8 Cara Efektif Untuk Menjadi Faster Learner (Part 1)
Maret 3, 2016
PageRank Hampir Punah. Sekarang Jamannya RankBrain
Maret 8, 2016
Show all

8 Cara Efektif Untuk Menjadi Faster Learner (Part 2-End)

Jika sebelumnya pada Part 1 kita sudah membahas 4 cara untuk menjadi faster learner, di part kali ini kita akan membahas 4 cara lainnya agar lebih cepat menangkap ilmu yang diberikan. Jika kamu ingin menjadi orang yang cepat dalam menerima informasi, mungkin beberapa cara ini bisa membantu kamu. Berikut adalah beberapa cara efektif menjadi faster learner (part 2):

Tulislah Catatan

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak mudah mengingat sesuatu, maka alangkah baiknya kamu menulis beberapa catatan atas apa yang tengah disampaikan. Jika tidak, maka bersiaplah kamu tidak akan mengingat apapun yang disampaikan oleh atasanmu. Metode sederhana ini suka tidak suka dan mau tidak mau dapat memaksa kamu untuk memahami kembali apa dasar dari materi yang diberikan. Hal ini juga dapat membantu kamu membuat framework dengan gayamu sendiri.

Berlatihlah

Biasanya kamu hanya berlatih agar tubuhmu sehat saja, namun sebenarnya otakmu juga membutuhkan hal tersebut. Latihan yang ringan seperti yoga, dapat membantu kamu menjadi seorang faster learner. Jika dalam keseharian kamu hanya duduk berdiam, pasti tubuhmu juga sedikit banyak membutuhkan pergerakan. Kalau kamu tidak melakukan exercise, maka otakmu pun akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Ini sangat berkesinambungan. Dengan kata lain, jika kamu melakukan sesi latihan yang ringan, maka kamu sudah siap kembali beraktifitas tanpa harus kekurangan konsentrasi.

Temukan Konteksnya

Jika kamu ingin dapat cepat menangkap apa yang rekan kerjamu sampaikan, temukan konteks yang benar dalam topik pembicaraannya. Temukan informasi yang sesuai dan dapat diimplementasikan ke dalam pekerjaan yang dibebankan kepada kamu. Tidak hanya itu, jika kamu masih sulit menerima apa yang ia katakan, cobalah temukan sesuatu yang menarik perhatianmu; coba hubungkan dengan informasi tersebut. Dengan cara ini maka kamu akan menemukan betapa indahnya proses pembelajaran untuk ke arah yang lebih baik dan tentunya menjadi seorang faster learner yang baik.

Belajar Setiap Hari

Mungkin sebagian dari kamu yang sudah bekerja lama di sebuah perusahaan, akan sedikit enggan untuk belajar seperti jaman sekolah dulu. Dan inilah yang membuat otak kamu menjadi jauh lebih lamban dari biasanya. Cobalah biasakan untuk membaca supaya ilmu atau informasi yang kamu punya bertambah secara berkala. Tidak perlu membaca secara umum sepeti jaman sekolah dulu, cukup membaca buku yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu. Misal, kamu adalah seorang programmer, bacalah buku yang berkaitan dengan dunia tersebut. Semakin sering kamu membaca, maka itu akan semakin membuat kamu mengingat apa yang kamu pelajari.

Demikian itulah beberapa cara agar kamu dapat menjadi seorang faster learner. Sebenarnya beberapa cara diatas mudah untuk diterapkan, hanya perlu dibiasakan agar semuanya dapat berjalan sesuai yang kamu inginkan.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *