5 Cara Untuk Mengenal Target Audiens Kamu
Maret 10, 2016
Bagaimana Memaksimalkan Waktu di Social Media Untuk Hasil Yang Maksimal
Maret 15, 2016
Show all

3 Langkah Untuk Meningkatkan Kekuatan Brand Kamu

Jika kamu adalah pemilik bisnis yang baik, pasti kamu akan meletakkan brand sebagai sesuatu yang “istimewa”. Dan sebaliknya jika kamu hanya menganggap brand itu sekedar logo dan tagline saja, maka itu akan menghambat pertumbuhan bisnis kamu. Mengapa begitu? Karena sekali saja kamu memperhatikan brand dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan tahu kemana dan kepada siapa brand tersebut kamu tunjukkan. Sehingga memudahkan kamu untuk berkembang lebih cepat. Dikutip dari socialmediatoday, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk meningkatkan kekuatan brand kamu saat ini :

Tegaskan Siapa Kamu – Apa yang Kamu Lakukan – Kepada Siapa Kamu Lakukan Itu

Jika ketiga point tersebut telah kamu penuhi, maka kamu sudah siap mempertahankan brand yang selama ini telah melekat pada bisnis yang tengah kamu jalani. Namun jika sebaliknya, bersiap sajalah bisnismu tidak akan berkembang seperti pesaingmu yang lain. Kamu harus memperjelas seperti apa market positioning yang ada pada bisnismu. Cara ini akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan atau pelangganmu – ini membuat mereka semakin mudah untuk mengingat brand kamu dan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan memberitahukan kepada yang lain.

Pernyataan pertama dari sebuah perusahaan harusnya jelas tentang apa yang mereka lakukan dan kepada siapa mereka melakukan itu. Ini merupakan hal yang mudah untuk menulis pesan tersebut dan dengan begitu kamu akan dengan mudah membangun brand yang solid serta positioning yang lebih spesifik. Dan lagi, riset brand seperti itu juga akan membantu kamu dalam mencari kejelasan positioning perusahaanmu.

 Bangunlah Sebuah Brand Sesuai dengan Keahlian Kamu

Sebuah program konten marketing yang sudah terencana dan berfokus pada arena yang memang perusahaan kamu kuasai, merupakan nilai plus bagi usaha kamu. Tidak hanya itu, hal tersebut juga dapat membangung  brand yang tidak hanya kuat namun juga profesional. Ketika kamu berbagi keahlian yang kamu miliki melalui blog, social media, dan public-speaking, secara tidak langsung kamu membangun kredibilitas atas industri yang kamu jalani. Semakin banyak konten online yang kamu bagikan, kesempatan ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan jasa/produk kamu akan semakin besar.

Jika kamu sudah melakukannya dengan tepat, maka konten yang kamu bagikan akan menjadi sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness dan mendapatkan leads. Ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu mendapatkan perubahan yang signifikan di beberapa bulan ke depan. Dan sama pentingnya seperti mempublikasikan konten tersebut dan jangan lupa untuk mempromosikannya juga seperti melalui Search Engine Optimization (SEO), social media, dan lain sebagainya.

Perbarui Tampilan Yang Merefleksikan Brand Kamu

Walaupun logo, website dan tagline sudah kamu miliki, tidak ada salahnya jika ingin memperbarui tampilannya agar lebih menyegarkan mata viewers yang melihatnya. Tentu saja tanpa menyingkirkan feel dari brand yang sudah kamu miliki. Dengan memperbarui tampilan yang ada, maka bisa jadi leads yang masuk ke dalam perusahaanmu akan membaik. Namun sebaliknya, jika ketika seseorang melihat website kamu dan melihat kapan terakhir kamu mengupdate web tersebut (mungkin waktu yang sangat lama), maka jangan bersedih jika itu merupakan kunjungan pertama dan terakhir di website kamu.

Ketika kamu dihadapkan dengan sales yang menurun, leads yang stagnan, serta iklan yang tidak membuahkan hasil, mungkin hal pertama yang kamu lakukan adalah menurunkan harga, meniriu pesaing yang lebih sukses, tanpa memikirkan efek jangka panjangnya. Hal ini bisa jadi adalah sebuah kesalahan, mengapa? Karena kamu tidak berpikir secara matang tentang apa yang dilakukan dan terkesan terburu-buru.

Menciptakan brand bukanlah sesuatu yang mudah, namun tidak juga sulit. Selama kamu sudah mengetahui goals yang ingin kamu capai dan kepada siapa kamu menciptakan brand tersebut — pasti akan jauh lebih mudah menemukan “jati diri” perusahaan kamu. Jangan lupa untuk disisipi dengan pengetahun Digital Marketing yang paten.

Pada tanggal 30-31 Maret 2016 ini, Toffeedev akan menggelar Digital Marketing Classroom bagi kamu yang  ingin menambah ilmu tentang Digital Marketing seperti SEO, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain. Classroom ini terbuka untuk pelajar/mahasiswa, pebisnis dan juga untuk umum. Yuk segera daftarkan diri kamu dengan menghubungi 021-5890 1608/09, limited seats!

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *