Apa Itu Landing Page
Manfaatkan Landing Page Untuk Website Bisnis Anda
Maret 4, 2020
Teknik Copywriting yang Berguna
4 Teknik Copywriting Untuk Materi Promosi Anda
Maret 4, 2020
Show all

Keyword Stuffing Bukanlah Hal Yang Baik Untuk SEO Anda

Apa itu Keyword Stuffing

Apa itu Keyword Stuffing

Ada sebuah hal yang sangat sering Anda jumpai dalam dunia SEO yang merupakan kesalahan besar namun tidak terlalu dipedulikan. Hal tersebut adalah Keyword stuffing. Hal ini adalah sesuatu yang akan merugikan website Anda, salah satu dampak nya adalah pinalti dari Google yang akan merusak ranking dari website Anda. Oleh karena itu marilah kita mengenal apa itu keyword stuffing agar kita dapat terhindar dari kesalahan ini kedepannya.

Apa itu Keyword Stuffing?

Keyword stuffing adalah kegiatan yang bertujuan untuk memanipulasi ranking dari hasil halaman pencarian. Caranya adalah dengan menargetkan keyword secara berlebihan dengan cara yang tidak wajar.

Anda dapat melihat ini dengan kasat mata, apabila Anda membaca konten-konten yang melakukan keyword stuffing, Anda akan merasa kualitas dari konten tersebut sangat rendah, sulit dibaca, dan memiliki kalimat yang berbelit-belit. Konten-konten seperti ini akan dianggap sebagai spam oleh Google.

Banyak sekali orang-orang yang mempraktekan teknik blackhat SEO ini, antara sadar ataupun tidak sadar. Dalam meletakan keyword ke dalam konten akan ada batasan yang harus Anda ikuti, apabila berlebihan tentu hanya akan menjadi masalah bagi Anda.

Akan lebih baik jika Anda hanya memasukan keyword sebanyak 10% dari total jumlah kata dari konten Anda, apabila ada 500 kata, maka Anda hanya cukup memasukan 5 keyword. Anda juga bisa menggunakan berbagai plugin yang tersedia untuk Anda.

Optimasi mesin pencari harus alami, jangan gunakan praktik SEO yang instan. Manfaatkan pemahaman serta pengalaman Anda, dan jangan gunakan cara yang instan yang tentu tidak bagus untuk Anda. Teknik yang bersih akan bisa membantu website Anda bertahan lebih lama di ranking hasil pencarian.

Cara Menghindari Keyword Stuffing

Latent Semantic Indexing

Salah satu cara untuk menghindari keyword stuffing adalah dengan memanfaatkan Latent Semantic Indexing (LSI). LSI sendiri adalah sebuah metode matematis yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah hubungan antara istilah dan konsep dalam konten. LSI akan memberikan Anda suggestion untuk beberapa frase yang mirip atau sinonim dengan target keyword Anda, sehingga Anda akan bisa menghindari keyword stuffing.

LSI bukanlah cara yang singkat dan gampang untuk mendapatkan ranking pada hasil pencarian, melainkan sebuah cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas dari konten Anda. Penerapan dari LSI merupakan sebuah hal yang sangat positif. Yang akan membantu konten website menjadi hal yang relevan untuk pengunjung.

Anda bisa memanfaatkan tools seperti ubersuggest untuk mencari LSI bagi target keyword Anda.

Konten untuk Manusia

Cara lainnya adalah dengan membuat konten dengan fokus utama berupa pembaca. Dengan begitu Anda akan bisa menulis konten-konten yang nyaman untuk dibaca oleh mereka. Konten yang dibuat untuk mesin akan terlihat sangat-sangat tidak nyaman untuk dibaca.

Baca Juga: Apa itu Meta Keyword? Ini yang Harus Anda Pahami

Anda akan lebih berhati-hati dalam meletakan keyword pada konten Anda dan membuat konten Anda jadi lebih enak untuk dibaca.

Fokus Dengan Konten

Keyword memang hal yang penting dalam SEO, namun sudah saatnya kita mencoba untuk fokus dengan hal lain, yaitu konten. Konten yang SEO friendly saat ini adalah konten yang relevan dengan apa yang ingin dicari oleh para pengguna mesin pencari. Semakin banyak informasi yang mereka dapatkan untuk menjawab apa yang ingin mereka cari, maka akan semakin tinggi pula kesempatan dari konten Anda untuk muncul pada halaman teratas dari mesin pencari.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *