3 Cara untuk Berkomunikasi yang Baik dan Bertanggung Jawab

Hi, guys! Welcome back to Toffee #SharingMonday. Seperti biasa, di hari Senin ToffeeDev akan memberikan sedikit insight mengenai website, design, dan juga digital marketing. Dan hari ini, saya akan memberikan sedikit insight mengenai how to communicate yang baik dan juga bertanggung jawab. Oke sebelumnya kenalin, nama saya Nurul selaku General Affair di ToffeeDev. Oke langsung aja kita mulai, 3 cara mudah untuk berkomunikasi secara baik dan juga bertanggung jawab.

1 . Learning

Oke, kita mulai untuk cara yang pertama. Cara yang pertama adalah learning. Be open. Learning from everyone, from everything. Jangan menutup segala kemungkinan di mana kamu bisa belajar dari orang lain. Misalkan kamu mempunyai satu tugas dan kamu kasih ke tim kamu, atau mungkin bawahan kamu gitu ya, kamu kasih tugas ke mereka. Jangan cuma kamu kasih tugas aja tapi kamu enggak belajar dari apa yang dia lakukan, apa yang dia kerjakan, dan cuma tau prosesnya aja. Jadi, alangkah baiknya ketika kamu memberikan tugas atau memberikan assignment kepada mereka, kamu juga belajar, belajar tentang, bagaimana mereka mengerjakan tugas tersebut, bagaimana cara mereka menyikapi tugas yang telah kamu berikan. Jadi don’t stop learning, kamu harus terus belajar dari orang lain.

2 . Honoring

Cara kedua untuk berkomunikasi yang baik dan juga bertanggung jawab adalah honoring. Honoring di sini adalah maksudnya kita  menghormati apa yang mereka katakan atau yang mereka ucapkan. Hormati di sini bukan berarti  kita harus menghormati dari yang muda ke yang tua, ya. Maksudnya menghormati di sini adalah dengerin atau pahami apa yang lawan bicara kamu katakan, refleksikan itu ke diri kamu, dan jangan lupa ucapkan ‘terima kasih’. Mungkin, ucapan ‘maaf’, ‘terima kasih’, dan ‘tolong’ itu terdengar sangat sederhana namun, ketika kamu melontarkan kata-kata itu ke orang yang memang, mau mendengarkan itu akan menjadi sangat berkesan.

Contohnya, misalkan kamu memberikan tugas ke tim kamu, terus tim kamu ini mengerjakan tugasnya dengan sangat baik dan juga sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Dengan kamu mengatakan ‘thank you for your hard work‘ atau ‘good job‘ itu aja udah bisa ningkatinkepercayaan dirinya. Dan itu bisa make their day brighter than before gitu. Jadi, alangkah lebih baiknya, ketika kamu mulai berkomunikasi dengan orang jangan lupa untuk menghormatinya dengan mengucapkan kata-kata, seperti ‘terima kasih’, ‘good job‘, dan juga lain-lainnya yang bisa kamu lontarkan.

3 . Improving

Untuk cara yang terakhir yaitu improvement. Improvement di sini maksudnya setelah kamu melakukan dua hal tadi yaitu learning dan juga honoring, kamu juga bisa meng-improve diri kamu dengan cara mengubah atau membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang dengan mengatakan ‘good job‘ dan juga ‘thank you‘ seperti yang tadi sudah saya katakan. Dan ini nggak cuma meng-improve kepribadian kamu atau kesenangan diri kamu aja, ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri  seseorang, bisa mengubah mindset mereka, bisa mengubah feeling mereka, dan itu pasti akan, jadi best feeling ever, ga cuma buat kamu tapi juga buat mereka.

Kesimpulan

Dan dari ketiga hal yang sudah tadi saya sebutkan, yaitu pertama learning, honoring, dan juga improving, dari sini kita sama-sama belajar, kita sama-sama belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan juga bertanggung jawab, seperti itu. Dan kesimpulan dari Toffee #SharingMonday kali ini adalah yang pertama, kamu harus meniatkan diri kamu untuk belajar dari orang lain. Dan yang kedua kamu juga harus belajar memberikan pujian atau menghormati kerja keras orang lain, itu penting banget. Dan yang terakhir niatkan diri kamu untuk meng-improve ga cuma diri kamu, tapi juga diri orang lain.

Oke, sekian Toffee #SharingMonday hari ini, bersama saya Nurul selaku General Affair dari ToffeeDev. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya. Jangan lupa like, comment, dan subscribe page YouTube-nya ToffeeDev. Bye, Guys!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat