Sales Funnel
Sales Funnel dan SEO: Repeat Purchase hingga Loyalitas Customer 
Juli 7, 2020
e Commerce Website Design Tips
Dapatkan e-Commerce Website Design Tips yang Berkualitas
Juli 10, 2020
Show all

5 Cara Buat e-Commerce Dengan WordPress

Cara Buat e Commerce Dengan WordPress

Cara Buat e Commerce Dengan WordPress

Sebagai sebuah Content Management System (CMS), WordPress memiliki beragam keunggulan dibandingkan lawannya. Ya, ada dua CMS lainnya yang bisa dibilang menjadi lawan dari WordPress, yaitu Drupal dan Joomla. Namun seberapa besar nama dari kompetitornya, WordPress tetap diunggulkan. Sudah banyak testimoni yang menyatakan bahwa WordPress jauh lebih mudah untuk digunakan, bahkan untuk orang awam. Selain itu, dengan WordPress, Anda juga bisa mudah membuat website e-Commerce. Bagaimana cara buat e-Commerce dengan WordPress?

Dalam aktivitas berbelanja masyarakat hari ini, tidak dapat dipungkiri sudah berubah ke arah belanja online. Semakin hari, semakin banyak yang tahu betapa mudahnya belanja online. Untuk itulah dari sisi produsen sendiri, Anda sebaiknya mulai membuat website e-Commerce sendiri. Tentu saja hal tersebut bisa dilakukan di WordPress. Untuk lebih lengkap mengenai barisan caranya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Miliki Website di WordPress

Sebagai langkah awal, tentu saja Anda harus memiliki website terlebih dahulu di WordPress. Cara membuatnya pun mudah. Anda tinggal masuk ke website WordPress dan mengikuti setiap cara yang diminta. Dengan begitu, Anda sudah memiliki website di WordPress. 

Kalaupun memang Anda sudah punya website di WordPress, maka itu adalah pertanda bagus. Anda bisa segera masuk ke langkah berikutnya.

Masuk ke Dalam Dashboard

Untuk bisa menambahkan fitur e-Commerce di dalam website Anda, langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam dashboard. Dalam WordPress ada fitur dashboard yang menjadi pusat pengendalian website Anda. Untuk bisa masuk ke dalamnya, Anda tinggal menambahkan wp-admin di URL utama website. Jika nama website Anda majumundur.com, maka yang harus Anda masukkan di kolom bar browser adalah majumundur.com/wp-admin. Anda tinggal login dan akhirnya Anda sudah masuk ke dalam dashboard WordPress.

Masuk ke Plugins

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali fitur yang tersedia di dalam WordPress, salah satunya adalah plugins. Untuk bisa mendapatkan plugins e-Commerce yang tepat, Anda tinggal mencari fitur/menu Plugins lalu pilih Add New. Dengan ini, Anda bisa memasukkan plugin baru ke dalam website.

Cari WooCommerce

Salah satu plugin e-Commerce yang bisa diandalkan di WordPress adalah WooCommerce. Anda tinggal mencarinya di dalam kotak pencarian, lalu pilih opsi Install. Setelah itu, Anda tinggal menunggu beberapa menit hingga plugin tersebut sukses di-install.

Lakukan Aktivasi

Sekarang, Anda tinggal langsung melakukan aktivitas plugin WooCommerce. Caranya dengan mengklik tombol Activate Plugin. Dengan begitu, maka website bisnis Anda sudah secara otomatis memiliki halaman untuk berjualan online. 

Namun untuk bisa mendapatkan fitur yang lebih baik, Anda juga bisa install WooCommerce Pages. Memang untuk ini bisa terbilang opsional. Tinggal dari Anda saja. Mau menggunakannya atau tidak. Pilihan ada di tangan Anda. Tapi tenang saja. Walaupun tanpa menggunakan WooCommerce Pages, Anda tetap bisa berjualan di website dengan optimal.

Itulah penjelasan tentang beberapa cara buat e-Commerce dengan WordPress. Jika memang bisnis Anda membutuhkan website e-Commerce yang lebih berkualitas dan optimal, ToffeeDev bisa memenuhinya dengan Jasa Pembuatan Website e-Commerce. Kami siap memberikan solusi bisnis online kepada Anda dengan membuat website yang berkualitas. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

 Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *