5 Tips Menulis CTA Efektif untuk Artikel Anda

Dalam menulis sebuah artikel, Anda harus memahami tips menulis CTA efektif untuk memancing pengunjung website agar melakukan transaksi pembelian atau menghubungi nomor kontak perusahaan. Melalui artikel ini, ToffeeDev telah menyiapkan 5 tips yang dapat Anda gunakan dalam membuat kalimat CTA efektif untuk artikel. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai tips menulis CTA secara efektif, apakah Anda tahu apa itu CTA?

CTA merupakan kepanjangan dari Call-to-Action. CTA ini digunakan sebagai istilah dalam dunia marketing dalam menarik pengunjung website untuk melakukan sebuah tindakan atau action hanya dengan membaca sebuah kalimat saja. Secara umumnya, CTA bisa ditempatkan di mana saja mulai dari tagline pada gambar, iklan, hingga artikel. Untuk artikel sendiri, penempatan CTA pada umumnya diletakkan pada akhir atau penghujung artikel.

Tips Menulis CTA Efektif

Berikut ini, ada 5 tips menulis CTA efektif yang dapat digunakan dalam pembuatan artikel website bisnis Anda, yaitu:

1. Gunakan Kalimat Ajakan/Perintah yang Kuat

Kalimat CTA pada umumnya bersifat seperti ajakan atau perintah agar pembaca melakukan sebuah tindakan. Anda harus dapat membuat kalimat ajakan yang dapat memancing emosi atau antusiasme pengunjung website seperti pada contoh kalimat berikut ini:

  • Dapatkan free trial selama 1 bulan gratis sekarang juga!
  • Kunjungi blog kami untuk melihat resep makanan lainnya
  • Dapatkan diskon 70% hanya untuk 100 pembeli pertama!

2. Jelaskan Manfaat yang Didapat

Pembaca atau pengunjung website tidak akan tertarik dengan kalimat CTA yang tidak jelas apa manfaatnya untuk mereka. Oleh karena itu, Anda perlu membuat CTA yang berisi tentang manfaat apa yang bisa mereka dapatkan apabila melakukan tindakan sesuai yang tertulis dalam kalimat CTA pada artikel tersebut. 

Baca Juga: 5 Contoh Copywriting untuk Bisnis

3. Pakai Strategi FOMO

Pernahkah Anda mendengar istilah FOMO? FOMO atau Fear of Missing Out merupakan istilah psikologis yang digunakan dalam dunia marketing. Strategi ini digunakan untuk membuat pembaca merasa tidak ingin ketinggalan akan sesuatu seperti ketinggalan promo menarik, melewatkan produk terbaru, dan sebagainya. Dengan demikian, jika Anda menerapkan strategi FOMO, kalimat CTA akan menjadi lebih efektif untuk menarik pembaca agar melakukan tindakan transaksional atau lainnya sesuai dengan tujuan yang diharapkan.Jasa SEO

4. Tambahkan Link dalam CTA

Apabila Anda menginginkan pembaca untuk mengunjungi link lainnya dalam website seperti link menuju produk, blog, hingga customer service, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan link pada CTA. Anda bisa menggunakan hyperlink yang disematkan pada kata-kata tertentu. Sebagai contoh adalah kalimat berikut ini: hubungi Jasa SEO ToffeeDev sekarang juga untuk konsultasi bisnis di dunia digital marketing. Dengan demikian, pengunjung dapat secara otomatis ‘terpanggil’ untuk mengunjungi link yang Anda arahkan.

5. Buat CTA yang Singkat, Padat, dan Jelas

Kalimat CTA pada umumnya memiliki karakter singkat, padat, dan jelas. Hal ini dikarenakan CTA digunakan sebagai kalimat penutup artikel. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuat kalimat CTA dengan memasukkan poin-poin di atas ke dalam sebuah kalimat dan memastikan bahwa kalimat tersebut dapat diterima dengan baik oleh pengunjung website.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Kelima tips menulis CTA efektif untuk artikel di atas sangat mudah sekali untuk dilakukan, bukan? Menulis artikel beserta CTA tidaklah sulit. Akan tetapi, jika artikel yang dibuat memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic website serta penjualan, maka Anda butuh lebih dari sekadar artikel biasa. Anda perlu untuk melakukan strategi SEO agar artikel yang telah dibuat tidak menjadi sia-sia dan dapat digunakan dengan efektif yaitu untuk meningkatkan bisnis.

Untuk itu, hubungi ToffeeDev sekarang juga yang merupakan Digital Marketing Agency berpengalaman di bidang SEO dan kami siap untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda di dunia digital.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat