WordPress Meningkat Jauh Hingga 27% Pada Market Share
November 29, 2016
Toffee Podcast Bersama Welly Mulia dari ProfitMagnet
Desember 1, 2016
Show all

Hal Penting Dalam Landing Page Adalah Membuatnya Menjadi Lebih Relevan

Salah satu komponen utama dari menjalankan kampanye iklan PPC adalah memastikan Anda memiliki halaman arahan / landing page yang relevan terkait dengan iklan. Hal itu karena halaman arahan merupakan titik sentuhan pertama sebuah prospek dengan merek Anda, jadi sangat penting bagi Anda untuk membuat kesan pertama yang hebat dan memberikan pengalaman hebat. Landing page adalah alat terbaik bagi Anda untuk melakukan hal itu.

Dimulai dari pencocokan pesan dan kemudahan navigasi, orisinalitas dan kepercayaan, ada banyak cara untuk mengoptimalkan halaman arahan dan iklan PPC dengan membuat mereka lebih relevan satu sama lain. Berikut adalah empat cara yang dapat Anda terapkan:

1. Usahakan Pesan Anda Jelas dan Konsisten dengan Iklan dan Halaman landas Anda

Kecocokan Pesan

Kebanyakan dari pengiklan tidak memperhatikan bagian kecocokan antara iklan dengan hal-hal yang ada pada halaman arahan mereka. Ketika Anda menjalankan kampanye AdWords, pastikan promosi Anda tetap sama selama seluruh proses periklanan Anda. Hal ini disebut sebagai pencocokan pesan.

Jika iklan PPC Anda mempromosikan percobaan gratis, halaman arahan Anda juga harus memiliki penawaran percobaan gratis. Bahasa dalam iklan juga harus serupa agar tetap terjaga konsistensi yang membantu memperkuat pencocokan dengan halaman arahan, yang merupakan salah satu variabel Google dalam menentukan untuk Skor Kualitas Anda. Hal ini membuat pengunjung website mudah untuk mengerti apa yang anda tawarkan.

Call-to-Action

CTA pada halaman arahan Anda sebaiknya dibuat sejelas mungkin tentang penawaran terkait yang Anda berikan. Dalam beberapa kasus percobaan menunjukkan bahwa perubahan teks CTA, bahkan hanya mengganti satu kata, dapat meningkatkan konversi.

Oleh karena itu, penting bahwa Anda seharusnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki ataupun mengoptimalkan halaman landas serta CTA-nya pada posisi yang terlihat saat pertama kali orang mengunjungi halaman tersebut.

Beberapa cara sederhana untuk meningkatkan CTA halaman landas Anda, diantaranya:

  • Letakkan CTA pada lokasi dimana pengunjung pasti dapat melihatnya. Sebagai contoh diletakkan pada posisi yang dikenal dengan istilah “Above the Fold”
  • Buatlah desain tombol CTA Anda dengan warna yang kontras dan menarik
  • Gunakan kata dan frase kata ajakan suatu aksi kepada visitor yang menarik, seperti “Unduh Panduan Diet Alami Gratis!”

2. Gunakan Konten Yang Menarik Dan Khusus Pada Setiap Halaman Landas Anda

Konten Khusus

Orang tidak ingin melihat konten yang sama di semua halaman landas yang berbeda. Oleh karena itu, lebih baik membuat konten baru khusus untuk orang-orang yang masuk ke landing page Anda, yang membuatnya lebih terarah ke satu produk / jasa yang akan ditawarkan yang pada akhirnya juga akan memberikan nilai tambah pada nilai iklan Anda.

Pendekatan

Jika Anda menjalankan kampanye PPC dengan benar, Anda sedang mengirimkan prospek ke halaman landas karena halaman landas yang berdiri sendiri ini di desain untuk mengkonversi iklan berbayar menjadi leads. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat konversi lebih mudah:

  • Berkomunikasi kepada pengunjung dengan nada yang ramah. Penting untuk menggunakan nada yang baik dan tepat pada iklan PPC dan halaman landas karena perlu diingat Anda ingin keduanya relevan satu sama lain sehingga perlu dibuat senada pada keduanya. Ketika melakukan penulisan untuk keduanya, pikirkan bahwa seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seseorang yang merupakan target bisnis / jasa Anda. Hal tersebut akan membuat penulisan Anda menjadi natural, sehingga mudah di pahami oleh prospek dalam pendekatan Anda.
  • Gunakan daftar penomoran, poin-poin, dan konten lain yang mudah di pahami.  Biasanya orang klik pada iklan AdWords untuk sesuatu yang spesifik tidak bersabar untuk membaca penulisan yang panjang. Mereka ingin menelusuri dengan harapan menemukan apa yang sedang mereka cari. Semakin Anda komunikasikan pesan dengan lebih baik dan lebih sederhana, semakin banyak pengunjung akan merasakan keterkaitan dengan pesan Anda, dan semakin banyak konversi yang akan Anda dapatkan.

3. Jelaskan Nilai Jual Unik Anda Kepada Pengunjung

Terkadang Anda hanya harus basa-basi sedikit. Katakan pada pelanggan potensial Anda mengapa produk / jasa Anda unik dan mengapa mereka harus memilih Anda dari pada kompetitor. Gunakan nilai jual secara langsung dan menarik di kedua iklan maupun haaman landas dalam upaya meningkatkan ROI iklan dan memperbaiki keseluruhan kampanye PPC.

Apakah jasa Anda menawarkan percobaan gratis tanpa memerlukan kartu kredit? Kemudian tuliskan hal itu pada iklan hasil pencarian dan halaman landas Anda. Sebisa mungkin tuliskan semua hal secara mendetil mengenai jasa / produk kepada pengunjung.

4. Memadukan Sinyal Kepercayaan

Membangun hubungan emosional dengan target audien sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan keberhasilan mengkonversi mereka menjadi lead ataupun penjualan. Untuk melakukan hal itu, padukan sinyal kepercayaan pada kedua iklan PPC dan halaman landas Anda.

Sinyal kepercayaan selalu ditemukan pada beberapa halaman landas yang paling efektif, dan membutuhkan beberapa bentuk berbeda. Dua bentuk yang paling umum dari sinyal kepercayaan adalah informasi kontak dan bukti sosial.

  • Informasi Kontak. Menyembunyikan informasi kontak dari calon pelanggan dapat dianggap tidak dapat dipercaya. Buatlah bisnis Anda dapat diakses dengan membuat informasi kontak yang dapat dilihat oleh publik. Dengan adanya daftar nomor telepon maka calon pelanggan tahu bahwa bisnis Anda bukanlah tipuan belaka.
    Tip: Sebisa mungkin buatlah nomer telepon Anda “click-to-call” agar mempermudah pengunjung melakukan konversi pada halaman landas Anda.
  • Bukti Sosial. Hal ini termasuk ulasan, peringkat, dan testimonial dari pelanggan sebelumnya atau yang sudah ada. Manfaatkan dukungan oleh orang lain adalah cara yang bagus untuk meyakinkan pengunjung bahwa iklan, halaman landa dan merek Anda secara keseluruhan dapat dipercaya. Meskipun tidak mungkin untuk menyertakan ulasan lengkap di iklan, Anda dapat menarik perhatian prospek dengan sebagian ulasan dan tuliskan ulasan lengkap di halaman landas Anda.

Selain memiliki pesan yang tepat dalam iklan PPC serta relevan dengan halaman landas, praktek percobaan halaman landas Anda merupakan salah satu cara untuk meningkatkan konversi kampanye yang Anda jalankan. Semakin Anda menerapkan tips diatas ke dalam iklan PPC dan halaman landas, semakin baik hasil kampanye iklan PPC yang akan Anda dapatkan.

Bagaimana dengan Anda? Seberapa relevan iklan PPC dengan halaman landas Anda?

 

Source : www.wordstream.com

David Antonny
David Antonny
AdWords Specialist at ToffeeDev. Graduate From Bina Nusantara University ( 2012 )

1 Comment

  1. Wah terima kasih, tips nya sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *