Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat SEO Untuk Pemula
November 16, 2018
5 Manfaat SEO Untuk Bisnis Baru Anda
November 21, 2018
Show all

5 Cara Kerja SEO Terbaru Saat Ini

Beginilah cara kerja SEO

Pengoptimalan mesin pencari berevolusi dan berubah setiap saat. Setiap tahun, metode tertentu dirangkul oleh komunitas SEO sebagai ‘taktik yang harus dimiliki’, sementara yang lain didorong ke jurang karena adanya pembaruan algoritma Google. Begitulah cara kerja SEO yang selama ini selalu terjadi.

SEO telah dianggap banyak orang sebagai pertempuran yang tidak pernah berakhir antara mesin pencari dan para SEO professional yang terus memecahkan pembaruan untuk mendapatkan lebih banyak traffic dan meningkatkan visibilitas SERP untuk sementara waktu.

Namun, hal ini menimbulkan pertanyaan seperti benarkah itu cara kerja SEO yang tepat?

Ada beberapa daftar prinsip dasar yang dapat diikuti mesin pencari dan bagaimana memahami cara kerja SEO. Dalam artikel ini akan membahas beberapa taktik melalui trial dan error yang menjadi satu-satunya cara untuk berhasil mendorong kampanye Anda dalam mempromosikan perusahaan.

Sebelum membahas lebih jauh, mari pahami perspektif secara luas tentang apa yang terjadi pada SEO saat ini. Jika Anda mencari ‘Income lawyer New York’ di Google, maka Anda dapat mendapatkan hasil :

Disini dapat terlihat bahwa hasil pencarian yang sebenarnya berada di posisi tengah halaman pertama. Hal ini karena banyaknya iklan dan istilah pencarian terkait dalam halaman tersebut. Kenapa hal ini bisa terjadi? Google sebagai mesin pencarian menekan hasil organik dari pencarian tersebut.

Meskipun Google masih ingin menampilkan 10 hasil pencarian per halaman, mereka dirancang untuk menarik perhatian pembaca ke iklan, kotak jawaban, bagian ‘orang juga bertanya’, dan widget lainnya.

Kompetisi untuk mendapatkan daftar organik terus memanas, sementara para professional SEO harus meningkatkan permainan di tahun 2018 agar dapat bertahan hidup. Disinilah Anda harus belajar prinsip mana yang dapat membantu Anda.

Prinsip mendasar dari SEO saat ini

  1. Tautan masih menjadi aturan

Sejak awal SEO muncul, tautan menjadi hal yang paling penting di dalamnya. Bagian ini menjadi salah satu indikator terkuat dari kinerja situs web Google. Semakin tinggi kualitas tautan relevan yang Anda dapatkan maka semakin tinggi SERP situs web Anda.

Singkatnya tautan masih menjadi aturan dasar bagi cara kerja SEO. Masuk akal untuk berinvestasi dalam membangun tautan sebagai bagian dari upaya SEO Anda.

  1. Konten yang dioptimalkan dan relevan

Tautan vs masalah konten ini seperti menjadi masalah telur atau ayam terlebih dahulu yang muncul di bumi. Anda perlu konten untuk menarik tautan, tetapi konten Anda memerlukan tautan untuk meningkatkan peringat situs Anda dalam hasil penelusuran dan untuk membantu mengarahkan traffic ke konten.

Akhirnya, apa yang menjadi masalah adalah tautan dan konten merupakan tulang punggung dari SEO. Jika Anda ingin memecahkan halaman pertama di Google, Anda memerlukan tautan ke konten Anda yang relevan dan dioptimalkan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diingat saat Anda akan menyusun dan mengoptimalkan konten :

  • Kata kunci penting dalam konteks. Kata kunci masih memiliki relevansi yang kuat dengan Google, tetapi alih-alih memindai halaman untuk ‘tampilan kata kunci’, perayap saat ini menganalisis konteks dan kata kunci sekunder terkait dengan maksud dari penelusur.
  • Judul, deskripsi meta, atribut ALT, tag H1, dan URL sangat penting. Inilah bagian dari cara kerja SEO yang penting. Sertakan kata kunci yang ditargetkan dan relevan dalam elemen-elemen ini.
  • Meningkatkan keahlian, otoritas, dan kepercayaan Anda. Bacalah pedoman kualitas dari penelusuran Google untuk panduan tentang kualitas konten. Google mengatakan, jumlah konten yang diperlukan untuk menjadi halaman yang memuaskan tergantung dari topik dan tujuan halaman.

Singkatnya, buat proses untuk memproduksi dan berbagai konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan. Pastikan semua konten ditulis untuk masyarakat namun dioptimalkan untuk memberi makan data ke mesin penelusur.

  1. Sinyal UX memiliki dampak pada SERPs

Pengalaman pengguna (UX) memainkan peran penting dalam cara kerja situs web Anda dengan mesin telusur. Sayangnya, pengalaman pengguna ini begitu bergantung pada banyak faktor seperti infrastruktus, konten, dan dtata letak situs. Hal ini menjadi sangat sulit untuk diukur.

Mengetahui bahwa situs Anda tidak memiliki perspektif UX dapat memberikan pengalaman yang menyakitkan. Dengan demikian berarti beberapa professional SEO memilih untuk tidak berurusan dengan hal tersebut sama sekali.

Namun, jika Anda ingin memenangkan SEO di tahun 2018 ini, maka menguasai UX adalah sesuatu yang Anda butuhkan. Anda dapat meng-outsource bagian dari desain dan tata letak sebagian dari proses, namun Anda juga harus melakukan :

  • Pastikan waktu dan RKPT tinggi dengan rasio pentalan yang rendah. Meskipun sinyal ini telah ada selama beberapa waktu dan Google tidak menggunakannya sebagai peringkat langsung, mengoptimalkan situs Anda untuk keterlibatan yang tinggi tidak akan merusak. Bahkan hal ini dapat membantu secara tidak langsung.
  • Tingkatkan arsitektur situs. Bagian utama di sini adalah dengan meningkatkan navigasi situs web dan memastikan bahwa mesin pencari dapat merayapi semua laman dan dan pengguna dapat dengan mudah menemukan laman yang mereka cari. Semakin sederhana maka akan semakin baik pendekatan bekerja dengan sempurna di sini.
  • Optimalkan kecepatan. Terlepas dari platform, situs Anda harus dapat tampil 2 detik setelah dibuka. Kompresi gambar, pengoptimalan kode, dan struktur yang lebih cepat akan membantu.
  • Menarik professional UX untuk mengoptimalkan perjalanan pelanggan sesuai dengan maksud pengguna. SEO telah berevolusi menjadi hal yang lebih berfokus pada pengguna internet, Anda harus bekerja sama dengan orang-orang yang memahami UX untuk memberikan pengalaman digital yang luar biasa di setiap tahap perjalanan.

Secara singkat, optimasi UX telah menjadi bagian mendasar dari SEO. Mereka berfokus pada pengunjung yang kemungkinan akan bermain peran penting di masa depan.

  1. Mobile SEO bisa berhasil, bisa juga tidak

Google bertekad untuk menggunakan indeks selular untuk memberi peringkat dan menampilkan hasil pencarian di semua perangkat, sekarang saatnya untuk memoles situs web Anda yang ramah akan mobile-view.

Sayangnya, meskipun langkah google masuk akal dengan membuat situs Anda menjadi lancar di tampilan selular maupun desktop tidaklah mudah.

Untuk memulai, Anda harus berinvestasi dalam desain responsive karena Google yang merekomendasikannya. Anda juga harus membuat konten Anda menjadi konsisten di seluruh perangkat desktop dan seluler serta memastikan situs web Anda cepat dan mudah. Singkatnya adalah

  • Optimalkan konten Anda untuk pengguna seluler.
  • Mempercepat kecepatan halaman situs Anda
  • Tingkatkan kesesuaian untuk seluler

Jika Anda tidak ingin mendapatkan peringkat buruk di Google, maka Anda harus memiliki tampilan seluler.

  1. Pencarian dengan suara sudah menjadi hal yang lumrah

Meskipun awalnya para professional SEO tidak percaya bahwa penggunaan pencairan dengan basis suara akan merevolusi SEO, sepertinya tidak bagi pengguna internet. Northstar Research melaporkan bahwa 55% remaja AS dan 41% orang dewasanya menggunakan pencarian dengan basis suara ini.

Menurut Google, lebih dari 20% dari semua penelusuran seluler adalah penelusuran suara.

Maka masuk akal jika untuk memulai mengoptimalkan pencarian dengan basis ini mulai sekarang. Setidaknya Anda dapat memulai dengan langkah ini :

  • Mengoptimalkan konten dengan menggunakan masalah alami seperti kata kunci yang selaras dengan maksud pencari dan dapat menjawab pertanyaan pengguna.
  • Optimalkan untuk cuplikan unggulan dari situs Anda.
  • Buat dan markup halaman FAQ (gunakan skema dengan tanya jawab).

Kesimpulannya, meskipun pengoptimalan penelusuran berbasi suara tidak harus Anda miliki sekarang, maka pengoptimalan yang terkait akan masuk akal dan dapat membantu Anda memiliki lebih banyak posisi di Google.

Gabungkan dan melakukan eksperimen dengan uji coba kesalahan

Kesuksesan sebuah SEO paling sering berasal dari praktik yang baik ditambah beberapa usaha trial and error. Saat ini prinsip dasar yang telah dijelaskan tentang cara kerja SEO di atas adalah untuk Anda gabungkan dan membuat eksperimen.

Sayangnya aturan SEO ini tidak tertulis pada kertas atau secara nyata. Aturan dan taktik bisa berubah sesuai dengan evolusi zaman. Tidak ada rumus SEO yang universal, hanya trial dan error yang dapat membantu Anda untuk menentukan metode SEO mana yang cocok untuk situs Anda.

Namun, ada rahasia SEO yang sederhana yaitu Anda harus mempelajari bagaimana cara menggabungkan dan bereksperimen dengan beberapa metode, lalu menganalisis hasilnya dengan mengingat bahwa semua pekerjaan Anda mungkin sia-sia karena adanya pembaruan algoritma Google atau yang dilakukan oleh situs saingan Anda.

Dalam prosesnya Anda dapat menyaring taktik yang bekerja baik kemudian menghapus apa yang tidak dapat berfungsi lalu mengulanginya lagi. Dengan begini, Anda tidak akan pernah berakhir dengan strategi SEO linier yang dapat menipu Google. Biasanya Google memiliki cara untuk menemukan situs yang akan menipu algoritma mereka.

Referensi : https://www.searchenginejournal.com/how-seo-works-exactly/243757/

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *