Struktur Website yang Baik
Apa saja Isi Dari Struktur Website yang Baik?
April 15, 2020
Mengenal Comparing Keywords Dalam SEO
Comparing Keywords: Jenis Keyword Dalam SEO
April 15, 2020
Show all

Mengapa Algoritma Google Harus Di-Update?

Alasan Algoritma Google Di Update

Alasan Algoritma Google Di Update

Sebagai raksasa teknologi, Google menjadi bagian penting di tengah masyarakat dunia. Keberadaannya telah menghadirkan berbagai macam teknologi sekaligus inovasi yang memudahkan kita menjalani aktivitas sehari-hari. Sebut saja ada Google Maps, Google Drive, hingga Gmail. Namun tidak hanya itu. Sebenarnya ada satu produk dari Google yang paling sering digunakan sejak awal mengenal internet yaitu Google Search Engine atau mesin pencari Google. Agar Google Search Engine bisa berjalan dengan baik, maka dibutuhkan algoritma Google.

Algoritma Google sengaja diciptakan oleh raksasa teknologi ini untuk mengatur skema hasil pencarian yang keluar di setiap browser dari para penggunanya. Ketika menggunakan algoritma tersebut, maka hasil yang diberikan sudah pasti sesuai dengan keinginan pengguna karena sesuai keyword. Selain itu dari segi Google sendiri, mereka juga bisa memfilter konten yang sesuai aturan yang sudah dibuat.

Seiring berjalannya waktu, Google tahu bahwa di luar sana banyak pemilik website yang berusaha bermain kotor agar konten atau website mereka bisa berada di halaman pertama mesin pencari sesuai keyword yang dimasukkan. Apalagi ketika mereka melakukan optimasi sesuai SEO tetapi dengan gaya Black Hat yang pastinya sudah menyalahi aturan dari Google.

Itulah yang membuat Google selalu berusaha melakukan update algoritma setiap waktunya. Terkadang bisa sebulan satu kali, terkadang juga bisa tiga bulan sekali. Tergantung dari hasil pengerjaan yang mereka lakukan. Namun di luar itu, banyak juga yang menanyakan mengapa algoritma Google harus terus di-update? Simak penjelasannya di bawah ini.

Google ingin menjaga ekosistem

Sebagai sebuah mesin pencari, Google sudah pasti menguasai pasar dari search engine itu sendiri. Semua pesaing Google hanya bisa mendapatkan sisa pasar yang cenderung kecil. Itu pun masih harus diperebutkan dengan pihak lainnya. Inilah yang membuat Google sadar bahwa mereka sudah sangat besar dan harus bisa menjaga ekosistem yang ada di dalamnya.

Dengan misi ini, maka Google terus melakukan update algoritma yang bisa dibilang sering dilakuakn. Walaupun dari sisi webmaster sendiri akan merasakan dampak negatif pada awalnya – biasanya ditandai dengan trafik yang tiba-tiba turun, tetap saja hal tersebut sengaja dibuat agar Google bisa menjaga ekosistem yang dimiliki. Dengan begitu, maka pengguna Google Search Engine bisa merasa nyaman selama mencari informasi di sini.

Google ingin menghadirkan konten terbaik

Konten yang tersedia di dalam internet pasti sangatlah banyak. Masing-masing memiliki keunggulan sekaligus kelemahan yang berbeda-beda. Biasanya untuk bisa mencapai halaman pertama Google Search Engine, mereka menggunakan strategi SEO. Dari sana, akhirnya akan terfilter mana saja konten yang layak untuk tampil di halama pertama Google Search Engine. Dan itu pun masih diatur oleh Google melalui algoritmanya. Maka dari itu, jika sekarang Anda mencari informasi di Google Search Engine, maka bisa dibilang, Anda telah mendapatkan konten terbaik di halaman pertama.

Google tidak mau ada Black Hat SEO

Dalam SEO, ada teknik Black Hat yang sebenarnya menyalahi aturan yang telah dibuat Google. Walaupun sudah diperingatkan bahwa segala macam konten dengan Black Hat SEO akan ditumpas, tetap saja hingga detik ini ada yang menggunakan teknik ini. Akhirnya mau tidak mau,Google harus terus melakukan update algoritma agar bisa secara perlahan-lahan mematikan website dengan Black Hat SEO sekaligus menyadarkan mereka untuk menggunakan teknik yang sudah pasti sesuai aturan yaitu White Hat.

Baca Juga: Penjelasan Teknik White Hat SEO Yang Disukai Google

Itulah beberapa poin mengapa algoritma Google harus terus update. Jangan lupa share dan berikan komentar di artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

2 Comments

  1. Makharya Cargo berkata:

    menurut saya, semakin kesini google lebih mengutamakn konten yg relevan … jdi pengaruh backlink bukan nomor satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *