7 Realita Tersembunyi dari SEO Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Jika Anda masih terjebak dalam praktik SEO yang lama, inilah saat yang tepat untuk mendapatkan informasi terbaru dan menerapkannya dalam bisnis Anda sesegera mungkin. Persaingan bisnis melaju dengan sangat cepat, jadi pastikan Anda mengikuti semua perkembangan terkini dalam bisnis dan pemasaran secara digital agar tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan.

Salah satunya adalah optimalisasi SEO pada website Anda untuk menaikkan traffic dan ranking sehingga website akan muncul pada halaman pertama mesin pencari Google. Meski begitu, perubahan adalah sesuatu yang tidak bisa Anda hindari sehingga mau tidak mau Anda perlu beradaptasi.

Tidak hanya Google yang melakukan perubahan besar pada algoritma mereka secara teratur, tetapi berbagai aspek lain dari metode pemasaran secara online juga mengalami perubahan, termasuk SEO. Sudah pasti, Anda perlu memperhitungkan setiap perubahan ini dalam strategi baru yang sedang Anda rencanakan.

Realitas Tersembunyi dari SEO Bisnis

Optimalisasi SEO menjadi salah satu teknik pemasaran yang banyak diterapkan dalam bisnis daring. Meski begitu, Anda perlu tahu apa saja fakta tersembunyi yang dimiliki SEO terhadap bisnis Anda. Berikut di antaranya:

1. Pemasaran Offline dan Online Kini Saling Berkaitan

Kecanggihan yang ditawarkan ternyata menyamarkan batas pada berbagai hal yang dulunya terasa sangat berbeda. Batasan antara berbagai aspek pemasaran digital, seperti SEO, konten marketing dan media sosial marketing kini telah menghilang. Bahkan, strategi pemasaran secara offline dan online menjadi dua hal yang saling berkaitan.

Apa yang orang katakan tentang Anda secara offline juga dapat memengaruhi visibilitas Anda secara online. Pun, apa yang orang pelajari tentang Anda secara online memengaruhi penjualan offline. Anda perlu menyatukan keduanya untuk menciptakan brand yang konsisten bagi pelanggan, jadi pastikan Anda memiliki strategi pemasaran yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

2. SEO Harus Dijalankan Secara Konsisten dalam Bisnis

Hal lain yang perlu Anda pahami adalah SEO bukanlah sesuatu yang bisa Anda tetapkan lantas dilupakan begitu saja. Meski ada banyak cara pengoptimalan yang bisa Anda lakukan, SEO adalah sebuah metode yang berkelanjutan dan perlu dijalankan secara konsisten. 

Saat Anda tidak melakukan optimalisasi dengan konsisten, jangan harap untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Bahkan, optimalisasi SEO membutuhkan waktu dan tenaga yang mungkin lebih banyak dibandingkan dengan cara pemasaran berbayar, jadi Anda pun perlu bersabar dalam menjalani prosesnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Digital Marketing

3. Perubahan Sekecil Apapun Bisa Memberikan Dampak yang Signifikan

Tidak banyak pemilik usaha yang menyadari bahwa terkadang bisnis mereka bisa saja tidak ditemukan dalam mesin pencari Google hanya karena perubahan kecil yang dilakukan pada website mereka. Ini termasuk perubahan pada bilah navigasi, perubahan pada header halaman atau tag judul, blok teks baru yang ditambahkan ke halaman beranda, dan masih banyak lagi.

Melakukan perubahan sekecil apapun pada website Anda akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap peringkat pencarian website di Google, traffic website, bahkan hingga penjualan. Jadi, sebaiknya pertimbangkan dengan baik dan pastikan Anda memiliki strategi yang tepat sebelum melakukan perubahan tersebut.

 Jasa SEO

4. SEO Bukanlah Tindakan, Melainkan Strategi

Banyak orang yang masih berpikir bahwa SEO adalah sebuah tindakan singkat. Nyatanya, optimalisasi SEO membutuhkan fokus yang konstan dan pekerjaan yang berkelanjutan. Semua yang Anda lakukan akan saling terhubung. Satu perubahan yang Anda buat akan menciptakan dampak pada aspek lain.

Perlu dipahami bahwa SEO bukan hanya implementasi satu kali dari perubahan website, melainkan sebuah strategi yang melibatkan banyak aspek. Google mempertimbangkan hal-hal seperti sinyal sosial, otoritas backlink, dan kepercayaan user saat menentukan peringkat sebuah website. Sudah pasti, Anda tidak bisa memanipulasinya dengan cara yang asal.

5. Mobile SEO Juga Penting

Membuat website Anda bisa ditampilkan dengan baik di tablet atau smartphone juga termasuk hal yang penting. Namun, mobile SEO melibatkan lebih banyak hal, termasuk pengoptimalan untuk:

  • Mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada pencarian lokal berdasarkan penargetan geografis.
  • Navigasi pengguna yang mudah di perangkat seluler.
  • Akses tepat waktu untuk mendapatkan informasi yang relevan.
  • Menyesuaikan user experience berdasarkan lokasi mereka.
  • Memiliki kemampuan share yang cepat dan mudah. 

Memanfaatkan desain yang responsif untuk website Anda menjadi permulaan yang baik untuk menerapkan mobile SEO. Meski begitu, jangan sampai lupa untuk mengoptimalkan aspek di atas agar website Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Long Tail Keyword

6. Jangan Asal Mengganti CMS

Memindahkan website Anda ke CMS baru yang bisa dikatakan lebih baik seharusnya menjadi langkah yang tepat, bukan? Sayangnya, belum tentu demikian. Tanpa dibekali dengan strategi perpindahan yang tepat untuk memastikan bahwa optimalisasi SEO tetap terjaga, berpindah ke CMS baru sebenarnya justru dapat menghambat traffic dan penjualan Anda.

Meski beralih ke CMS yang lebih baru disinyalir memberikan lebih banyak manfaat yang berkaitan dengan produktivitas dan fungsionalitas, tetap saja ada banyak hal yang bisa terlihat salah dalam sudut pandang SEO, seperti:

  • Tatanan situs bisa saja mengalami kerusakan.
  • Perubahan pada struktur URL dan hierarki halaman.
  • Terganggunya proses optimalisasi pada halaman website tertentu.
  • Kemungkinan terjadi duplikasi konten pada website.

Jangan pernah tergiur dengan iklan penawaran CMS baru yang memberikan klaim seperti “ramah mesin pencari” atau “ramah SEO” tanpa harus melakukan banyak hal. Banyak kasus ditemui, klaim tersebut hanya berarti bahwa CMS Anda memiliki kemampuan bawaan yang memungkinkan Anda menerapkan elemen SEO penting dengan lebih mudah. Ini termasuk kemampuan untuk menyesuaikan tag judul, menambahkan elemen meta deskripsi, menentukan URL halaman, atau membuat peta situs XML.

Dengan kata lain, CMS yang ramah mesin pencari tetap membutuhkan bantuan SEO berpengalaman sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan tepat. Pastikan memilih orang yang tepat, Anda bisa menggunakan jasa Pakar SEO atau Master SEO untuk membantu optimalisasi SEO CMS baru Anda sehingga traffic dan ranking website tidak mengalami perubahan dan tidak perlu lagi melakukan semuanya dari awal.

7. Google Tidak Berhutang Apapun

Memiliki peringkat di Google bukan menjadi hak maupun kewajiban Anda karena hal tersebut bisa dikatakan sebagai hak istimewa. Jadi, jangan pernah mengharapkan perlakuan khusus karena Google tidak berhutang apapun pada Anda terlepas dari seberapa penting atau sukses bisnis Anda.

Jangan pula hanya terfokus pada traffic website yang baru dan percaya bahwa peringkat pencarian akan tetap sama. Pasalnya, peringkat bisa berubah dengan sangat cepat sehingga Anda pun perlu tetap menerapkan strategi yang tepat agar bisa bertahan dan tidak tergeser. 

Anda perlu tahu bahwa mesin pencari adalah poin penting dalam siklus transaksi. Kehilangan peringkat mesin pencari tentu akan berdampak pada penurunan pendapatan.

Segala sesuatu tentang pemasaran dan bisnis online akan terus mengalami perkembangan dan pembaharuan. Teknologi baru bermunculan dan itu akan memengaruhi cara orang meneliti dan membeli suatu produk. Pemikiran tradisional telah tersisih dan sepenuhnya digantikan oleh pemikiran berbasis teknologi. Tidak menyadari atau bahkan mengabaikan hal ini akan menempatkan bisnis Anda dalam risiko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post