6 Cara Membuat Konten yang Menarik di Facebook

Cara Membuat Konten yang Menarik di Facebook

Membuat konten bukanlah suatu hal yang mudah. Anda membutuhkan beragam ide menarik dan segar serta kiat-kiat khusus dalam membuat konten. Apalagi jika konten tersebut ingin digunakan di media sosial seperti Facebook. Maka perlu brainstorming agar bisa mendapatkan cara membuat konten yang menarik di Facebook.

Facebook sendiri pada hari ini tetap menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan fakta ini, maka target pasar yang bisa didapatkan di sana juga menjadi jauh lebih luas. Inilah yang membuat Anda tidak boleh melupakan tentang bagaimana membuat konten yang menarik.

Jangan sampai besarnya target pasar yang terdapat di Facebook malah Anda sia-siakan dengan membuat konten yang buruk. Apalagi Anda bisa menaikkan penjualan dari membuat konten yang menarik di Facebook. Jadi bagaimana cara membuat konten yang layak? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Konten Untuk Facebook yang Menarik Perhatian?

1. Bermain Dengan Visual

Untuk cara membuat konten yang menarik di Facebook yang pertama adalah bermain di visual. Pada dasarnya, orang lebih suka melihat tampilan visual, dibandingkan tampilan berbentuk teks. Maka dari itu, Anda harus mengoptimalkan visual yang ada.

Anda bisa membuat postingan di Facebook dengan gambar yang menarik. Masukkan kalimat yang bisa membuat konsumen lebih tertarik dengan konten Anda. Inilah mengapa diperlukan peran desainer grafis dan copywriter yang handal agar bisa menciptakan satu bentuk visual yang layak.

Banner SEO - General 2

2. Buat Postingan yang Tepat

Selain itu, Anda juga harus membuat postingan yang tepat. Apa maksud dari poin ini? Postingan yang tepat adalah postingan yang memang dibuat untuk menggugah hati pembacanya. Anda bisa membuat postingan dengan bentuk pertanyaan, memberikan gambar, menggunakan link yang mengarah ke dalam website, atau memberikan giveaway.

Dengan memberikan postingan yang seperti itu, maka Anda sudah pasti mendapatkan interaksi yang jauh lebih banyak dibandingkan jenis postingan lainnya. Kolom komentar dan like sudah pasti menjadi lebih ramai. Inilah mengapa membuat postingan yang tepat menjadi penting.

3. Menggunakan Video

Anda juga bisa membuat postingan dengan menggunakan video. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, orang lebih suka melihat postingan dengan bentuk visual. Itu juga yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan video. Jangan lupa untuk mencari topik yang menarik untuk video tersebut. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memikirkan sisi estetikanya agar terlihat cantik dan cocok dengan citra bisnis Anda. Proses editing pun juga harus diperhatikan.

Dengan membuat video yang bagus, pasti lebih banyak orang yang lebih tertarik dengan bisnis Anda. Mereka juga akan melihat bisnis Anda sebagai bisnis yang produknya layak digunakan.

Banner SEO - Ebook 2

4. Perhatikan Panjang Konten

Dalam membuat konten, Anda juga harus memperhatikan panjang konten. Ketika Anda terlalu membuat konten dengan teks yang terlalu panjang, pasti banyak orang yang malas untuk membacanya. Maka dari itu, Anda harus membuat konten dengan lebih pendek tapi lebih menarik. Sebenarnya lebih mudah untuk membuat konten menarik dengan isi yang lebih pendek dibandingkan panjang.

Baca Juga: Inilah Ukuran Iklan Instagram & Facebook Sesuai Format

5. Jangan Terlalu Cepat Berjualan

Anda sebaiknya tidak terlalu cepat untuk menjual di dalam konten Facebook karena beberapa alasan. Pertama, audiens Anda mungkin belum mengenal merek Anda atau produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, mereka mungkin tidak tertarik dengan iklan Anda. Kedua, Anda dapat merusak reputasi Anda jika Anda terlalu fokus pada penjualan. Audiens Anda mungkin menganggap Anda hanya peduli dengan uang dan tidak peduli dengan kebutuhan mereka. Ketiga, Anda dapat kehilangan audiens Anda jika mereka merasa terganggu oleh iklan Anda.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, penting untuk membangun hubungan dengan audiens Anda sebelum Anda mulai menjual. Anda dapat melakukan hal ini dengan membuat konten yang berkualitas dan informatif, serta berinteraksi dengan audiens Anda. Setelah audiens Anda mengenal dan mempercayai Anda, mereka akan lebih cenderung untuk memperhatikan iklan Anda dan melakukan konversi.

6. Miliki CTA yang Jelas

Call to action (CTA) adalah ajakan bertindak yang mengarahkan audiens Anda untuk melakukan tindakan tertentu. CTA yang jelas dapat membantu Anda mencapai tujuan konten Anda, apakah itu meningkatkan brand awareness atau mendorong penjualan.

Jika Anda tidak memiliki CTA, audiens Anda mungkin tidak tahu apa yang Anda inginkan dari mereka. CTA yang jelas akan membantu Anda mengarahkan audiens Anda untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan, apakah itu mengunjungi situs web Anda, berlangganan buletin Anda, atau membeli produk Anda.

CTA yang jelas dapat membantu meningkatkan keterlibatan audiens Anda dengan konten Anda. Ketika audiens Anda tahu apa yang harus dilakukan, mereka lebih cenderung untuk mengambil tindakan.

Banner - SEO x CRO

Itulah cara membuat konten yang menarik di Facebook. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top