10 Cara Meminta Testimoni ke Pelanggan

cara mendapatkan testimoni pelanggan

Bagaimana cara meminta testimoni ke pelanggan? Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan dalam meminta testimoni kepada masing-masing pelanggan. Urusan ini berhubungan langsung dengan bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan agar mereka senang hati mau melakukannya. Simak informasi selengkapnya bersama ToffeeDev di bawah ini agar Anda semakin memahami hal ini.

Cara Meminta Testimoni ke Pelanggan

cara mendapatkan testimoni

Total ada 10 cara untuk meminta testimoni ke pelanggan. Masing-masing cara menggunakan langkah yang berbeda-beda. Tentu saja Anda wajib memahami setiap cara agar dapat memilih cara paling tepat.

1. Minta Pada Waktu yang Tepat

Kapan waktu yang tepat? Paling tepat adalah pada saat pelanggan telah mendapatkan manfaat dari produk atau layanan Anda yang mereka gunakan. Jadi mereka lebih senang hati untuk memberikan testimoni tersebut. Selain itu, pada saat akhir kuartal juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Laporan testimoni tersebut dapat digunakan untuk reporting kepada manajemen saat akhir kuartal tiba.

2. Lebih Baik Manual atau Otomatis?

Anda dapat menggunakan opsi mengirimkan permintaan testimoni secara manual atau otomatis. Semuanya tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Jika memang jumlah konsumen termasuk banyak, maka dapat menggunakan fitur otomatis. Namun jika ingin memberikan rasa yang lebih dekat kepada konsumen, cara manual jauh lebih bijak.

3. Gunakan Hadiah

Banyak konsumen yang malas mengisi testimoni karena mereka merasa tidak akan mendapatkan benefit apa-apa. Kondisi ini dapat diubah dengan cara memberikan hadiah kepada mereka. Berikan gift card atau hadiah lainnya yang menurut Anda menarik konsumen sehingga mereka mau memberikan testimoni.

4. Berikan Beberapa Opsi

Ada beberapa opsi testimoni yang dapat diberikan kepada konsumen agar mereka dapat memilih sesuai keinginan. Contohnya, menulis 2-3 paragraf, membuat video di media sosial, atau langsung diwawancarai oleh tim Anda. Semua opsi yang ada dapat dicoba ditawarkan kepada konsumen agar mereka melihat ada sisi menarik dari memberikan testimoni ini.

5. Gunakan Pertanyaan Simple Namun Berkesan

Apa saja pertanyaan simple yang dimaksud di sini? Contohnya Anda bertanya, “Apa alasan yang membuat Anda menggunakan produk kami?”. Bisa juga pertanyaan seperti, “Pengalaman seperti apa yang didapatkan setelah menggunakan produk kami?”.  

Pertanyaan seperti ini dapat menghadirkan kesan bagus dari sisi jawaban konsumen sehingga testimoni yang mereka berikan lebih berkesan lagi.

6. Ada Laman Website Khusus Testimoni

Siapkan laman website khusus untuk menaruh testimoni dari setiap konsumen. Hal ini dapat membuat konsumen merasa lebih senang untuk memberikan testimoni karena terpampang di dalam website bisnis Anda. Menarik, bukan? 

7. Meminta Referral

Ya, meminta referral setelah mendapatkan testimoni positif dari konsumen sangat bisa dilakukan. Anda dapat meminta referral atau rujukan siapa yang kira-kira dapat menggunakan produk tersebut dari konsumen. Setali tiga uang, Anda bisa mendapatkan lebih banyak penjualan lagi.

meminta referral

8. Backlink

Backlink yang dimaksud di sini dapat digunakan oleh Anda dengan memasukkan akun media sosial atau website dari konsumen sendiri. Hal ini sangat bagus untuk semakin memperkuat bahwa testimoni tersebut memang asli dan dan dapat dipercaya.

9. Berikan Opsi Testimoni Lebih Pendek

Terkadang ada saja konsumen yang memberikan testimoni terlalu panjang. Sebaiknya Anda memberikan beberapa syarat untuk mengisi testimoni, seperti maksimal 240 karakter atau dapat menggunakan emoji untuk menggambarkan pengalaman mereka terhadap produk tersebut.

10. Buat Email yang Lebih Personal

Membuat permintaan testimoni melalui email dengan lebih personal dapat Anda pilih. Contohnya dengan memasukkan nama konsumen di dalamnya dan memberikan mention atas produk yang selama ini mereka gunakan. Hal ini dapat membuat konsumen semakin senang untuk mengirimkan testimoni karena merasa diperhatikan.

Jadi itulah penjelasan tentang cara meminta testimoni ke pelanggan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. ToffeeDev hadir saat ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi digital marketing terbaik dan tepercaya. Hubungi ToffeeDev untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat