannya di settings –) permalinks.

Buatlah permalink yang mudah diingat oleh pengunjung dan mudah untuk diindeks oleh Google

 

Ini contohnya:

Bad Permalink: www.toffeedev.com/?p=3423 (Pilihan default pada WP)

Pretty Permalink: www.toffeedev.com/apa-itu-seo (Bisa diubah sebagus mungkin)

 

2. Buatlah sitemap untuk website kamu

Website kamu berisikan ratusan halaman dan agar website kamu dapat terindeks oleh Google, maka kamu harus “memberitahu” Google tentang struktur web yang kamu miliki. Membuat sitemap Google XML itu sangat mudah.

WordPress menawarkan plugin yang sangat amat berguna, yang disebut dengan Google XML Sitemaps yang secara otomatis mengeneralisasi sebuah sitemap dari website kamu. Dan plugin ini yang dapat membantu mesin pencari untuk mengindeks website kamu secara lebih baik.

 

3. Gunakan Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah tools analisis populer yang dibuat dan ditawarkan oleh Google. Tentu saja tools ini gratis, dan membantu kamu untuk melacak trafik website kamu. Tools ini memberikan kamu info tentang sumber trafik, tingkah laku trafik dan berbagai macam atribut penting lainnya yang dapat membantu kamu mendapat target audiens yang tepat.

 

Gunakan Google Analytics dengan tepat

Google Analytics membantu menunjukkan berbagai macam pekerjaan yang berbeda, termasuk menempatkan halaman error 404, menguji perilaku pengunjung web kamu, menunjukkan sumber trafik, memberantas berbagai spam dan masih banyak lagi.

 

4. Menggunakan tema SEO

Ternyata, WordPress menawarkan berbagai macam tema yang bisa memberikan pondasi kuat untuk website kamu. Bagaimanapun, daripada memilih tema yang bagus dan terlihat estetik, pilihlah tema yang bisa dioptimasi oleh mesin pencari.

Sebuah tema SEO memiliki 2 hal utama, yaitu kecepatan dan kode. Tema yang dibuat sedemikian rupa dengan praktek SEO terbaru menjamin bahwa Google bots bisa “berlayar” melalui sumber kode dan menemukan kode yang tepat.

Faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan termasuk:

  • Membuka gabungan graph meta tag untuk meningkatkan social media sharing
  • Mempertimbangkan penggunaan “meta title tags” dan “heading”
  • Struktur yang rapi dan bersih dapat mengembangkan HTML yang valid dan benar.
  • Mengoreksi penggunaan canonical URL pada meta tag

 

5. Penggunaan plugin SEO

WordPress juga menawarkan banyak plugin SEO termasuk Yoast SEO, All in One SEO Plugin dan masih banyak lagi yang bisa menjaga website kamu serta mendorong kamu untuk menambahkan Meta title, Meta description, Meta tags, kata kunci dan lain sebagainya. Plugin-plugin ini menawarkan solusi SEO secara lengkap pada WordPress.

Yoast SEO #1 WordPress SEO Plugin

 

Plugin tersebut biasanya digunakan untuk menambahkan on-page SEO website kamu dengan menampilkan sebuah cuplikan “Google Search Result Snippet”. Mereka juga membantu kamu mengatur sebuat sitemap XML untuk website kamu. Dari menambahkan detail Meta menjadi analisa halaman konten, plugin SEO dapat mengcover website kamu.

 

6. Optimasi media kamu

Media merupakan bagian yang penting pada website kamu. Bagaimanapun, mereka bisa saja meningkatkan atau malah menghancurkan usaha SEO kamu. Bagaimana cara kamu menandai dan menamakan gambar akan menentukan SEO kamu. Dengan “tag” yang tepat, besar kemungkinan website kamu dapat tampil di halaman teratas pada pencarian gambar.

Mengunggah gambar dengan nama yang kompleks bukanlah cara SEO yang baik. Ketika mengunggah sebuah gambar ke website WordPress, kamu dapat memilih untuk mengubah judul gambar tersebut, tambahkan caption sederhana, alt text dan deskripsi. Pengaruh dari beberapa pilihan tersebut bisa secara signifikan meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencari.

7. Buatlah konten kamu mudah dibagikan

Media sosial telah berkembang pesat beberapa tahun belakangan. Saat ini, hampir setiap pengguna web aktif di berbagai jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan banyak lainnya. Membuat konten yang mudah dibagikan membuat para pembaca konten website kamu dapat secara bebas membagikan ulang konten tersebut ke berbagai media sosial yang berbeda. Dan hal ini dapat meningkatkan trafik yang signifikan ke website kamu.

Close-up Photography of Smartphone Icons

 

Menambahkan tombol “Share” atau “Bagikan” ke website kamu tidak hanya dapat meningkatkan trafik, tapi juga memperbaiki kredibilitas website kamu. Jadi, jangan pernah meremehkan kekuatan sosial media ya!

 

8. Membuat Konten yang Berkualitas

Apakah taktik SEO yang paling sering digunakan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari?

Itu adalah konten yang berkualitas tinggi dan dapat menarik banyak pengunjung.

Ketika kamu menjalankan sebuah website perusahaan atau blog, kamu membutuhkan konten yang berkualitas untuk mendapatkan ranking teratas. Ide konten yang berkualitas tidak hanya yang bebas dari “grammar errors” dan kesalahan pengejaan saja, tetapi juga harus berkaitan dengan pembaca.

Ciri-ciri konten berkualitas antara lain:

  • Unik: Google membenci konten “colongan” dan tidak segan-segan menghukum siapapun yang melakukan tindakan plagiat. Menambahkan kutipan dalam konten kamu bukanlah sebuah masalah, namun jika mencuri seluruh konten? Tentu itu merupakan tindakan yang salah. Kamu tentu saja boleh menulis ide.konsep yang sama, namun jangan mencuri keseluruhan isinya.
  • Shareable: Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, konten berkualitas itu berarti konten yang dapat dibagikan oleh pengguna ke teman-teman atau followersnya. Kamu dapat menulis postingan yang bersifat personal, lucu, atau seram sekalipun selama itu dapat dibagikan.
  • Membantu, informatif dan dapat ditindaklanjuti: Faktanya, orang mengakses internet untuk mencari informasi yang bermanfaat. Menawarkan informasi yang sedang mereka cari adalah salah satu kunci kesuksesan SEO. Postingan yang informatif, tutorial, postingan how-to-do, dan sejenisnya itu sangat membantu karena mereka menuntun audiens kamu untuk belajar atau membantu menyelesaikan masalah serupa. Maka dari itu buatlah konten yang mendidik dan membantu mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

 

9. Gunakan “Heading Tags” yang Tepat

Sehubungan dengan cara berlatih SEO yang baik, dalam menggunakan heading tags sangatlah krusial. Bagaimanapun, jika kamu seorang pemula, kamu mungkin tidak sadar akan adanya heading tags dan bagaimana menggunakannya secara benar.

Kamu bisa melihat heading tags pada “editor” kamu, dan diijinkan untuk memilih dari heading 1 hingga 6. Tapi mana yang harus kamu pilih?

Tag H1 harus selalu dikerjakan untuk judul pada sebuah postingan dan sangatlah penting untuk membuat H1 yang jelas dan informatif. Judul yang kamu buat harus bisa menggambarkan inti dari konten tersebut, sehingga pembaca tertarik untuk membaca hanya dengan melihat judulnya saja. Jika kamu sudah menggunakan H1 dengan tepat, kamu bisa menggunakan H2 untuk heading tambahan dan H3 dan H4 dan seterusnya.

Heading tags is a crucial things in SEO

Penggunaan “Heading Tags” tidak hanya penting untuk berlatih teknik SEO tapi juga bagus untuk meningkatkan pendekatan user. Hal ini bisa membantu user kamu dalam memahami konten yang kamu buat.

10. Menggunakan link dan “Anchor Text” dengan tepat

Kamu mungkin tau bahwa menambahkan tautan tambahan ke postingan merupakan hal penting, tapi kamu mungkin tidak sadar tentang cara mengoptimalkan upaya SEO kamu yang berhubungan dengan tautan.

Tautan ke postingan: Sebagian besar pemilik website sering lupa untuk menyambungkan postingan mereka ke postingan lainnya pada website. Menyambungkan postingan kamu sendiri dapat meningkatkan upaya SEO sebaik UX pada website kamu Tentu saja hal ini penting kalau antara satu post dan lainnya berkaitan.

Selama bertahun-tahun, mesin pencari terus berevolusi. Mereka mulai menyadari banyaknya metriks untuk memperbaiki peringkat. Bagaimanapun juga, “link relevancy” adalah salah satu metriks yang penting diantara yang lain, yang ditentukan oleh keduanya yaitu anchor text dan konten dari halaman website tersebut. Sebelum update Google Penguin (2012), anchor text dianggap sebagai cara termudah bagi Google untuk mengerti relevansi dari setiap situs.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

1 Comment

  1. Ety chaniago berkata:

    Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *