Social media marketing adalah strategi penting bisnis
Social Media Marketing Adalah Strategi Penting Dalam Bisnis
Maret 2, 2020
Digital Nomad adalah profesi yang lahir di zaman modern
Digital Nomad Adalah Profesi yang Tak Terikat Ruang Kerja
Maret 2, 2020
Show all

Apa itu Organic Traffic & Kenapa Website Membutuhkannya?

Organic Traffic Adalah

Organic Traffic Adalah

Dalam dunia SEO, Anda akan mengenal yang namanya organic traffic, paid traffic, dan direct traffic. Hal diatas adalah istilah-istilah yang akan sering Anda dengar dalam proses pengerjaan SEO. Organic traffic adalah bagian penting dalam website. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai organic traffic dan kenapa website Anda membutuhkannya.

Organic Traffic

Istilah ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan sebuah kunjungan menuju website melalui hasil pencarian yang organik, bukan dari iklan-iklan berbayar. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan SEO.

SEO merupakan sebuah strategi yang bisa membantu website Anda untuk muncul pada halaman teratas hasil pencarian. Dengan muncul pada halaman awal hasil pencarian, kesempatan website Anda untuk dikunjungi akan semakin tinggi.

Dan yang membedakan antara organic dan paid traffic adalah penggunaan biaya. Organic bisa Anda dapatkan dengan gratis, sedangkan paid traffic akan menggunakan biaya. Faktor lainya adalah waktu dari bagaimana Anda mendapatkan hasil. Dengan paid ads, Anda bisa mendapatkan hasil secara instan, sedangkan organic akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Dan ketika Anda mengakhiri proses paid ads, maka seluruh dari traffic dari paid ads Anda akan turun dengan drastis, dan website Anda tidak akan muncul lagi pada halaman teratas hasil pencarian, sedangkan organic traffic akan bisa mempertahankan ranking dari website Anda.

Kenapa Organic Traffic Penting

User akan mengetikan query di mesin pencari dan memiliki  maksud yang sangat spesifik, Jika Anda dapat memberikan mereka solusi atau jawaban untuk pertanyaan tersebut, maka kesempatan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru, email list atau follower akan semakin tinggi.

Organic traffic juga bisa meningkatkan authority dari website Anda dan jua tingkat kepercayaan user terhadap website Anda. Banyak yang percaya bahwa, dengan berada pada peringkat teratas Google secara organik akan meningkatkan authority sekaligus kepercayan dari website Anda. Ini berarti lebih mungkin mengonversi pengunjung organik daripada pengunjung yang datang dari Facebook atau media lainnya.

Baca Juga: Temukan Cara Untuk Menarik Traffic Selain dari Google

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Organic Traffic

Seperti yang sudah disebutkan diatas, cara terbaik untuk meningkatkan organic traffic website Anda adalah dengan menggunakan SEO. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk semakin meningkatkan SEO untuk mendapatkan organic traffic Anda, seperti:

  1. Buatlah konten yang ingin dibaca oleh user

Tugas Anda adalah untuk memenuhi niat pencarian dari user dengan memberi mereka informasi yang tepat dari setiap pertanyaan yang mereka tuliskan pada hasil pencarian. Untuk dapat melakukan hal ini, Anda akan perlu untuk meriset keyword yang dicari oleh user untuk mendapatkan keyword yang akan digunakan.

Buatlah konten yang menarik, bermanfaat, serta relevan, sehingga para user akan bisa mendapatkan sesuatu dari konten-konten Anda. Hal ini juga akan semakin meningkatkan tingkat authority dari website Anda yang akan membantu website Anda untuk mendapatkan organic traffic.

  1. Link dari website berbeda

Backlink dari website lain yang relevan (yang tidak memiliki atribut nofollow) bertindak sebagai ‘suara kepercayaan’ dan ini meningkatkan peringkat organik suatu website.

  1. Website yang mudah untuk digunakan

Kemudahan dalam menggunakan website adalah faktor yang bisa membantu SEO. Anda perlu mengembangkan website yang memiliki loading time yang cepat, mobile-friendly, dan bebas dari kesalahan technical SEO lainnya. Hal ini bisa meningkatkan UX dari website Anda yang tentu saja akan meningkatkan kesempatan bagi website Anda untuk mendapatkan organic traffic.

Organic traffic akan menjadi penting karena pengguna yang mengunjungi website Anda dari hasil pencarian organic akan memiliki tujuan yang sangat spesifik dan jika Anda dapat memberi mereka solusi atau jawaban untuk pertanyaan mereka, maka bisa saja tingkat konversi untuk website Anda akan semakin meningkat.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *