Twitter Ads Platform Iklan yang Menjangkau Pengguna Twitter
Twitter Ads, Platform Iklan yang Menjangkau Pengguna Twitter
Februari 24, 2020
Search Engine Journal Pusat Informasi SEO Terbaru
Search Engine Journal, Pusat Informasi SEO Terbaru
Februari 24, 2020
Show all

Apa itu SEO Off Page? Berikut Penjelasannya

SEO Off Page Adalah

SEO Off Page Adalah

Untuk bisa menjalankan strategi SEO (Search Engine Optimization), Anda harus tahu tentang elemen apa saja yang terdapat di dalamnya. Pertama kali, Anda harus tahu apa itu SEO On Page dan SEO Off Page. Namun untuk artikel kali ini, mari membahas lebih dalam tentang SEO Off Page. SEO Off Page adalah faktor-faktor yang berada di luar dari halaman website. Namun tidak hanya itu. Bagi yang belum tahu tentang hal ini dan ingin mengetahui apa saja yang terdapat di dalamnya, berikut penjelasan lengkap tentang SEO Off Page.

Definisi SEO Off Page

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di dalam SEO ada dua elemen penting yang menjadi bagian tersendiri, salah satunya adalah SEO Off Page. Pada dasarnya, SEO Off Page adalah faktor-faktor yang berada di luar dari halaman website. Seperti yang diketahui, SEO berguna untuk menaikkan trafik website. Nah untuk bisa mencapai tujuan itu, perlu melakukan optimasi di Off Page.

Dalam Off Page, faktor-faktor yang berhubungan seperti link building dan back linking.Dengan melakukan dua hal itu, maka mesin pencari yang bertugas untuk melakukan crawling bisa melihat bagaimana reputasi yang dibangun oleh website Anda. Semakin bagus optimasi Off Page, maka semakin baik juga reputasi dari website Anda.

Namun untuk bisa mencapai tingkatkan SEO Off Page yang baik, tentu saja ada berbagai macam cara yang bisa mempengaruhinya. Cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini merupakan cara yang terbilang terbaru dan mampu memberikan efek positif saat Anda melaksanakannya.

Metode Off Page

Ada beberapa metode SEO Off Page yang wajib diketahui. Inilah ulasannya:

1. Link Building

Seperti yang sudah ditulis di poin sebelumnya, link building menjadi faktor penting dalam Off Page. Itu juga yang harus Anda lakukan dalam melakukan optimasi di bagian ini. Untuk melakukannya, sebenarnya terdengar mudah. Anda tinggal memberikan link eksternal yang berisi konten dari website milik sendiri di website lainnya. Dengan begitu, maka menjadi lebih mudah untuk menaikkan peringkat. Sayangnya untuk bisa melaksanakannya, ada berbagai macam hal yang harus dipenuhi untuk membentuk link yang berkualitas, yaitu:

  • Konten yang berkualitas dan relevan
  • Website yang terpercaya
  • Backlink yang popular
  • Link yang digunakan harus berbentuk natural, bukan JavaScript
  • Teks dari link mampu deskripsikan konten dari link target

Untuk bisa memiliki link building, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Pertama, Anda harus membuat konten yang berkualitas sehingga pantas untuk dijadikan backlink di website lainnya. Kedua, Anda juga bisa menulis konten di website lain agar nantinya bisa memasukkan link building di sana.

Perlu diingat, dalam link building harus memikirikan kualitas, bukan hanya kuantitas. Lebih baik menjadi backlink dalam jumlah yang sedikit untuk website berkualitas dan terpercaya, daripada mendapat lebih banyak backlink dari website yang tidak jelas.

Baca Juga: Memahami Perbedaan SEO On-Page dan SEO Off-Page

2. Local SEO

Saat ini Local SEO menjadi suatu hal yang penting dilakukan dalam Off Page. Dengan maraknya penggunaan smartphone serta semakin banyaknya pengguna internet, maka pencarian dengan hasil yang dikaitkan berdasarkan lokasi pengguna menjadi sebuah metode yang efektif. Itulah yang menjadi inti dari Local SEO. Untuk bisa menggunakan Local SEO, Anda bisa menggunakan Google Places for Business Page. Lengkapi informasi yang dibutuhkan agar nantinya bisnis Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh masyarakat sekitar.

3. Media Sosial

Metode dari Off Page yang bisa dilakukan adalah promosi lewat media sosial. Jangan meremehkan pengaruh media sosial untuk menaikkan brand awareness hingga trafik ke dalam website. Anda bisa mempromosikan di media sosial dengan membuat status, seperti via Twitter, Facebook, dan Instagram. Praktik ini terhitung sebagai SEO Off Page juga.

Itulah penjelasan tentang SEO Off Page yang bisa menjadi informasi berguna untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk berikan komentar dan share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *