Bagaimana Cara Menulis Ads Copy dengan CTR Tinggi dan Menarik?

Ad Copy

Membuat iklan yang menarik memiliki peran penting dalam kampanye Google AdWords Anda. Iklan yang menarik dan efektif akan mendorong pencari untuk klik iklan Anda dan merubah mereka menjadi pelanggan. Iklan yang baik akan meningkatkan click-through-rate (CTR), quality score, ad rank, dan menarik lebih banyak pelanggan ke dalam bisnis Anda.

Teks iklan adalah jawaban dari pencarian yang dilakukan seseorang. Ini adalah jembatan antara apa yang di cari dan landing page Anda. Tujuan Anda adalah membuat iklan yang membawa pencari ke arah yang paling relevan, memuaskan kebutuhan pencari, dan memenuhi tujuan bisnis Anda. Lantas bagaimana cara menulis ads copy dengan CTR tinggi?

Pentingnya Mengetahui Cara Menulis Ads Copy dengan CTR Tinggi

Pentingnya Mengetahui Cara Menulis Ads Copy dengan CTR Tinggi

Penting untuk Anda melakukan optimasi iklan teks dengan jumlah karakter yang terbatas. Berikut beberapa tip untuk membuat iklan yang menarik dan efektif:

  • Iklan Anda harus informatif dan relevan dengan apa yang dicari. Juga harus memberikan jawaban terbaik kepada para pencari.
  • Iklan Anda harus mudah dimengerti dan spesifik. Anda harus menulis iklan yang berbeda untuk ad groups yang berbeda dengan kata kunci yang berbeda juga.
  • Pastikan Anda memiliki unique value proposition yang spesifik saat anda menulis iklan Anda. Ini harus mencerminkan keuntungan dari produk atau jasa Anda dan membedakan anda dari para kompetitor.
  • Tunjukkan semua fitur dan keuntungan dari produk atau jasa anda ke dalam iklan Anda. Ini akan membantu pencari untuk membedakan anda saat mereka melakukan perbandingan dengan produk atau jasa lainnya..
  • Lihat dari sudut pandang pelanggan dan masukkan juga keuntungan dari produk anda saat menulis iklan.
  • Untuk CTR yang lebih baik, masukkan keywords kedalam headline dan deskripsi iklan Anda. Ini membuat iklan anda lebih kreatif dan relevan, dan meningkatkan performa iklan Anda juga.
  • Gunakan call to action (CTA) dalam iklan anda untuk meningkatkan tingkat ke-efektifannya. Ini adalah metode langsung yang menginformasikan kepada pelanggan Anda apa yang mereka inginkan dan apa yang anda ingin mereka lakukan saat masuk kedalam landing page Anda.
  • Gunakan tema kreatif dan pemikiran yang berbeda dalam iklan Anda. Masukkan juga headline yang menarik perhatian pelanggan dan tunjukkan keuntungan spesifik, Fitur dan harga dari produk anda di kedua baris deskripsi.
  • Tampilkan URL Anda secara spesifik di dalam iklan. Ini akan menjelaskan kepada pelanggan anda kemana mereka akan masuk setelah klik iklan Anda.
  • Iklan anda adalah impresi pertama dari website anda kepada calon pelanggan, jadi pastikan format iklannya. Iklan Anda harus memiliki penulisan yang benar, spasi, kapitalisasi huruf dan ketetapan yang benar. Jangan gunakan “jargon” dalam iklan anda.
  • Tes beberapa iklan berbeda dan pilih iklan yang memberikan hasil CTR tinggi dan tingkat konversi yang lebih bagus.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa membuat iklan yang efektif. Ini juga akan membantu anda mendapatkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan keuntungan untuk bisnis anda. Iklan yang menarik akan memastikan kampanye anda di Google AdWords berhasil dan memberikan leads serta membantu mencapai tujuan bisnis anda.

Banner Ads - General 2

Komponen Copy Ads

Dalam dunia Google Ads, elemen copy ads memegang peran penting untuk menarik perhatian calon pelanggan. Google umumnya memperlihatkan hingga tiga judul dan dua baris deskripsi, dengan batasan judul sekitar 30 karakter dan deskripsi sekitar 90 karakter. 

Lantas, apa saja komponen copy Google Ads yang tepat agar pesan iklan dapat tersampaikan dengan baik? Berikut ini adalah komponen copy Google Ads yang perlu Anda lengkapi untuk menghasilkan iklan yang optimal.

1. Headline

Headline adalah elemen pertama dan paling mencolok yang dilihat oleh audiens saat melihat iklan. Google biasanya menampilkan hingga tiga headline (headline 1 dan headline 2) sehingga headline yang kuat ini dapat menarik perhatian pembaca. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan batasan karakter yang disarankan, yakni sekitar 30 karakter. Headline sebaiknya dibuat tajam, relevan, dan mampu menggugah minat pembaca untuk mengklik iklan sehingga meningkatkan CTR.

Baca Juga: Apakah Twitter Ads Berbayar? Memahami Konsep dan Manfaatnya untuk Mencapai Target Audiens

2. Description

Setelah headline, bagian description memberikan ruang untuk memberikan informasi lebih rinci tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Memiliki batasan sekitar 90 karakter, description sebaiknya menyoroti keunggulan dan manfaat produk secara singkat dan meyakinkan. Hal ini merupakan tempat untuk membangun ketertarikan dan meyakinkan pembaca bahwa produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan audiens.

Banner Ads - Ebook 2

3. Call to Action (CTA)

Call to action (CTA) tetap menjadi elemen kunci dalam copy, baik itu untuk Google Ads maupun platform iklan lainnya. Menciptakan kata-kata yang memicu tindakan, seperti “Beli Sekarang,” “Coba Gratis,” atau “Dapatkan Penawaran,” dapat memberikan rasa urgensi yang meningkatkan kemungkinan interaksi audiens. Meletakkan CTA di akhir description memudahkan audiens untuk menemukannya dan merespons tindakan yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Top Ads? Ini Keuntungan dan Tip untuk Kampanye yang Efektif

4. Display URL

Meskipun terlihat sepele, display URL memiliki dampak besar terhadap kesan iklan secara keseluruhan. Google Ads sering menampilkan display URL dan kesan keseluruhan iklan ini dapat dipengaruhi oleh tampilan URL yang rapi dan sesuai. Display URL sebaiknya dibuat singkat, mudah diingat, dan mencakup kata kunci utama. Hal ini berfungsi untuk memberikan kepercayaan kepada calon pelanggan sehingga tujuan klik iklan sesuai dengan yang diharapkan.

Menyesuaikan Copy Google Ads dan Buyer Funnel

Menyesuaikan Copy Google Ads dan Buyer Funnel

Menyelaraskan antara copy Google Ads dan buyer funnel menjadi strategi kunci untuk mencapai kesuksesan dalam menggerakkan prospek dari tahap awareness, konversi, hingga loyalty. Buyer funnel sendiri merujuk pada sebuah model dari proses pelanggan yang mewakili tahapan pembelian setelah mereka mengetahui bisnis, layanan, atau produk Anda.

Berikut ini adalah model AIDA (Awareness Interest, Decision, Action) yang juga mencakup buyer funnel. 

1. Awareness 

Pada tahap awareness, prospek (audiens yang menunjukkan minat pada produk) baru menyadari masalah atau kebutuhan mereka. Copy ads pada tahap ini seharusnya fokus untuk menarik perhatian dengan menyajikan solusi yang relevan. Headline yang kuat dan jelas mendefinisikan masalah atau kebutuhan dari prospek dapat membangun brand awareness.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan Carousel di Facebook Ads untuk Meningkatkan Engagement dan Konversi Bisnis Anda

2. Interest

Ketika prospek telah menyadari masalah atau kebutuhan, mereka mulai mempertimbangkan solusi. Copy ads harus disusun untuk menangkap minat dengan menyoroti keunggulan produk atau layanan Anda. Description perlu dibuat informatif, menarik, dan mencakup manfaat penting untuk menarik perhatian dan menjaga minat prospek.

Baca Juga: Cara Menulis Ads Copy yang Baik dan Efektif untuk Pemasaran yang Sukses

3. Decision

Tahap decision melibatkan prospek dalam membuat keputusan akhir. Copy ads seharusnya memberikan informasi mendalam tentang produk yang menyoroti keunikan dan kelebihan yang membedakan dari kompetitor. Testimoni pelanggan atau tawaran khusus dapat membantu membujuk prospek untuk mengambil keputusan yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

Banner Ads - Lead Gen 2

4. Action

Tahap terakhir adalah action. Copy ads pada tahap ini harus memberikan dorongan kuat kepada prospek untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau menggunakan layanan. Call to Action (CTA) yang jelas dan memotivasi dapat memainkan peran kunci dalam mengarahkan prospek menuju konversi.

Mari menutup cara menulis ads copy dengan CTR tinggi dengan fokus pada target konsumen. Di era digital marketing yang makin kompetitif, meningkatkan CTR menjadi tujuan utama untuk memastikan iklan Anda menjangkau audiens yang tepat dan menghasilkan hasil yang optimal. 

Melalui layanan jasa Google Ads yang disediakan ToffeeDev, Anda tidak hanya mendapatkan akses ke platform iklan terkemuka, tetapi juga mendapatkan panduan dari ahli untuk merancang kampanye yang berbasis ROI. ToffeeDev membawa pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan setiap aspek kampanye Google Ads Anda. Dari riset kata kunci hingga penyesuaian copy ads yang tepat, kami berkomitmen untuk membantu Anda mencapai CTR yang tinggi dan hasil yang diinginkan. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi tim berpengalaman dari ToffeeDev di sini. Anda juga bisa jadwalkan konsultasi dengan ToffeeDev sekarang!

 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top