Apa itu PPC
Apa itu PPC dan Bagaimana Efeknya Untuk Bisnis Anda?
Maret 6, 2020
URL itu Apa
URL itu Apa? Mengapa Penting Dalam Internet?
Maret 6, 2020
Show all

Apa itu CPC? Apa saja Keunggulannya Bagi Pelaku Bisnis?

Apa itu CPC

Apa itu CPC

Dunia bisnis memiliki pertumbuhan yang pesat dan memiliki ketergantungan juga terhadap satu industri. Apa industrinya? Tentu saja teknologi. Teknologi yang juga memiliki perkembangan cepat seiring berjalannya waktu, ditambah diisi oleh berbagai macam inovasi membuat praktik bisnis bisa meraup keuntungan dari sana. Salah satu teknologi bisnis yang layak untuk digunakan oleh para pebisnis saat ini adalah Cost Per Click (CPC). Sebenarnya apa itu CPC? Apa saja keunggulan dari CPC sehingga memiliki kegunaan yang tepat bagi para pelaku bisnis? Semuanya tentang CPC akan dibahas di artikel ini. Simak penjelasannya lebih lanjut.

Definisi CPC

Sesuai namanya, CPC atau Cost Per Click adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh para pengiklan kepada penyedia platform, salah satunya Google, ketika iklan mereka diklik oleh pengguna internet. Ya, CPC memang merupakan bagian utama dari Google AdSense atau pemasangan iklan di internet.

Baca Juga: Apa itu PPC dan Bagaimana Efeknya Untuk Bisnis Anda?

Jika Anda berpikir kalau CPC adalah bayaran yang akan diterima oleh pengiklan ketika iklan mereka diklik, tentu saja itu salah besar. Inilah bedanya CPC dengan jenis pemasangan iklan di internet lainnya. Anda bisa memasang iklan di website-website yang menyediakan bagian-bagian tertentu dalam website-nya untuk iklan. Pemberi ruang untuk iklan ini biasa disebut sebagai publisher.

Konsep CPC 

Sebagai sebuah cara beriklan yang menarik di internet saat ini, banyak pengiklan yang lebih memilih menggunakan CPC dibandingkan cara beriklan lainnya. Mengapa CPC bisa begitu digemari? Alasan utamanya adalah mau berapa banyak iklan tersebut muncul di website dan dilihat oleh beragam pengguna internet, tetap tidak akan dipungut biaya jika tidak diklik. Inilah mengapa CPC disukai. Jadi bagi para pengiklan, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya yang sia-sia karena pastinya setiap uang yang mereka berikan, memiliki arti sudah ada pengguna internet yang klik iklan mereka.

Kondisi ini sangat cocok untuk jenis bisnis yang merintis dan memiliki bujet tipis untuk beriklan di internet. Bahkan banyak mengatakan kalau CPC itu bisa meminimalisir risiko. Alasan utamanya tentu saja semua uang yang Anda bayarkan untuk iklan itu sudah pasti memiliki arti bahwa pengunjung bisnis Anda bertambah. Jadi bisa dibilang, tidak ada uang yang sia-sia dalam praktik iklan ini. Namun untuk para pebisnis dengan bujet besar pun tetap bisa menggunakan CPC. Keuntungan menggunakan CPC juga tidak hanya dirasakan oleh sisi pengiklan saja, tetapi juga sisi publisher.

Para pemilik website yang menyediakan ruang untuk pengiklan sudah pasti bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang banyak karena pengguna CPC sangat banyak saat ini. Sebenarnya semakin tinggi trafik yang bisa Anda dapatkan di dalam website bisa memperbesar penghasilan  yang didapatkan. 

Bagi yang tertarik menggunakan CPC untuk beriklan atau bagi para publisher, maka Anda bisa menggunakan Google AdSense. Produk dari Google ini menjadi pusat dari program periklanan internet saat ini dengan konsep CPC. Dengan nama Google itu sendiri, sudah sangat banyak penggunanya. Apalagi sistem yang jelas dengan regulasi yang tepat untuk pengiklan atau publisher dinilai pantas dan layak. Inilah yang membuat CPC dengan Google AdSense diminati.

Itulah penjelasan apa itu CPC dan keunggulannya bagi para pelaku bisnis. Jangan lupa memberikan komentar Anda dan share artikel ini. Semoga informasi yang kami berikan berguna untuk Anda semua.

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *