Canva App
Canva, Aplikasi Gratis Untuk Membuat Desain Anda
Februari 19, 2020
mendapatkan backlink
Kriteria Mendapatkan Backlink yang Berkualitas
Februari 19, 2020
Show all

Backlink Dalam SEO, Apakah Mempengaruhi Ranking Anda?

SEO Backlink

SEO Backlink

Backlink adalah sebuah praktik tradisional dalam SEO. Backlink sendiri adalah ketika sebuah website menautkan sebuah hyperlink, menuju website lainnya. Anda dapat melihat struktur SEO backlink di bawah ini:

< a href=http://www.domaintujuan.com > Anchor Text </a>

SEO Backlink sendiri memiliki format bahasa HTML pada website. Pada dasarnya backlink adalah sebuah metode dimana pemilik/author website mereferensikan link yang diarahkan pada website orang lain.

Apakah Backlink Penting?

Backlink menuju situs Anda dapat menjadi sinyal untuk mesin pencari bahwa, website Anda adalah sumber yang relevan serta bagus dan dapat membantu pembaca. Jika ada banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin pencari akan menyimpulkan bahwa konten tersebut layak untuk ditampilkan pada halaman pertama di mesin pencarian pada keyword yang berhubungan.

Namun Backlink sering sekali disalahgunakan. Banyak professional SEO yang menawarkan jasa backlink dalam bentuk yang lebih menyerupai spam dan lebih menyerupai teknik black-hat SEO. Hal ini bisa saja memberikan situs Anda penalti.

Backlink akan sangat berguna bila digunakan sewajarnya, oleh karena itu hindari penanaman backlink yang berlebihan.

Baca Juga: Jika Anda Menggunakan Backlink, Apakah itu Termasuk White-Hat atau Black-Hat?

Kategori dari Backlink

Backlink sendiri dibagi kedalam 2 kategori yaitu:

1. One Way Backlink

One way backlink adalah sebuah backlink yang satu arah, dimana hanya Anda yang menanamkan link ke website-website yang dapat ditanam url website Anda tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. 

Beberapa contoh dari teknik one way backlink yaitu :

Blog Comment. Anda dapat menyertakan url dari website Anda pada setiap komen yang Anda taruh di blog. Namun saat ini, menaruh backlink dalam komen-komen di blog bukan lah cara yang efektif. Karena beberapa CMS akan langsung mengkategorikan link tersebut sebagai link no-follow

Signature Forum. Dalam beberapa forum terdapat sebuah fitur yaitu signature, yang akan terpasang setiap Anda melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website Anda.

2. Reciprocal Backlink

Contoh reciprocal link atau backlink 2 arah yang dapat Anda dapatkan adalah:

Direktori Submit. Direktori submit merupakan sebuah website, yang akan mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori-kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit ke dalam kategori tersebut. Namun, kebanyakan direktori website mewajibkan Anda untuk memasang banner, link, dan sebagainya pada website Anda.

Tukar Link. Nah ini biasanya dilakukan para blogger di berbagai macam komunitas blogger. Kebanyakan komunitas memang menawarkan tukar link, dengan tujuan utama yaitu untuk mendapatkan backlink.

Apa itu Do-Follow dan No-Follow

Sebelumnya kita sudah menyinggung mengenai link no-follow. Selain link no-follow, ada juga link do-follow. Namun apa itu do-follow dan no-follow?

Pada dasarnya, setiap hyperlink secara standar memiliki atribut do-follow, namun beberapa situs merasa bahwa atribut ini tidak semudah itu untuk didapatkan. Sehingga beberapa situs membuat hyperlink tersebut menjadi no-follow.

Do-follow adalah sebuah hyperlink yang bisa memberikan dorongan otoritas untuk situs Anda. Sedangkan no-follow mencegah situs Anda untuk mendapatkan otoritas dari website tersebut.

Manfaatkan backlink dengan baik untuk meningkatkan ranking dari website Anda. Backlink dapat menjadi strategi Andalan bila dilakukan dengan benar.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Dan apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share ya.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *