Bagaimana Meningkatkan Penjualan di Dunia Online?
Juni 4, 2018
Apakah Website Anda Membutuhkan SSL (Secure Socket Layer)?
Juni 18, 2018
Show all

Bagaimana Membuat Laporan SEO Berdasarkan Performance?

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Dalam video kali ini kita akan membahas bagaimana kita bisa menilai SEO Performance dan bagaimana yang perlu kita track. Pada saat kita membicarakan tentang SEO, SEO adalah salah satu strategi yang sangat powerfull di dunia online. Tapi kita mau tau bagaimana caranya untuk SEO ini bisa lebih perform lagi lebih out perform dari yang lainnya.

Biasanya untuk mentrack bagaimana kegiatan SEO-nya kita biasanya melihat dari ranking. Ranking maksudnya adalah dimana posisi kita saat ini untuk keyword-keyword tertentu. Atau ranking adalah cara paling tua yang bisa digunakan oleh seorang SEO Search Engine Optimizer untuk memberikan reporting pada websitenya. Kalau di ToffeeDev kita menggunakannya untuk ke client kita kasih tau klien ini rankingnya sudah posisi satu, posisi dua, posisi tiga itu adalah the oldest method. Sayangnya, metode seperti ini sudah tidak begitu relevan lagi di dunia search engine dan bahkan cara ini sudah mulai ditinggalkan.

Jadi, ada beberapa perusahaan yang meminta untuk menaiki ranking kita juga tidak menolak untuk mentrack melalui ranking, tapi ini adalah cara yang paling tua dan cara yang paling tidak efektif untuk menentukan kinerja dari SEO. Mengapa? Karena search enginenya sendiri dari search engine paling populer di Indonesia yaitu Google. Google sendiri sudah berubah sedemikian pesatnya sehingga ranking bisa antara satu user dengan user lain hasilnya bisa berbeda.

Jadi untuk position ranking kita saya sangat tidak menyarankan untuk menggunakan ranking, jadi yang berikutnya adalah menggunakan traffic. Ya, traffic jadi lebih menarik karena dari search enginenya sendiri pada saat satu buah website kita menggunakan teknik SEO yang tepat maka jumlah trafficnya dalam website akan lebih meningkat akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya user-user yang masuk ke dalam website kita melalui search engine. Nah, traffic ini adalah cara yang sangat saya sarankan untuk kita track mengenai KPI dari search engine optimization karena kita dari traffic tidak limit campaignnya. Berdasarkan dari jumlah keyword yang akan kita optimisasi, kita lihat berapa banyak usernya yang masuk ke dalam website kita dan akhirnya convert. Ok, jadi ini adalah cara kedua yang biasa digunakan juga yaitu menggunakan traffic.

Ketiga yang ini yang akan saya share lebih dalam dengan video ini yaitu kita menggunakan value money, maksudnya adalah seberapa besar campaign kita dinilai berdasarkan uangnya di dalam SEO. Menarik. Jadi bagaimana kita menghitung traffic costnya kita itu berapa sih di dalam websitenya kita? Untuk melakukan hal ini saya akan menggunakan satu tools yang namanya adalah SEMRush, mungkin buat temen-temen yang sudah pernah mendengar namanya ini adalah tools baru yang bisa kita gunakan. Dan untuk yang belum pernah mendengar SEMRush, welcome to the jungle! Ini adalah tools yang sangat fenomenal buat saya baru-baru ini, mereka mengupgrade beberapa fiturnya menjadi lebih bagus lagi. Jadi ini adalah salah satu situs yang saya sarankan untuk digunakan di setiap SEO Optimizer. Jadi tools ini digunakan oleh para SEM dan SEO untuk mengerjakan campaignnya mereka secara online. Setelah anda login jadi pada saat disini anda bisa memasukkan domain apapun, keyword apapun, URL apapun di dalamnya.

Kalau anda sudah masuk maka anda akan masuk ke dalam bentuknya seperti ini saya akan masuk disini dan anda bisa masukkan domain apapun di dalam untuk anda lihat seberapa besar kinerja dari domain tersebut. Jadi kalau disini saya contohkan amazon.com, amazon.com disini ada macam-macam. Kita akan dapati US, UK, Denmark, France dan saya gunakan Indonesia, jadi semua data ini di-customize untuk Indonesia dan pada saat anda melihat dari dashboard ini. Jadi ini adalah domain overview untuk amazon.com, disini ada organic search, ada paid search. Perlu saya informasikan bahwa data ini saya nggak yakin data ini 100% benar tapi data ini lumayan untuk kita gunakan sebagai acuan bagaimana melihat kinerja dari websitenya kita atau website kompetitor kita. Kalau disini saya contohkan untuk amazon.com disini ada organic search, ada paid search maka dari paid searchnya sendiri mereka menghabiskan sekitar 2900 US Dollar dan mendapatkan sekitar 5300. Ini adalah contentnya, konteknya dalam per bulan dalam satu bulan sedangkan di organic search mereka mendapatkan sekitar 3 Juta traffic dengan equivalent disini ada traffic cost itu 284 ribu US Dollar. Maksudnya disini traffic cost bukan berarti amazon.com mengeluarkan uang untuk organic search sebesar sekitar 300ribu US Dollar per bulan. Bukan karena SEO is free jadi Google tetap tidak memungut biaya untuk organic search listing.

Untuk kita berada dalam pertama secara organic tapi disini maksudnya 284 ribu ini apa?

Maksudnya adalah untuk mendapatkan 2.9 Juta OK untuk mendapatkan 2.9 Juta itu mereka akan butuh biaya sekitar 284 ribu US Dollar setiap bulannya. Jadi disini kita bisa lihat kinerja kalau kita dalam satu perusahaan, berarti setiap bulan kalau kita mau dapatkan 2.9 Juta organic search kita harus keluarin 284 ribu. Tapi karena kita menggunakan organic, maka biaya costnya tidak lagi jadi 284 ribu mungkin, saya tidak tahu seluruh setting SEO dari amazon.com mungkin mereka pake 50 orang seo atau 100 orang seo costnya mereka adalah each ammount melihat kinerja dari tim mereka secara keseluruhan. Apakah melebihi dari traffic cost yang dikeluarin disini atau lebih kecil contoh lain misalnya karena ini amazon.com adalah di Amerika sana, kita bisa coba yang Indonesia misalnya Tokopedia.

Untuk Tokopedia seperti apa, jadi Tokopedia dari seluruh trafficnya yang kita lihat hanya dua jenis traffic disini yaitu Organic dan Paid. Kita tidak tahu dari tools ini nggak menjelaskan traffic-traffic yang lainnya jadi hanya untuk organic dan paid jadi kalau misalnya disini organic berdasarkan dari data Tokopedia mendapatkan sekitar 6 Juta setengah traffic setiap bulannya masuk ke website mereka melalui organic traffic. Untuk mendatangkan organic traffic mereka butuh biaya sekitar 593 ribu US Dollar, sedangkan untuk paid searchnya ada sekitar 2 juta traffic yang masuk ke Tokopedia dan ini akan membutuhkan biaya sekitar 186 ribu US Dollar untuk mendapatkan dua juta traffic.

Jadi ini adalah biaya kita seperti mau pasang di Google Adwords ini adalah 6,5 juta traffic, cost-nya 593 ribu bukan berarti kita bayar ke Google sebesar 593 ribu tapi kalau misalnya Google minta bayaran misalnya seperti itu Google akan charge sebesar 593 ribu USD. Nah, kita sebagai bussiness owner atau sebagai marketer kita bisa liat kinerja SEO-nya kita itu seperti apa? Apakah kinerja SEO kita atau cost kita per bulan kalau kita hire agency, hire team orang-orang di sekitar kita apakah mereka mendatangkan traffic cost ini lebih kecil atau lebih besar dari valuenya?

Misalnya saya punya team di Tokopedia yang dekat dan bisa sharing berapa banyak berapa banyak team mereka untuk mengerjakan organic search? Tapi kalau misalnya disini mungkin dari temen-temen ada yang tahu lihat kalau sekitar 600 ribu berarti kita rupiahkan sekitar 6 miliar setiap bulan, mereka perlu biaya 6 miliar untuk mendapatkan 6.5 Juta. Karena ini menggunakan organic search, maka mereka relatif lebih hemat 6 miliar tapi tetap ada orang SEO-nya. Mungkin orang SEO-nya lets say mereka punya 40 orang di Tokopedia yang masing-masing at least salary mungkin kita bilang disini adalah supaya lebih gampang 10 juta per orang. Nah jadi dari 40 x 10 Juta 400 Juta mereka keluarkan 400 Juta per bulan untuk orang SEO tapi return-return, mereka mendapatkan traffic costnya mereka mendapatkan valuenya sekitar 600 ribu jadi sekitar 6 miliar. Jadi dengan mereka mengeluarkan 400 juta mereka hemat sekitar 400 Juta misalnya seperti itu. Daripada mereka bisa spend di 5.5 miliar spend lagi di paid search untuk keluarin uang lebih banyak lagi untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak, tapi mereka menggunakan strategy dari organic search yang merupakan strategy dari SEO.

Kalau temen-temen disini ada yang punya website yang mau dicek disini saya juga bisa kasih lihat dan yang bagus lagi dari penggunaan SEO ini SEMRush adalah kita bisa dapatin banyak data di bawahnya apa aja yang kita bisa lihat kompetitornya ada siapa aja. Page keywords page kompetitor backlink dan segala macam ada di dalam sini jadi ini adalah tools yang sangat bermanfaat yang bisa kita gunakan. Jadi untuk teman-teman yang penasaran mau daftar, anda dapat menggunakannya secara gratis dan Anda dilimit dua kali selama satu hari untuk menggunakan tools ini. Jadi kalau Anda ingin menggunakannya, anda bisa menggunakan yang berbayar juga of course anda bisa daftar melalui link, ini adalah link affiliate saya https://ToffeeDev.com/semrush sign up menggunakan link ini untuk Anda bisa mencoba toolsnya yang ada di dalam dan anda juga bisa menggunakan website audit kita punya satu yang namanya website audit di ToffeeDev https://ToffeeDev.com/audit. Jadi disini Anda bisa audit website anda secara gratis untuk melihat bagaimana web kinerja dari website anda untuk saat ini.

Sekian Toffee Sharing Monday hari ini, sampai jumpa!

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *