DesignAwards.Asia Design Of The Day
Pentingnya Identitas Visual bagi Sebuah Brand
Maret 15, 2018
Mengapa Harus Melakukan SEO Untuk Website Kamu?
Maret 26, 2018
Show all

4 Tips Untuk Meningkatkan Performa Iklan Google AdWords Search

Selamat datang di ToffeeDev Sharing Monday!

Hari ini bersama David Antonny, Digital Marketing Strategis di Toffeedev. Kali ini kita akan membahas tentang Digital Marketing khususnya performa Google Adwords ada 4 tips yang akan saya bagikan hari ini kepada teman-teman sekalian.

Pertama adalah jumlah keyword yang digunakan jangan terlalu banyak dan kalau bisa sesuaikan dengan budget yang teman-teman punya. Misal teman-teman punya budget hanya seratus ribu per hari sedangkan keyword yang digunakan itu  ada 20 misalnya. Dari budget yang ada misalnya seratus ribu tadi secara otomatis dari Google itu akan membagi porsi budget tadi sesuai dengan jumlah keyword.

Jadi 100 ribu dibagi 20 dan jeleknya lagi adalah pembagian tersebut tidak rata sehingga performa iklannya itu akan kurang baik. Kalau misalnya bagi teman-teman yang punya budget terbatas disarankan menggunakan tes dan ukur misalkan tadi kita hanya gunakan 3 keyword dulu apabila performanya kurang baik maka kita akan ganti dengan yang keyword yang lainya yang sudah kita ajukan, tentunya juga kita menggunakan keyword ini melalui research dahulu.

Tips kedua adalah target lokasi. Target lokasi itu kita gunakan sesuai dengan target marketnya kita misalnya contoh paling gampangnya itu, Gojek. Gojek pertama kali beroperasi di Jakarta, untuk meraih pengunjung dari pasar di Jakarta, ia lebih baik menargetkan orang-orang yang ada di Jakarta ketimbang langsung menargetkan secara keseluruhan di satu Indonesia.

Kenapa? Karena kalau misalnya kita targetkan secara luas dan sedangkan market kita itu misalnya di Jakarta saja itu akan membuang budget yang ada, jadi lebih baik kita fokus target sesuai dengan marketnya dulu. Dimana ada pembeli kita dimana kita targetkan disitu.

Kemudian yang ke 3 itu kita gunakan gaya bahasa untuk teks iklannya, maksudnya gimana? Misalnya bisnis teman-teman sekalian itu adalah B2B (Business to Business), kalau misalnya B2B kita mengarang teks iklannya itu seperti asal-asalan, kira-kira ketika orang melihat iklannya teman-teman bakal diklik atau tidak sama si pencari? Jadi kalau misalnya teks iklannya untuk B2B mungkin kalian bisa gunakan gaya bahasa yang professional dan juga sedikit formal yang kira-kira bisa diterima pencarinya di Google Search.

Lalu yang ke 4 itu adalah ekstensi. Gunakan ekstensi sebanyak mungkin, pada Google Adwords ini extensi itu ada kurang lebih 5 atau 6 sekarang yang sudah bisa digunakan diiklan Google Search, salah satunya itu misalnya telepon. Nomor telepon itu kalo misalnya kita gunakan atau tampilnya di pencarian mobile itu langsung bisa menghubungi nomor yang tertera di iklan tersebut, bisa langsung call, namanya itu Click to Call.

Selain itu juga ada beberapa lagi misalnya lokasi alamat itu kalo misalnya kita klik akan langsung terhubung ke Google Maps. Ekspedisi seperti itu yang sekiranya harus digunakan, sebisa mungkin di gunakan, sebanyak mungkin pada kampanye iklan teman-teman. Kenapa? Itu juga menambah kepercayaan dari orang-orang ketika melihat iklan tersebut.

Dan ada tips bonus terakhir, yang ke-5 itu sebisa mungkin kita gunakan conversion tracking.
Conversion Tracking itu gunanya apa? Untuk mengetahui seberapa efektifnya kampanye iklan teman-teman sekalian yang sudah menghasilkan itu berapa, misalnya untuk online shop, jumlah klik-nya itu sudah ada 100 tapi conversion-nya itu yang beli adalah hanya 1. Nah disitu teman-teman dapat data untuk analisa ke tahap optimasi selanjutnya, oke kira kira itu dia tips dari saya kali ini, saya ulangi lagi:

  1. Gunakan jumlah keywords yang sesuai dengan budget
  2. Fokuskan target lokasi iklannya sesuai dengan target market dari bisnis Anda
  3. Gunakan gaya bahasa sesuai dengan bisnis Anda
  4. Gunakan ekstensi pada file extensi atau fitur fitur yang ada pada iklan Google Adwords
  5. Gunakan conversion tracking gunanya untuk mengetahui seberapa efektifnya kampanye iklan tersebut


Cukup sekian, sampai disini dan sampai jumpa di ToffeeDev Sharing Monday yang lainnya.

David Antonny
David Antonny
AdWords Specialist at ToffeeDev. Graduate From Bina Nusantara University ( 2012 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *