10 Langkah Tepat Menjadi Seorang SEO Specialist
Oktober 20, 2018
Apa yang Dimaksud dengan Search Engine?
Oktober 31, 2018
Show all

Beberapa Rekomendasi Plugins WordPress – Toffeedev Sharing Monday

Selamat datang di Toffee Sharing Monday dengan saya Andre. Saya adalah web developer di Toffeedev. Untuk pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai dengan pluginyang harus diinstall di WordPress begitu websitenya sudah jadi. Jadi kita harus ada beberapa plugin yang harus perlu install.

  1. Pertama adalah plugin untuk backup website. Plugin ini berfungsi untuk mem-backup, jadi misalkan si website tersebut terjadi kesalahan atau terkena serangan hacker, kita jangan terlalu panik. Plugin ini berfungsi untuk backup, lalu restore database dan juga bisa menyimpan, store-nya itu menyimpan dari storage internal maupun dari luar server. Disini salah satu nama pluginnya, yaitu UpdraftPlus. Nah disini sangat direkomendasikan juga sama si WordPress. Jadi, untuk selanjutnya disarankan untuk menggunakan plugin tersebut.
  2. Untuk yang kedua yaitu plugin dari keamanan website. Ini sangat penting walaupun WordPress itu juga memang dibilang sangat aman. Cuma ketika sudah live di server kita, kita juga harus menggunakan hardening dari plugin tersebut. Untuk plugin ini sangat direkomendasikan sekali untuk menginstall, karena dari beberapa website yang sudah live, masih bisa ada celah-celah yang hacker tau.Jadi, disini pluginnya berperan untuk contohnya ada serangan yang namanya proteksi Brute Force lalu fiturnya disini juga bisa ada yang namanya monitor website. Juga untuk mengubah URL admin yang default. Lalu dari nama plugin tersebut disini ada 3, yang namanya iTheme security, Jetpack, dan juga Wordfence.
  3. Plugin ketiga yaitu untuk meningkatkan load kecepatan website. Ini sangat penting, karena memang untuk kecepatan website sendiri adalah salah satu pengaruh dalam pe-rankingan untuk website tersebut. Lalu ada beberapa plugin yang direkomendasikan oleh WordPress, yaitu disini ada W3 Total Cache dan WP Super Cache. Untuk fitur ini keduanya hampir sama pada umumnya. Disini ada fiturnya mengenai minifyingcss, html, maupun javascript. Juga ada yang namanya database catching maupun browser catching dan yang terakhir adalah CDN support.
  4. Keempat, yaitu plugin SEO. Nah disini plugin SEO ini sangat penting juga. Kurang lebih sama, sama SEO loadnya kecepatan website. Disini plugin SEO untuk membantu ranking dari kualitas website kita. Jadi biar dimudahkan oleh Google untuk pencarian dalam website kita. Disini ada beberapa plugin yang umumnya untuk WordPress, yaitu disini ada All in SEO pack, dan Yoast SEO. Nah disini mereka mempunyai fitur yang hampir sama pada umumnya. Disini ada page analysis, element, meta, dan link, dan juga set map xml.
  5. Kelima, yaitu plugin untuk menghapus komentar spam. Nah, begitu website sudah live, jadi ada beberapa konten atau artikel yang di kolom komentarnya pasti ada saja komentar yang tidak sesuai dengan artikel yang dibahas. Nah itu bisa berupa spam kalau bisa dibilang. Disini kita mempunyai, kalau di WordPress sendiri sudah menyediakan yang namanya Akismet. Nah disitu Akismet berperan untuk filter komentar spam dan juga menampilkan jumlah komentar yang disetujui. Jadi kita bisa filtering gitu, mana yang disetujui dan mana yang tidak. Lalu juga bisa langsung dihapus juga, langsung di anti-spam.
  6. Dan untuk yang terakhir, yaitu plugin untuk membuat form contact. Dalam membuat form contact ini, pada website juga penting perannya. Jadi si form contact ini memang umumnya untuk pengunjung menghubungi Anda. Jadi kita sebagai web developer juga harus menggunakan form contact tujuannya untuk itu. Jadi disini ada beberapa plugin yang direkomendasikan oleh WordPress juga. Pada umumnya itu ada Contact Form 7 dan juga Gravity Forms. Sama fiturnya kurang lebih, ada upload file dan reCaptcha dan lain sebagainya. Untuk yang Gravity Forms sih premiumya jadi kita mesti ada yang license untuk menginstall plugin tersebut. Untuk yang lainnya plugin yang saya sebutin sebelumnya semuanya free.

Oke, sekian  dari saya. Semoga bermanfaat buat kalian semua yang udah nonton. Kurang lebihnya mohon maaf jika ada salah kata. Untuk video selanjutnya, sampai ketemu lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *